Ingin Berolahraga Tapi Tidak Tahu Harus Dimulai Dari Mana?

Oleh Jansen Ongko at 23 Jul 2018, 14:09:48   posting: 7, dilihat: 105


Ingin berolahraga tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Bosan olahraga sendiri? Mungkin sudah saatnya kamu nyari teman yang bisa


diajak sehat bareng!


Walau begitu, nyari teman sehat itu susah-susah gampang loh! Syukur-syukur kalau gebetan sendiri. Tapi kalau bukan, berikut ini beberapa poin pertimbangannya:


1. Sudah duluan berolahraga


Akan lebih mudah apabila ikut teman kita yang rutin berolahraga. Dengan begitu kita dapat belajar dan mencoba untuk mengikuti jadwalnya dia.


2. Memiliki kesamaan selera olahraga


Pastikan olahraga yang teman kamu jalani memang jenis olahraga yang memang kamu tertarik untuk coba. Namun, tidak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru bukan?


3. Memang dikenal rajin atau disiplin


Agar dapat konsisten berolahraga, modal semangat saja kurang karena konsistensi lebih penting. Untuk itu, carilah teman yang memang sudah rutin melakukannya agar kita ikutan rajin.


4. Wawasan hidup sehatnya cukup luas


Selain rajin, teman yang memiliki wawasan hidup sehat adalah nilai tambah besar. Namun poin bukanlah suatu keharusan karena sekadar bonus.


5. Satu tempat kerja atau dekat


Tidak dipungkiri, jarak adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan. Semakin jauh maka semakin sulit untuk konsisten.


Kesulitan mencari teman yang dapat memenuhi poin-poin di atas? Become one!


 


Pada dasarnya hampir seluruh jenis olahraga dapat dilakukan bersama teman, baik berdua maupun berkelompok. Namun ada beberapa jenis di luar olahraga prestasi yang lebih seru dilakukan berdua atau berkelompok / beregu (3 orang atau lebih).



Berdua:


 


1. Weight training


Sparring partner adalah istilah untuk seorang teman yang menemani Anda berlatih angkat beban, baik menggunakan alat atau bodyweight saja. Idealnya satu orang karena apabila gerakannya dilakukan secara bergantian maka jeda istirahatnya lebih pas.


 


2. Pair training


Ini merupakan program weight training yang setiap set gerakannya dilakukan bersama dan membutuhkan kerjasama dua orang. Contoh gerakan pair training adalah: Partner Plank Toss, wheel barrow push ups, etc. ( Contoh: https://redefiningstrength.com/try-these-20-partner-exercises-for-a-fun-full-body-workout )


 


3. Acro-Yoga


Acro-yoga adalah Yoga yang sebagian besar gerakannya membutuhkan bantuan teman untuk dapat dilakukan. ( Contoh: https://www.yogajournal.com/practice/7-must-try-acroyoga-poses )



 


Berkelompok:


 


Untuk olahraga berkelompok sendiri memiliki banyak pilihan, antara lain:


 


Fitness bootcamp, circuit training, semua jenis senam aerobic dengan konsep kelas, baik seperti zumba, yoga, mat pilates, cardio boxing, etc.


 


 


Image: by freepik


26 Jul 2018, 12:23:02   #1
atika febrianti
Last login: 30 Jul 2018, 20:57:05
Total post: 2

selamat siang coach Jansen... tepat sekali artikel ini buat saya. niatnya saya memang ingin mulai excercise, tapi sepertinya butuh penyemangat. salahsatunya harus punya teman. sebenarnya susah-susah gampang, karna kalau teman di kantor, yang rajin olahraga pasti tempat fitnessnya dekat rumah. dimana tidak satu arah dengan saya. Mau bertanya coach... kalau kita excercise itu sebaiknya berapa jam dan seminggu berapa kali ya? terima kasih



Reply (1)
Jansen Ongko at 6 Aug 2018, 12:40:14
Hi Atika, untuk waktu berolahraga bebas dan menyesuaikan dengan Anda fleksibel di jam berapa. Kalau merasa tidak ada waktu, maka ciptakan waktu berolahraganya. Jangan menunggu sesempatnya saja, pasti tidak konsisten. Durasinya 20-40 menit cukup asal intensitas olahraganya stabil, tidak banyak istirahat atau ngobrol. Untuk pemula, 3x sudah optimal.
26 Jul 2018, 12:33:52   #2
miladine lubis
Last login: 26 Jul 2018, 12:25:58
Total post: 1

hi Coach Jansen... senang sekali baca artikel diatas... karna memang aku dan teman2 memang sudah punya group yoga. kami membayar 1 trainer untuk 5 orang. lebih seru dan jadinya rutin juga karna membayar yoga trainernya langsung untuk 3 bulan, jadi kalau gak hadir, pasti akan merasa rugi.. hehehe. yang kadang kendala adalah sering telat dateng nih pesertanya.. ada saran gak ya coach?



Reply (1)
Jansen Ongko at 6 Aug 2018, 12:41:45
Ada banget. Untuk bisa disiplin, maka kedatangan harus memiliki sistem reward / punish. Misal yang telat bayar 50% patungan dan yang paling rajin bisa digratiskan atau diberi hadiah.
26 Jul 2018, 13:25:42   #3
puti lidya
Last login: 5 Sep 2018, 10:11:48
Total post: 6

hai Kak Jansen... saya tertarik dengan fitness boothcamp... bolehkan dijelaskan lebih detail? terima kasih



Reply (1)
Jansen Ongko at 6 Aug 2018, 12:44:56
Fitness bootcamp adalah circuit training yang umumnya menggunakan bodyweight exercise saja atau alat portable seperti rope, dumbbell, medicine ball, cone, dst. Setiap gerakan dibagi menjadi 1 pos dan 1 sesi terdiri dari beberapa pos. Kelebihannya adalah bagi yang suka tantangan maka program ini terasa seru. Lalu biasanya dilakukan beregu sehingga semangat. Kekurangannya adalah kualitas gerakan tidak terlalu diperhatikan karena mengejar banyak-banyakan. Ini berpotensi meningkatkan risiko cedera.
26 Jul 2018, 14:27:17   #4
iin sofyan
Last login: 26 Jul 2018, 13:29:51
Total post: 2

coachhhh.. mau bertanya, saya berniat mengurangi berat badan saya 5kg lagi, apakah yang harus saya lakukan... inginnya maksimal 3 bulan berat saya sudah turun 5kg, terima kasih coach



Reply (1)
Jansen Ongko at 6 Aug 2018, 12:46:13
Kombinasi olahraga cardio seperti lari atau berenang dengan angkat beban, lakukan 3-4x seminggu. Kurangi gorengan, perbanyak asupan sayuran, protein dan air putih serta cukup tidur.
30 Jul 2018, 20:56:51   #5
liana andra
Last login: 17 Sep 2018, 09:36:42
Total post: 5

dear Coach Jansen, aku tuh selama 3 bulan terakhir ini bareng sama temen2 untuk fitness di dekat kantor. jadi pulang kerja, kita bisa langsung ke gym. tapi yang bikin sedihnya, makin kesini anggotanya makin berkurang.. gimana caranya ya coach membuat semangat mereka untuk tetap nge-gym? thanks coach



Reply (1)
Jansen Ongko at 6 Aug 2018, 12:48:29
Memang sulit mencari teman olahraga yang memiliki intrinsic motivation, kesadaran dari dalam diri sendiri. Caranya yang terbaik adalah Anda menjadi contohnya. Kemudian jangan bosan untuk mengajak mereka. Cari juga tujuan atau alasan yang bisa ngena di hati mereka.
30 Jul 2018, 21:00:24   #6
atika febrianti
Last login: 30 Jul 2018, 20:57:05
Total post: 2

hi Mas Jansen.. senang banget dikasih tipsnya untuk olahraga bareng temen....sejujurnya ini udah aku mulai sejak 5 bulan lalu sama sahabat aku.... tapi sebulan ini aku jadi kurang semangat mas, karna temen aku ini khan baru jadian jadi dia ajak pacarnya untuk nge-gym bareng. sejak itu aku jadi gak nyaman lagi. kira2 aku musti ngapain ya Mas? apakah aku cari temen lain lagi atau aku pindah tempat gym?



Reply (1)
Jansen Ongko at 6 Aug 2018, 12:50:24
Cari teman baru yang bisa diajak olahraga bareng dan mohon dikomunikasikan ke teman Anda yang sebelumnya terkait ketidaknyamanan ini.
30 Jul 2018, 21:05:37   #7
Vilda adel
Last login: 30 Jul 2018, 21:02:16
Total post: 2

setelah baca artikel Coach diatas, jadi keinget dulu pernah rame2 ngegym bareng sama anak2 kampus. udah niat banget dan komitmen 3x seminggu... tapi kenyataannya banyak yang akhirnya mundur perlahan lahan. jadilah aku sendirian lagi nge-gym. Coach, gimana siy caranya supaya punya partner yang bener bisa aku ajakan olahraga bareng2 dalam waktu yang lama? macam-macam alesan yang bikin satu persatu mundur... minta sarannya ya coach.. terima kasih



Reply (1)
Jansen Ongko at 6 Aug 2018, 12:51:03
Saya copas dari jawaban sebelumnya ya: Memang sulit mencari teman olahraga yang memiliki intrinsic motivation, kesadaran dari dalam diri sendiri. Caranya yang terbaik adalah Anda menjadi contohnya. Kemudian jangan bosan untuk mengajak mereka. Cari juga tujuan atau alasan yang bisa ngena di hati mereka.
write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email