Healthy in 30 Minutes

Oleh dr. Sandi Perutama Gani at 28 Mar 2018, 17:44:41   posting: 7, dilihat: 636

 



Ladies, pernahkah kalian berpikir “saya mau sehat tapi kok males olahraga ya..” ? Atau “Aduh, cuaca mendung dan hujan mulu nih, mager ah jadinya, tidur aja ah..” ? Atau mungkin “Aduh, pulang kantor kok macet terus ya jalanan, jadi males ke tempat gym nih, besok aja ah nge-gym” ? If yes, then you are not alone, ladies ! 


Banyak di antara kita yang sulit untuk berkomitmen untuk hidup sehat, terutama dalam melakukan aktivitas fisik. Waktu seringkali menjadi “kambing hitam” dari semuanya itu. Padahal kita mempunyai waktu 24 jam dalam 1 hari. Apabila dipotong waktu tidur selama 8 jam dalam 1 hari, kita masih mempunyai waktu 16 jam untuk beraktivitas maupun melakukan aktivitas fisik. 


Kenapa aktivitas fisik ini penting ? Studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard mengatakan bahwa aktivitas fisik sedikitnya 150 menit dalam seminggu akan mengurangi kematian akibat penyakit jantung sampai dengan 30%! Luar biasa bukan ?? 


Nah buat kalian yang merasa selalu tidak ada waktu untuk aktivitas fisik, yuk simak tips – tips di bawah ini : 


1. Untuk yang bekerja di kantor : 


a. Kurangi pemakaian elevator di kantor, gunakan tangga untuk naik atau turun ke lantai yang dituju (hindari memakai high heels apabila naik atau turun tangga). 


b. Apabila hendak meeting atau makan siang di luar kantor dengan jarak yang tidak terlalu jauh, anda bisa berjalan kaki ke tempat tujuan. 


c. Ganti cemilan sore harimu dengan buah – buahan atau susu tinggi kalsium, dan pastikan cukup minum air putih. Anda bisa menggunakan contoh botol seperti di bawah ini untuk memastikan anda cukup minum air putih : 


 



d. Apabila bekerja menggunakan laptop atau komputer, lakukan prinsip 20/20/20 (ambil waktu 20 detik untuk melihat sesuatu sejauh 20 kaki / 6 meter setiap 20 menit sekali) untuk menjaga kesehatan mata.    


 


2. Untuk anda yang ada di rumah : 


a. Saat membeli bahan makanan, biarkan anda sendiri yang berjalan ke pasar atau pusat perbelanjaan. Gunakan payung apabila suhu udara cukup panas di luar. 


b. Biasakan memasak sendiri makanan yang akan anda makan. Selain lebih sehat, anda juga bisa melakukan peregangan badan saat memasak seperti gambar di bawah ini : 


 



c. Mobil / motor anda kotor ? Cuci sendiri mobil / motor anda. Setidaknya kegiatan ini akan menuntut anda bergerak selama kurang lebih 30 menit. 


d. Ganti acara makan – makan pada arisan anda dengan kegiatan olahraga bersama. Selain membantu mengurangi berat badan juga bisa membantu membuat tubuh lebih sehat. 


Lakukan beberapa tips di atas secara rutin setiap hari, dan tanpa terasa kalian telah sedikitnya melakukan 30 menit aktivitas fisik di sela – sela kegiatan. 


Selamat mencoba !    


(Image by Freepik.com)


2 Apr 2018, 09:23:22   #1
Achie diana
Last login: 31 Oct 2018, 10:23:37
Total post: 4

hi Dokter Sandi, itu aku banget.. alias suka 'mager'an kalau sudah mikir musti olahraga. Tapi dok yang mau saya tanyakan, apakah kegiatan aku sebagai Ibu dari bayi 8 bulan ini khan sudah rempong banget. apakah harus tetap olahraga atau cukup kerempongan aku ini saja?


terima kasih Dokter Sandi



Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 2 Apr 2018, 11:03:16
Dear Achie, disarankan tetap untuk bisa olahraga. Tips yang dibagikan bisa dilakukan untuk menambah pembakaran kalori bagi yang "mager". Semoga bisa membantu,
2 Apr 2018, 09:28:18   #2
agatha arumi
Last login: 17 Jul 2018, 09:37:28
Total post: 4

selamat pagi Dokter.. terima kasih untuk selalu mengingatkan pentingnya berolah raga. walaupun sering kali muncul rasa malas alias nanti saja - nanti saja, dengan membaca tulisan dokter Sandi ini, menjadi motivasi saya untuk lebih sehat. Dan saya termasuk wanita bekerja yang harus didepan laptop. seperti saran/prinsip dokter yaitu 20/20/20 akan saya ikuti dan mulai hari ini. Mengapa ya dok saya merasa pusing kalau lama2 didepan laptop? apalagi mata saya minus 1.2? apakah ada kemungkinan minusnya akan bertambah? mengingat jenis pekerjaan saya memang harus di depan laptop



Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 2 Apr 2018, 11:55:59
Dear Agatha, pusing karena terlalu lama bekerja di depan laptop adalah hal yang wajar dialami setiap orang. Pusing terjadi karena otot mata dipaksa bekerja terus menerus di depan laptop tanpa istirahat, dan apabila terus menerus dibiarkan bukan tidak mungkin akan menambah minus mata anda. Lakukan prinsip 20/20/20 di atas ya supaya mata kamu tetap sehat. Semoga bisa membantu.
2 Apr 2018, 09:31:49   #3
lucia warman
Last login: 17 Sep 2018, 09:49:50
Total post: 6

dokter, mau bertanya... kalau tulisan dokter diatas susu berkalsium tinggi ini sebagai pengganti cemilan sore, nah susu berkalsium tinggi itu contohnya apa ya? apakah bisa sebagai pengganti makan siang?berhubung saya berniat menurunkan berat badan sekitar 5kg lagi. apakah susu tersebut cukup mengenyangkan? terima kasih dokter



Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 3 Apr 2018, 10:34:47
Dear Lucia, susu berkalsium tinggi bisa kamu dapatkan di minimarket atau supermarket sekitarmu (banyak merek dan rasa yang tersedia, jadi bisa kamu pilih sesuai dengan selera). Sebaiknya susu ini dijadikan pelengkap sarapan atau dikonsumsi sebelum tidur di malam hari, karena apabila dijadikan sebagai pengganti makan siang tidak akan memberikan energi yang cukup terutama bagi wanita yang bekerja di siang hari. Apabila kamu hendak menurunkan berat badan, maka kurangi asupan kalori dari karbohidrat atau cemilan - cemilan manismu, serta perbanyak olahraga atau aktivitas fisik. Semoga bisa membantu.
2 Apr 2018, 09:34:56   #4
budi handayani
Last login: 9 Jul 2018, 13:04:23
Total post: 3

dokter Sandi, sudah 2 minggu ini saya mulai exercise ringan 30 menit dirumah. namun setelah itu merasa lapar sekali. kira2 makanan apa yang mengenyangkan dipagi hari dan tidak menggendutkan ya dok? saya sudah coba makan smoothies 1 mangkuk, tapi tetap saja 1 jam kemudian muncul rasa lapar lagi.

Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 3 Apr 2018, 11:02:22
Dear Budi, ada cukup banyak pilihan makanan yang bisa anda konsumsi di pagi hari setelah aktivitas ringan yang tidak membuat gemuk. Buah - buahan bisa menjadi pilihan yang baik bagi kamu yang ingin merasa lebih kenyang tanpa takut gemuk. Susu tinggi kalsium bisa menjadi pilihan yang baik lho, karena bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Semoga bisa membantu.
2 Apr 2018, 09:48:46   #5
puti lidya
Last login: 9 Nov 2018, 10:20:54
Total post: 7

Selamat siang Dokter Sandi, mau bertanya dok, saya sedang menghilangkan konsumi nasi [karbo]. tapi kalau saya tidak makan nasi sedikitpun pasti mudah lapar lagi. seperti perut saya tetap kosong padahal saya sudah mengkonsumsi apel. kira2 apa pengganti nasi yang bs mengenyangkan ? terima kasih dokter




Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 3 Apr 2018, 10:59:05
Dear Puti, kalori yang berasal dari nasi memang lebih besar dan membuat perut terasa lebih kenyang. Pola makan yang kamu lakukan saat ini memang cukup baik untuk mengurangi berat badan, namun apabila dilakukan secara mendadak akan membuat tubuh kamu terasa "kaget". Saran saya, tetap mengkonsumsi nasi terlebih dahulu namun dikurangi porsinya secara perlahan - lahan. Atau, anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Semoga bisa membantu.
2 Apr 2018, 09:56:03   #6
Hedy Puspasari
Last login: 9 Nov 2018, 10:04:19
Total post: 3

Pagiiiii Dokter Sandi.... terima kasih ya untuk tips-tips untuk kesehatan, berguna sekali dan saya akan mulai ikuti yang dokter sarankan.. semoga bisa terus . tapi bagaimana ya dok mengurangi rasa malas itu? pasti kadang muncul, apalagi kalau sedang banyak kegiatan... terima kasih dokter



Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 2 Apr 2018, 11:09:39
Dear Hedy, prinsip mengurangi rasa malas adalah dengan komitmen untuk hidup sehat. Ingat, SAKIT itu MAHAL. Tentu kamu tidak mau kan kalau tabungan atau waktu kamu habis gara - gara sakit ? Maka dari itu, yuk kita komitmen untuk hidup sehat.
19 Apr 2018, 12:37:46   #7
Verina
Last login: 21 Apr 2018, 08:19:08
Total post: 2

Terima kasih Dok untuk tips yang sangat bermanfaat.


Saya setuju, berjalan kaki itu sehat. Saya juga suka berjalan kaki.


Hal yang sederhana, tapi terkadang lupa untuk dilaksanakan adalah: apabila bekerja menggunakan laptop atau komputer, lakukan prinsip 20/20/20 (ambil waktu 20 detik untuk melihat sesuatu sejauh 20 kaki / 6 meter setiap 20 menit sekali) untuk menjaga kesehatan mata. Sepertinya cara terbaik agar selalu ingat yaitu memasang reminder di handphone.




Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 20 Apr 2018, 13:32:08
Dear Verina, yes reminder dengan pasang alarm di handphone juga good idea lho !
write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email