Masak Seru & Sehat Bersama Keluarga

Oleh Chef Brian Wicaksono at 6 Jul 2018, 15:07:58   posting: 11, dilihat: 181

 



 


Liburan atau hari libur sangatlah pas untuk kita nikmati dengan berkumpul dengan keluarga kita tercinta atau semua orang-orang yang kita sayangi. Banyak sekali kegiatan yang bisa di lakukan bersama-sama seperti bertamasya di tempat pariwisata, bermain di taman, pergi ke wahana berman, jalan-jalan ke mall, dan masih banyak lagi. Nah ada satu kegiatan yang bisa kita lakukan bersama-sama selain keluar dari rumah, yaitu memasak bersama keluarga. Yup... Memasak bisa kita buat seru jika kita bisa lakukan bersama-sama keluarga, karena bisa menumbuhkan kekompakan, keseruan, dan bisa saling mengeratkan hubungan keluarga khususnya. Dalam memasak bersama dituntut untuk bisa saling berkomunikasi dengan baik, koordinasi antar member keluarga dengan baik, dan harus bisa disiplin dan teliti. Selain itu kegiatan memasak bersama ini menjadi satu kegiatan positif untuk mengisi kegiatan di hari libur yang murah meriah dan pastinya akan berkesan untuk tiap member keluarga. Nah berikut ini saya akan memberikan beberapa menu sehat yang bisa di masak bersama keluarga :


 


Appetizer :


LUMPIA AYAM SAYUR



Bahan:


15 kulit lumpia siap beli


2 buah wortel


300 gram ayam fillet


50 gram kol


50 gram taoge 


2 butir telur ayam 


1 batang daun bawang


1 bawang putih dan 2 bawang merah 


1 sendok teh kaldu bubuk / garam secukupnya 


1/4 sendok teh merica bubuk


1/2 sendok teh gula pasir 


1 putih telur untuk  perekat 


  


Cara Membuat :


Iris wortel bentuk korek api, iris kol tipis dan kecil2


Tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah di haluskan, masukan ayam fillet yang di potong kecil-kecil dan tambahkan wortel, kol, dan daun bawang, serta bumbu2 lain dan sedikit air. Terakhir masukkan taoge dan masak sampai air habis.


Dinginkan, bungkus isi dengan kulit lumpia, rekatkan dengan putih telur. 


Goreng hingga matang.


 


Main Course


AYAM KULUYUK



Bahan : 


250 gram Fillet Ayam, potong tipis kecil-kecil


150 gram Terigu/Tepung serbaguna


150 ml air


2 sendok makan saus tomat


1 sendok makan saus tiram


1 sendok makan kecap manis


1/4 sendok teh merica bubuk


1/4 sendok teh kaldu ayam / garam secukupnya


Brokoli dan tomat optional


Paprika / cabe besar merah dan hijau secukupnya, potong-potong


Cabai rawit secukupnya jika suka pedas, potong-potong


1 buah bawang bombay, iris tipis


1 siung bawang putih, cincang


3 butir bawang merah, cincang


2 batang daun bawang, iris


 


Cara membuat : 


Bumbuin ayam dengan sedikit garam dan merica, lumuri tepung bumbu, goreng hingga kering


Tumis semua bawang hingga matang


Masukkan cabe, aduk hingga layu, masukkan air dan semua bumbu


Masak hingga agak mengental, masukkan ayam goreng. Aduk cepat dan segera sajikan ya agar ayam tidak lembek.


 


Nah itu beberapa resep yang mungkin bisa menjadi refrensi kegiatan masak seru bersam keluarga untuk mengisi hari libur atau liburan. Untuk tipsnya siapkan bahan dan alat satu hari sebelumnya agar masak seru bersama keluarga bisa berjalan lanjar dan seru.selamat mencoba dan jangan lupa komen yah keseruanya.


9 Jul 2018, 13:25:11   #1
hartini utari
Last login: 17 Sep 2018, 09:50:55
Total post: 6

chef, jadi pengen nyoba bikin lumpia deh.. ternyata bahan

Reply (3)
hartini utari at 9 Jul 2018, 13:27:00
maaf chet terpotong. ternyata bahannya mudah banget ya, kayaknya aku bakal nyoba resep ini deh bareng adikku. tapi chef, mau tanya ... gimana siy caranya supaya kulit lumpianya tidak berminyak banget. selama ini kalau makan lumpia pasti berminyak banget. makasi banyak ya
Chef Brian Wicaksono at 10 Jul 2018, 08:15:37
Hai hartini, Supaya tidak terlalu berminyak sebaiknya ketika menggoreng pastikan minyaknya benar-benar panas,ketika menggoreng tidak memerlukan waktu yang lama,kemudian ketika meniriskan bantu dengan paper tisu supaya sisa minyak bisa tiris dan terserap,
hartini utari at 13 Jul 2018, 16:18:29
oh gitu ya chef ternyata begitu tho tipsnya... makasi ya chefffff
9 Jul 2018, 13:31:38   #2
araneta amalia
Last login: 13 Jul 2018, 16:18:57
Total post: 1

pengen nyoba resep ayam kuluyuknyaaaa.. sepertinya enak banget dan kalau lihat bahan=bahannya juga gak aneh-aaneh, dan semua tersedia dirumah. oiya chef mau bertanya, kalau m au saya tambahkan nanas, sebaiknya dimasukkan saat kapan ya? sepertinya seru juga kalau ada nanasnya.. terima kasih chef..



Reply (2)
Chef Brian Wicaksono at 10 Jul 2018, 08:17:45
Hai amalia... Seru banget kalo kita bisa modifikasi masakan,nah makin seger lagi tuh kalo di tambahkan potongan nanas,untuk timing memasukan nanas,bisa di masukan kurang lebih 2 menit sebelum matang/di angkat...agar nanas tidak terlalu overcook dan tetap segar ketika dimakan...selamat mencoba..
araneta amalia at 13 Jul 2018, 16:19:24
siappp chefff
11 Jul 2018, 15:37:58   #3
yvonne lisnanti
Last login: 12 Sep 2018, 18:16:34
Total post: 4

chefff.. ngeliat resep lumpia ayam sayur jadi keingetan pacar aku yang suka sekali lumpia semarang. kalau boleh tau, resepnya apa itu ya chef? makasi chef ..



Reply (2)
Chef Brian Wicaksono at 13 Jul 2018, 10:13:18
ahan untuk membuat Resep kulit lumpia semarang : 30 lembar kulit lumpia, anda dapat membeli di toko-toko bahan kue di sekitar anda 4 sendok makan tepung terigu 2 sendok makan air Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng Bahan yang diperlukan untuk membuat isi lumpia semarang : 6 siung bawang putih yang sudah dicincang halus 2 sendok teh ebi yang sudah dihaluskan 100 gram udang yang sudah dicincang 100 gram ayam yang sudah di cincang 4 butir telur yang dikocok lepas 400 gram rebung yang diiris korek api 2 sendok makan kecap manis 1 sendok teh garam atau dapat anda tambahkan sesuai dengan selera ½ sendok teh merica bubuk 1 sendok teh gula pasir 4 sendok makan minyak untuk menumis Cara membuat isi lumpia khas semarang : Tumis bawang putih dan ebi sampai harum. Tambahkan ayam dan udang. Aduk perlahan sampai berubah warna. Sisihkan di pinggir wajan Masukkan telur, aduk sampai menjadi butiran-butiran halus. Tambahkan rebung, aduk hingga layu. Masukkan kecap manis, garam, merica, gula pasir. Masak hingga bumbu-bumbu tersebut meresap. setelah adonan isi siap, langkah cara membuat lumpia selanjutnya adalah : Siapkan satu kulit lumpia, tuangkan isi lumpia di atasnya. Lipat di kedua sisi dan gulung. Rekatkan menggunakan tepung terigu kemudian masak dalam minyak yang panas hingga matang. Menyantap lumpia semarang tidak lengkap rasanya jika tidak dicocol pada saus. Dibawah ini adalah contoh resep lumpia saus khas semarang yang bisa digunakan. Bahan saus lumpia : 1 siung bawang putih yang sudah dihaluskan 300 ml air 50 gram gula merah yang sudah disisir halus ¼ sendok teh merica bubuk 25 gram gula pasir 3 sendok makan tepung sagu yang dilarutkan dengan 1 sendok makan air untuk pengental Cara membuat saus ; Rebus bawang putih dan air Masukkan gula merah, merica dan gula pasir. Aduk sampai semua bahan tercampur secara merata. Tambahkan larutan sagu untuk mengentalkan adonan. Masak sampai matang
yvonne lisnanti at 13 Jul 2018, 16:15:02
wahhh .. terima kasih banyak ya cheffff... pasti langsung saya coba. semoga enak nihhhh..
11 Jul 2018, 16:08:32   #4
cecilia Tanod
Last login: 11 Jul 2018, 16:02:10
Total post: 3

seru siy chef kalau masak bareng2 .. aku pernah tuh masak untuk makanan buka puasa. padahal hanya pisang goreng dan kolak. aku masak bareng2 adik2ku. ternyata heboh juga ya... memang kerjaan cepat selesai tapi rasanya lebih berantakan deh,,, hahahaha.biasanya kalau libur panjang baru aku dan adik2 masak bersama. karna kalau sabtu minggu apalagi hari biasa.. setelu aja udah sulit, paling pas malem pulang kerja dimana badan udah lelah baru deh ketemu mereka. resep ayam kuluyuknya pengen aku coba bikin nih chef...kira2 bisa buat berapa orang ya chef kalau 250gram ayal fillet? terima kasih chef Brian



Reply (1)
Chef Brian Wicaksono at 13 Jul 2018, 10:14:43
Hai cecilia,untuk 250gr ayam jika untuk lauk bisa 3-4 orang jika menginginkan lebih reaepnya tinggal di kalikan 2
11 Jul 2018, 17:06:45   #5
fifit nurina
Last login: 11 Jul 2018, 16:08:47
Total post: 4

selamat sore chef Brian, saya ibu 2 anak yang masih kecil. anak saya berusia 7 dan 10 tahun. mereka perempuan semua. saya ingin sekali mengajarin mereka untuk mulai memasak, kira2 masak atau bikin apa ya yang kira seru dilakukan bersama anak2 saya.. dan pastinya saya ingin makanan yang sehat untuk mereka. terima kasih sebelumnya ya chef.



Reply (1)
Chef Brian Wicaksono at 13 Jul 2018, 10:19:30
Hai fifit, Untuk anak umur 7-10 th awalnya perkenalkan dulu dengan bahan2 makanan dan perlatan masak terlebih dahulu.untuk masakan yg sehat coba membuat nuget sayuran karena bisa mengajak anak membentuk karakter nuget
11 Jul 2018, 17:11:31   #6
Ratna
Last login: 17 Sep 2018, 14:24:42
Total post: 9

liburan kemaren saya bersama sahabat2 saya mencoba liburan ala Glamping, ternyata seru juga. dan kita harus memasak makanan bersama ini. menu yang chef berikan sepertinya cocok nih untuk liburan ala Glamping berikutnya.

Reply (1)
Chef Brian Wicaksono at 13 Jul 2018, 10:20:49
Hai,Ratna Selamat mencoba yah...semoga bermanfaat
13 Jul 2018, 15:37:27   #7
puan ardina
Last login: 17 Sep 2018, 09:53:39
Total post: 3

chef, resepnya menggiurkan sekali. sebenarnya saya ingin sekali masak bersama mama .. tapi mama punya penyakit darah tinggi. sebaiknya bahan2 apa dari resep yang diberikan yang perlu diganti untuk menghindari darah tinggi mama makin naik. terima kasih ya chef



Reply (1)
Chef Brian Wicaksono at 20 Jul 2018, 08:24:07
Hai puan,mungkin bisa di kurangi kadar garamnya saja kok...bahan lainya saya rasa aman
13 Jul 2018, 16:08:47   #8
reski dewayani
Last login: 17 Sep 2018, 09:52:29
Total post: 5

sore chef brian.... resep ayam khuluyuk ini ternyata gak beda jauh dengan korean fried chicken ya? cuma beda di saos tomat dan saos

Reply (2)
reski dewayani at 13 Jul 2018, 16:11:15
maaf ya chef tulisannya terpotong. jadi bedanya di porsi saos tomat dan saos sambalnya. kemarin saya sudah coba resep ayam khuluyuk dari chef. ternyata anak-anak suka banget. ditunggu resep-resep lainnya yang simple dan enak ya chef
Chef Brian Wicaksono at 20 Jul 2018, 08:24:50
Hai reski,makasih sudah coba resep dari saya,tunggu resep selanjutnya yah
13 Jul 2018, 16:13:59   #9
wulan soraya
Last login: 17 Sep 2018, 09:42:44
Total post: 4

chef brian, saya baru saja baca resep ayam kuluyuknya nihh.. jadi pengen langsung buat di weekend besok. tapi boleh kasih saran kah kalau saos tiremnya tidak ada, harus diganti apa ya? apakah rasanya akan beda? terima kasih chef



Reply (1)
Chef Brian Wicaksono at 20 Jul 2018, 08:28:29
Hai wulan, Kalau tanpa saus tiramnpastinya rasanya juga agak berbeda,seumpama mau di ganti cukup di buat gurih saja dari bantuan gula pasir,karena pada dasarnya saus tiram juga membantu menggurihkan makanan
13 Jul 2018, 16:24:35   #10
grace ling
Last login: 13 Jul 2018, 16:20:00
Total post: 2

maaf chef, mau bertanya.. kalau lumpia ayam ini mau dibuat lumpia basah apakah bisa? caranya dikukus saja kah? thank you chef



Reply (1)
Chef Brian Wicaksono at 20 Jul 2018, 08:29:23
Hai grace,kalau mau membuat lumpia basah berbeda kulitnya,kalau lumpia basah basicnya telur ayam,tapi isianya bisa di buat lumpia basah kok
13 Jul 2018, 16:26:50   #11
ulfa adina
Last login: 6 Sep 2018, 15:24:33
Total post: 7

asliii ngiler banget liat Lumpia Ayam dan Ayam kuluyuknyaaaa... 1 bahan ayam fillet bisa jadi 2 resep yang enak.. wajib nyoba ini sih! terima kasih resepnya chefff



Reply (1)
Chef Brian Wicaksono at 20 Jul 2018, 08:30:12
Hai ulfa, Harus di coba yah dirumah,ini memang saya combain resepnya agar 1 bahan bisa di buat 2 masakan
write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email