Tetap Rutin Olahraga Meski Sedang Berpuasa

Oleh Jansen Ongko at 4 May 2018, 15:07:29   posting: 11, dilihat: 259


Sering kali Anda merasa lemas dan tak berenergi saat menjalani puasa, padahal Anda masih punya segudang aktivitas yang harus di jalani. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa faktor, antara lain seperti perubahan kebiasaan waktu makan, jam istirahat, jam aktivitas, porsi makan yang tidak teratur, kurang olahraga, sampai dengan sumber makanan yang tidak tepat. 


Bicara soal olahraga, ternyata banyak lho yang masih ragu untuk menjalaninya di tengah berpuasa. Padalah faktanya, olahraga di bulan puasa itu tidak membuat tubuh lemas. Sebaliknya, olahraga justru dapat menjaga metabolisme dan energi tubuh, sehingga membuat Anda akan semangat dan berenergi selama berpuasa. 


Yang perlu diperhatikan saat berolahraga di bulan puasa adalah pengaturan waktu selama berolahraga. Olahraga yang intensitasnya rendah bisa dilakukan sebelum berbuka puasa, hal ini karena tidak memaksa tubuh untuk bekerja keras dan keringat pun tidak terlalu banyak dihasilkan. Sehingga bila dilakukan saat perut kosong pun tidak jadi masalah. 


Bolehkah melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi? Tentu saja diperbolehkan, tapi alangkah baiknya bila dilakukan pada sore hari menjelang berbuka atau malam hari setelah berbuka. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi dan masalah lain saat berolahraga setelah tidak memperoleh asupan cairan dalam kurun waktu yang relatif lama. 


Olahraga pun juga bisa dilakukan pada pagi hari setelah sahur. Namun, perlu diingat untuk tidak terlalu memforsir tenaga Anda, sehingga tidak memicu dehidrasi dan kelelahan berlebih yang berpotensi mengurangi aktivitas kerja Anda sepanjang hari..


Nah, untuk jenis-jenis olahraga apa saja yang cocok untuk Anda? Berikut beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa; 


1. Yoga


Olahraga yang satu ini sangat cocok untuk dilakukan saat bulan puasa.  Hal ini karena gerakan yoga yang lebih berfokus pada fleksibelitas akan membuat Anda bisa menjalankan puasa dengan lebih fokus dan tenang. Selain itu, yoga juga dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. 


2. Pilates


Sama halnya dengan olahraga yoga, pilates juga melibatkan teknik pernapasan dan menggunakan konsep keseimbangan tubuh dan jiwa saat melakukan gerakan-gerakannya. Olahraga ini dirancang untuk membangun kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan otot tubuh.


3. Bowling


Olahraga yang satu ini cocok sekali dilakukan saat ngabuburit atau waktu menunggu adzan berbuka. Selain menyenangkan karena bisa dilakukan bersama teman-teman, olahraga ini mampu melatih otot kaki dan tangan.


4. Jogging


Jangan ragu untuk melakukan jogging meski sedang menjalankan puasa. Anda bisa melakukan olahraga yang satu ini dengan intensitas ringan saat setelah sahur ataupun menjelang berbuka puasa. Namun perlu diingat, tetap lakukan pemanasan sebelum memulai dan pendinginan setelah melakukan jogging untuk menghindari cerdera.


 


Yuk sharing seputar olahraga selama bulan puasa di bawah ini!


9 May 2018, 18:07:57   #1
karolina Dewi
Last login: 19 Nov 2018, 13:04:47
Total post: 3

sore coach, kalau nanti dibulan puasa saya tetap excercise tetap di pagi hari apakah boleh? karna saya hanya punya waktu di pagi hari itu. terima kasih coach



Reply (1)
Jansen Ongko at 22 May 2018, 23:51:01
Karol, tentu boleh asal jenis olahraganya jangan yang terlalu intens dan jangan sampai berkeringat terlalu banyak ya
9 May 2018, 18:10:36   #2
ulfa adina
Last login: 13 Nov 2018, 17:16:45
Total post: 8

Hi Mas Jansen... mau dong sharing gerakan-gerakan ringan yang baik untuk dilakukan di bulan puasa... biar aku tetap fit dan gak lemes. oiya, kira2 ada gak ya gerakan2 yang perlu dilakukan menjelang jam-jam laper? heheheh... soalnya kalau laper jadi merasa ngantuk... thanks ya Mas..



Reply (1)
Jansen Ongko at 22 May 2018, 23:52:39
Kalau menjelang berbuka, supaya tidak ngantuk paling bagus adalah dengan melakukan ngabuburit alias jalan-jalan santai. Baik di taman atau mall, sama saja. Olahraga jalan kaki adalah salah satu jenis olahraga yang terbaik dilakukan saat bulan puasa loh
9 May 2018, 18:14:20   #3
merlin fajar
Last login: 6 Nov 2018, 11:09:06
Total post: 5

mau bertanya dongggg... tahun lalu saya tetap paksakan olah raga saat bulan puasa.. tapi baru 2 minggu rasanya saya sudah tidak kuat, walaupun itu hanya gerakan2 ringan. apa yang harus saya lakukan ya supaya tetap fit dan tetap bisa berolahraga? terima kasih yaa




Reply (1)
Jansen Ongko at 22 May 2018, 23:55:19
Hi Merlin, saat bulan puasa sebenarnya tidak perlu sampai menyediakan waktu khusus berolahraga apabila akan mengganggu aktivitas kamu. Dengan tetap bergerak aktif seperti perbanyak jalan kaki, naik tangga atau pun sesekali stretching ringan sepanjang hari sebenarnya sudah cukup. Nah kalau kamu masih mau olahraga, saran saya di sore hari setelah berbuka dengan sedikit makanan dulu ya
9 May 2018, 18:14:20   #4
merlin fajar
Last login: 6 Nov 2018, 11:09:06
Total post: 5

mau bertanya dongggg... tahun lalu saya tetap paksakan olah raga saat bulan puasa.. tapi baru 2 minggu rasanya saya sudah tidak kuat, walaupun itu hanya gerakan2 ringan. apa yang harus saya lakukan ya supaya tetap fit dan tetap bisa berolahraga? terima kasih yaa




Reply (1)
Jansen Ongko at 22 May 2018, 23:55:36
Hi Merlin, saat bulan puasa sebenarnya tidak perlu sampai menyediakan waktu khusus berolahraga apabila akan mengganggu aktivitas kamu. Dengan tetap bergerak aktif seperti perbanyak jalan kaki, naik tangga atau pun sesekali stretching ringan sepanjang hari sebenarnya sudah cukup. Nah kalau kamu masih mau olahraga, saran saya di sore hari setelah berbuka dengan sedikit makanan dulu ya
10 May 2018, 19:08:47   #5
Vida Paramita
Last login: 28 Sep 2018, 16:06:54
Total post: 3

malam coach Jansen.... minggu depan udah mulai puasa nihhhh... jadi kepikiran mau tetap olahraga apa break dulu. eh ternyata ada artikel tentang olahraga di saat puasa Ramadhan, jadi menambah motivasi untuk tetap berolahraga. kira2 kalau saya tetap olaharaga jogging apakah tetap boleh dilakukan? dan sebaiknya dilakukan pagi atau sebelum buka puasa ya? makasih ya coach



Reply (1)
Jansen Ongko at 22 May 2018, 23:56:35
Untuk jogging bisa dilakukan kapan saja, baik pagi maupun sore. Nah kamu lebih suka yang mana? Karena itu lebih penting
10 May 2018, 19:20:00   #6
lucia warman
Last login: 17 Sep 2018, 09:49:50
Total post: 6

hi kak Jansen... 2 tahun lalu saat bulan puasa, saya tetap melakukan olahraga bersepeda setiap sabtu

Reply (2)
lucia warman at 10 May 2018, 19:22:47
sambungan: setiap sabtu minggu sore sambil ngabuburt menunggu magrib. namun sepertinya olah raga ini tidak cocok buat saya. karna beberapa kali sama merasa masuk angin sampai muntah2 . sejak saat itu saya tidak berani olahraga saat puasa. takut sakit. bagaimana menurut kakak mengenai hal ini. terima kasih
Jansen Ongko at 22 May 2018, 23:57:31
Apakah mengalami hal yang sama saat jogging?
11 May 2018, 09:09:26   #7
puti lidya
Last login: 9 Nov 2018, 10:20:54
Total post: 7

pagi mas jansen... kira2 olahraga apa yang yang tidak bikin haus... kebetulan saya akan puasa di bulan ramadhan. terima kasih



Reply (1)
Jansen Ongko at 23 May 2018, 00:00:06
Semua olahraga dengan dilakukan secara tidak berlebihan sehingga tidak mengeluarkan banyak keringat, tidak terlalu intens dan tidak di suhu panas
11 May 2018, 09:29:01   #8
Zahra Sabrina
Last login: 25 May 2018, 08:48:42
Total post: 12

morning coach... bagaimana menghindari dehidrasi ya kalau olahraga saat puasa? gak olahraga aja berasa haus banget.. makasi coach



Reply (1)
Jansen Ongko at 23 May 2018, 00:00:50
Berolahraga setelah berbuka, hindari ruangan atau cuaca terlalu panas saat berolahraga
11 May 2018, 11:41:00   #9
fifit nurina
Last login: 11 Jul 2018, 16:08:47
Total post: 4

kalau bulan ramadhan biasanya saya hanya melakukan olahraga yoga, itupun hanya 15 menit.. walaupun hanya sebentar tapi lumayan sekali untuk membuat tubuh tetap fit saat puasa. kekurangannya adalah kadang kita akan merasa haus sekali setelah melakukan yoga. Bagaimana menurut Coach Jansen ?



Reply (1)
Jansen Ongko at 23 May 2018, 00:01:15
Berolahraganya menjelang berbuka ya
14 May 2018, 10:14:08   #10
ratih dewanti
Last login: 14 May 2018, 11:54:42
Total post: 1

hi Coach Jansen, saya selalu mengikuti artikel2 coach di forum ini.. lengkap

Reply (2)
ratih dewanti at 14 May 2018, 11:56:40
maaf coach terpotong.. hehehe. artikel2 yang coach buat sangat lengkap dan berguna untuk saya. apalagi sebentar lagi puasa dan coach sudah memberikan jenis2 olahraga yang cocok dilakukan saat puasa. tapi yang mau saya tanyakan, kira2 untuk jogging sebaiknya berapa lama ya coach? terima kasih
Jansen Ongko at 23 May 2018, 00:01:40
15-20 menit asal dilakukan setiap hari sudah cukup
14 May 2018, 11:58:55   #11
yvonne lisnanti
Last login: 25 Sep 2018, 13:48:50
Total post: 4

membaca arikel ini aku jadi pengen nyoba tetap olahraga selagi puasa. tapi apakah harus dilakukan setiap hari atau cukup 2-3x saja seminggu, mohon sarannya ya.. terima kasih



Reply (1)
Jansen Ongko at 23 May 2018, 00:02:16
Apabila bisa setiap hari, tentu lebih bagus. Paling penting adalah kamu berolahraganya jangan sampai terpaksa ya
write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email