Tips Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh Selama Berpuasa

Oleh dr. Sandi Perutama Gani at 28 May 2018, 14:43:52   posting: 6, dilihat: 219

 



Puasa dan Ibadah


Bulan suci Ramadan adalah bulan dan saat ketika banyak umat Islam di seluruh dunia berpuasa selama 29-30 hari. Umat Islam yang puasa di bulan Ramadan tidak makan atau minum apa pun selama siang hari, makan satu kali tepat sebelum fajar (sahur) dan satu lagi setelah matahari terbenam. Akhir dari bulan Ramadhan ditandai dengan hari 'Idul Fitri' sebagai tanda kemenangan setelah berpuasa selama 1 bulan penuh. Pada saat berpuasa, penting untuk menjaga kesehatan anda agar bisa menjalaninya dengan sempurna. 


 


Bagaimana Puasa Mempengaruhi Tubuh?


Selama jam-jam puasa ketika tidak ada makanan atau minuman yang dikonsumsi, tubuh menggunakan simpanan karbohidratnya (disimpan di hati dan otot) dan lemak untuk menyediakan energi setelah semua kalori dari makanan yang dikonsumsi pada malam hari telah habis. Tubuh tidak dapat menyimpan air sehingga ginjal menghemat air sebanyak mungkin dengan mengurangi jumlah yang hilang dalam urin. Namun, tubuh kita tidak dapat menghindari kehilangan air ketika buang air kecil maupun ketika berkeringat.


Beberapa orang yang berpuasa selama bulan Ramadhan akan mengalami dehidrasi ringan, yang dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi. Namun, penelitian menunjukkan bahwa ini tidak berbahaya bagi kesehatan, asalkan cairan yang dikonsumsi setelah berbuka puasa cukup untuk menggantikan cairan yang hilang di siang hari. 


Pada saat berbuka puasa, pastikan kembalikan cairan tubuh anda lewat makanan dan minuman yang dikonsumsi. Disarankan untuk makan secara perlahan saat berbuka puasa dan dimulai dengan banyak cairan dan makanan rendah lemak. 


Kecukupan Nutrisi Penting bagi Tubuh, Terutama Bagi yang Berpuasa 


Di bawah ini adalah beberapa tips bagaimana Anda dapat berpuasa dengan aman sekaligus mengoptimalkan status gizi dan energi Anda.


1. Sertakan Protein dalam Makanan Anda


Makanan tinggi protein dapat memberikan rasa kenyang lebih lama daripada makanan tinggi karbohidrat atau lemak. Selama jam-jam puasa, tidak jarang kita merasa lapar, tetapi makan makanan kaya protein seperti ayam, yoghurt, kalkun, ikan dan kacang tanah dapat membantu Anda merasa lebih kenyang lebih lama.


2. Fokus Makan Makanan Serat Tinggi


Makanan kaya serat dapat memiliki efek yang sama dengan makanan tinggi protein, dalam hal memberikan rasa kenyang. Tambahkan makanan berserat tinggi saat sahur atau berbuka puasa seperti roti gandum, kacang, kacang, oatmeal, buah-buahan dan sayuran yang dapat meningkatkan rasa kenyang.


3. Konsumsi Multivitamin bila Diperlukan


Selama puasa, mungkin sulit untuk memastikan anda mendapatkan cukup vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh untuk mempertahankan fungsinya. Oleh karena itu, konsumsi suplemen multivitamin untuk membantu mencukupi vitamin dan mineral penting yang mungkin anda lewatkan dari tidak mengonsumsi makanan utuh secara teratur. Selain itu, mengkonsumsi multivitamin juga dapat membantu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh Anda juga selama berpuasa.


4. Asupan Cairan yang Adekuat


Karena cuaca yang tidak menentu (terkadang bisa panas maupun hujan), penting untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup cairan untuk menjaga hidrasi tubuh. Cairan terbaik dalam hal ini adalah air putih. Pastikan anda minum paling sedikit 2 liter air putih setiap harinya. Minuman lain bisa dikonsumsi untuk meningkatkan asupan cairan Anda, seperti jus buah atau smoothie, susu, sup dan buah-buahan.


5. Makanan Padat Nutrisi


Saat berbuka puasa, Anda sebaiknya memilih makanan sehat dan padat nutrisi. Hindari mengkonsumsi makanan yang digoreng, makanan tinggi gula dan tinggi lemak karena tidak memberikan cukup nutrisi dan tidak bermanfaat bagi kesehatan fisik Anda. Anda dapat menyesuaikan metode masak untuk membuat makanan Anda lebih sehat. Misalnya dengan memanggang makanan Anda untuk membantu mempertahankan rasa asli dari makanan daripada menggorengnya.


 


Demikian beberapa tips dan saran yang dapat anda ikuti selama berpuasa. 


Akhir kata, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi seluruh teman – teman Muslim di Indonesia.   


 


 


30 May 2018, 13:09:00   #1
ira anggarini
Last login: 25 Sep 2018, 13:40:48
Total post: 3

siang dokter, mau bertanya mengapa kalau masa bulan puasa ini saya tidak teratur buang air besarnya. apakah masih bisa ditolelir? terima kasih



Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 5 Jun 2018, 10:50:52
Dear Ira, selama kamu tidak sampai ke tahap diare (buang air besar cair lebih dari 3 kali sehari), maka keadaan kamu tidak bermasalah dari sudut pandang medis. Pastikan kamu cukup asupan serat pada saat sahur dan berbuka puasa ya. Semoga bisa membantu.
30 May 2018, 13:11:46   #2
tina wijaya
Last login: 19 Jul 2018, 12:43:40
Total post: 1

selama puasa ini sepertinya lebih berat buat saya, karna badan terasa lebih mengigil kalau sedang berasa di kantor yang ber AC ini. saya takut jatuh sakit. apa yang harus saya lakukan ya dok?



No comment
30 May 2018, 13:16:09   #3
ninda satria
Last login: 30 May 2018, 13:12:02
Total post: 1

salam kenal dokter Sandi, saya ninda wanita bekerja. selama puasa ini saya sangat sulit minum air putih, rasanya mual jika terlalu banyak. efeknya terlihat pada kulit saya yang menjadi cenderung kering. saya harus bagaimana ya dok? terima kasih



No comment
30 May 2018, 13:28:52   #4
cecilia Tanod
Last login: 11 Jul 2018, 16:02:10
Total post: 3

dokter, kalau mau minum multivitamin saat bulan puasa, kira2 multivitamin yang seperti apa yang baik? karna terlalu banyak multivitamin yang ditawarkan kalau saya ke toko obat yang membuat saya jadi bingunng mana yang terbaik. mohon sarannya ya dok.. oiya multivtamin apa yang baik untuk orang tua saya, mereka berumur 60an . terima kasih banyak ya dokter..



No comment
30 May 2018, 13:39:28   #5
Sophie Rianti
Last login: 5 Sep 2018, 09:59:45
Total post: 2

saya mau bertanya dokter Sandi... apa yang harus saya lakukan kalau saat puasa kita terkena maag? apakah tetap dilanjutkan/dipaksakan saja tetap berpuasa? atau berhenti berpuasa? mohon pencerahannya ya dok... terima kasih banyak



Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 5 Jun 2018, 13:44:37
Dear Sophie, dari sisi medis, sakit maag apabila dibiarkan akan berpotensi melukai lambung, sehingga saya menyarankan untuk berhenti apabila anda tidak kuat menahan sakit maag dan segera berobat. Namun, apabila sakit masih bisa ditahan, silahkan dilanjutkan berpuasa. Semoga bisa membantu.
30 May 2018, 13:44:58   #6
liana andra
Last login: 25 Sep 2018, 13:14:31
Total post: 6

dok... menurut teman saya, jika setelah sahur pagi langsung tidur dapat mengakibatkan perut buncit. selama ini saya langsung tidur setelah sahur dok.. apakah mitos iu benar ya? terima kasih dok..



Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 20 Aug 2018, 10:12:37
Dear Liana, yang kamu tanyakan ini adalah mitos Yang salah dari hal ini adalah mungkin karena kurangnya aktivitas fisik (olahraga). Selain itu, komposisi makanan yang dimakan pun perlu diperhatikan keseimbangan gizinya. Semoga bisa membantu.
write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email