Resolusi Sehat 2018

Oleh dr. Sandi Perutama Gani at 29 Jan 2018, 17:48:00   posting: 7, dilihat: 1.026


Tahun baru yang jatuh setiap tanggal 1 Januari adalah momen yang pasti dirayakan oleh setiap orang di belahan dunia ini. Pada hari ini setiap orang pasti mempunyai resolusi maupun harapan yang lebih baik untuk di tahun berikutnya, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang – orang yang dikasihi. 


Dari berbagai banyak resolusi maupun harapan yang anda pikirkan, pernahkan terlintas untuk membuat resolusi hidup sehat ? Hidup lebih sehat akan membuat anda lebih maksimal dalam menajalani maupun menikmati hidup. Sangat tidak enak apabila waktu anda habis karena terbaring di tempat tidur karena sakit. 


Yuk dicoba beberapa tips kesehatan yang bisa dilakukan di tahun ini : 


1. Lakukan medical check up dan vaksinasi 


Terdengar simple, namun berapa banyak di antara anda yang mau meluangkan waktu untuk mengecek kesehatan anda ? Parameter – parameter seperti tekanan darah, kolesterol, gula darah, atau berat badan ideal bisa diperiksa pada saat anda melakukan medical check up. Anda juga bisa mengikuti vaksinasi agar tercegah dari penyakit yang tidak diinginkan selama aktivitas anda di tahun 2018 ini. So, tunggu apa lagi. Bikin appointment dengan dokter kamu segera ! 


2. Cuci tangan sebelum makan 


Nah ini adalah resolusi termudah yang bisa kita lakukan. Mudah namun bisa memberikan dampak yang luar biasa apabila dilakukan dengan konsisten. Sadar atau tidak, di sekeliling kita ada begitu banyak kuman penyakit, termasuk di smartphone yang kita pegang. Kuman penyakit ini tidak kasat mata dan baru akan terlihat apabila diperiksa dengan mikroskop. Apabila kuman ini masuk ke dalam pencernaan, tentu akan menimbulkan gangguan seperti misalnya diare. Tentu tidak enak apabila aktivitas anda terganggu karena diare. Biasakan mencuci tangan (dengan sabun) sebelum makan ya !  


3. Pilih atau masak makanan yang sehat


Di era “jaman now” ini, semua berjalan dengan serba cepat. Bahkan, makanan yang kita makan pun harus cepat tersedia apabila kita lapar. Padahal mengkonsumsi makanan cepat saji terus menerus tidak baik untuk kesehatan tubuh kita dan beresiko terkena kolesterol dan penyakit jantung koroner. Tidak ada salahnya apabila anda menyiapkan sendiri makanan yang akan anda konsumsi di rumah. Memasak makanan sehat tidak selalu sulit kok, bahkan apabila memasak bersama dengan keluarga bisa jadi momen yang sangat menyenangkan !  


4. Olahraga 


Olahraga atau aktivitas fisik bisa menjadi resolusi baik apabila anda menginginkan tubuh yang lebih segar dan prima. Olahraga akan membantu sistem sirkulasi darah di tubuh kita menjadi lebih baik. Banyak yang berpikir bahwa olahraga harus yang berat seperti sepakbola, bulutangkis, basket, dsb. Padahal ada olahraga yang paling mudah dan murah untuk dilakukan, yakni berlari atau jalan cepat. Anda bisa lari bersama dengan teman, kerabat, maupun keluarga anda. Mulailah berolahraga selama 20 menit setiap hari untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat. 


5. JANGAN merokok 


Tidak pernah ada literatur atau pendapat para ahli kesehatan yang mengatakan bahwa rokok baik untuk kesehatan. Bahkan apabila dicermati lebih lanjut, pada bungkus rokok yang dikonsumsi pun ada peringatan tentang bahaya rokok bagi kesehatan, mulai dari penyakit jantung dan paru – paru sampai pada kanker dan gangguan pada janin. Selain itu, perlu diingat juga, bahwa yang terkena dampak dari rokok ini bukan hanya si perokok lho, orang di sekitar yang menghirup asapnya pun juga terkena dampak buruknya. 


6. Tidur yang cukup pada malam hari 


Tidur adalah waktu di mana anggota tubuh kita beristirahat untuk memulihkan setiap kelelahan yang dialami dalam 1 hari penuh beraktivitas. Kurang tidur atau tidak berkualitasnya tidur seseorang, tentu akan mengganggu kesehatan seseorang juga. Untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat, orang dewasa paling sedikit membutuhkan waktu tujuh jam untuk tidur setiap harinya. 


Demikian tips kesehatan singkat yang bisa anda lakukan untuk menghadapi tahun 2018 ini. Semoga bisa berguna.  


Selamat Tahun Baru 2018 dan Sukses selalu dalam segala pekerjaan anda ! 


(Pic by Dragana Gordic/Freepik)


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email