Togetherness

Oleh dr. Sandi Perutama Gani at 31 Jul 2018, 17:10:57   posting: 4, dilihat: 164


Halo semuanya. Topic kali ini yang akan kita bahas bersama adalah mengenai kebersamaan. Segala sesuatu kalau dilakukan bersama – sama tentu akan terasa menyenangkan bukan ? Bahkan apabila hal yang dilakukan itu adalah sesuatu yang kita tidak terlalu sukai pun bisa menjadi menyenangkan apabila dilakukan bersama dengan teman atau orang tercinta kita.


Nah, pernah kepikiran gak untuk melakukan kegiatan sehat bersama dengan teman, keluarga, atau pasangan kita ? Kalau iya, saya ada beberapa tips kegiatan sehat yang bisa dilakukan secara bersama :


Lari / jalan sehat bersama


Murah dan mudah, namun seringkali kita malas melakukannya dengan berbagai alasan yang seringkali tidak penting. Nah, apabila lari atau jalan sehat dilakukan bersama dengan pasangan atau keluarga, tentu akan terasa lebih menyenangkan lho ! Sebagai informasi, jalan kaki paling sedikit 10.000 (sepuluh ribu) langkah per hari akan membantu mengurangi resiko penyakit jantung koroner lho. Yuk, mulai lari atau jalan sehat bersama !!


Memasak bersama


Hangout atau nongkrong bareng temen di cafe atau restoran memang terasa menyenangkan,, apalagi sambil menikmati makanan dan minuman yang disajikan di sana. Nah, bagaimana kalau kita hangout bareng temen sambil masak bersama ? Wah, bakal seru banget kan !! Nah, coba yuk masak makanan sehat bareng sama temen kamu (resep bisa dicoba dari Chef Brian di forum ini juga lho). Make sure batasi asupan gula dan garam juga ya guys saat memasak, untuk mengurangi resiko diabetes dan hipertensi.


Bersihkan rumah / kamar kost bersama


Mager dan cuma mau santai di rumah atau kost-an? Daripada habisin waktu buat main gadget di rumah atau kost –an, mending ajak yuk anggota keluarga atau temen kost kamu untuk bersihin rumah dan kamar kalian bersama. Selain membuat kamar dan rumah lebih bersih dari debu dan kotoran, kita juga sembari membakar kalori lho (lumayan lah, irit uang ke gym). Oh ya, debu dan kotoran ini seringkali bisa memicu terjadinya asma atau alergi lho, so make sure disedot pakai vacuum cleaner ya biar lebih bersih.


Check up kesehatan bersama


Periksa kesehatan ke dokter ? Ambil darah ? Pasti bikin males banget ya kalau sendirian ! Padahal pemeriksaan kesehatan itu penting sekali lho untuk dilakukan, karena dengan begitu kita bisa mengetahui kondisi tubuh kita dengan lebih terinci, sekaligus bisa mulai menghindarkan diri dari berbagai resiko penyakit metabolic seperti diabetes maupun hipertensi. Yuk, ajak teman atau keluarga untuk cek kesehatan bersama.


Travelling ke alam terbuka


Nah yang terakhir ini memang kudu dan wajib pergi bareng bersama dengan teman atau keluarga nih ! Ga seru rasanya kalau liburan sendirian saja. Biar lebih sehat, coba liburannya ke alam terbuka ya, seperti ke pegunungan atau pantai, supaya kita bisa merasakan udara bersih yang sulit kita dapatkan apabila hidup di kota besar.


Nah demikian tips – tips kesehatan yang bisa dilakukan bersama dengan teman atau orang tercinta anda. Ditunggu komentarnya ya terkait kebersamaan ini.


Image: Freepik


 


 


2 Aug 2018, 15:30:33   #1
andhita rahayu
Last login: 2 Aug 2018, 15:29:22
Total post: 2

siang dokter Sandi, boleh kasih saran ? jika checkup kesehatan itu untuk keluarga sebaiknya seberapa kali 1 tahun ya?




Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 3 Sep 2018, 09:11:46
Dear Andhita, selama tidak ada keluhan atau riwayat penyakit kronis pada keluarga, medical check up dapat dilakukan cukup satu kali setahun. Semoga bisa membantu
2 Aug 2018, 15:35:21   #2
irma adilla
Last login: 17 Sep 2018, 09:31:05
Total post: 2

dokter Sandi, ibu saya berumur 53 tahun, sebaiknya olah raga apa yang bisa dilakukan oleh saya dan ibu saya bersama-sama ya dokter? selain itu ibu saya punya penyakit pengapuran di sendinya. mohon sarannya ya dokter.. terima kasih



Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 3 Sep 2018, 09:14:16
Dear Irma, pengapuran di sendi memang sangat nyeri untuk bergerak atau berolahraga yang terlalu berat. Saya sarankan untuk melakukan jalan kaki saja sebagai olahraga bagi ibu anda. TIdak perlu terlalu lama atau terlalu jauh dalam berjalan, cukup 15-30 menit sehari. Jangan lupa untuk minum kalsium atau susu ya untuk kamu dan ibumu. Semoga bisa membantu.
2 Aug 2018, 15:39:46   #3
hartini utari
Last login: 17 Sep 2018, 09:50:55
Total post: 6

wah ... terima kasih sekali dokter Sandi untuk tips2 kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama. kebetulan saya anak kost, jadibener juga ya melakukan bersih-bersihh kost kalau memang waktu liburan. sebenarnya kami memang sebagian sudah bikin acara rutin untuk olahraga bersama setiap sabtu pagi. lumayan juga untuk mengisi waktu luang.



Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 3 Sep 2018, 09:18:33
Dear Hartini, semangat ya bersih - bersihnya ! Lingkungan yang bersih juga akan membuat kita lebih sehat lho !
2 Aug 2018, 15:45:13   #4
dina farah
Last login: 2 Aug 2018, 15:40:53
Total post: 2

dokter,,, suami saya 32 tahun saaat ini rutin olahraga bersepeda denngan teman2nya. tapi saya jadi khawatir deh dok, karna baru saja dengan kabar teman yang sedang bersepeda tiba2 mendapat serangan jantung dan meninggal saat sedang bersepeda. kalau boleh tau, apa yangn harus di perhatikan ya dok untuk berolahraga agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.


terima kasiih dokter



Reply (1)
dr. Sandi Perutama Gani at 3 Sep 2018, 09:20:57
Dear Dina, serangan jantung tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Baik saat aktivitas maupun saat sedang tidak beraktivitas pun bisa terjadi serangan jantung. Yang harus diperhatikan adalah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Kalau memang ada riwayat penyakit jantung pada keluarga, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan jantung pada anda dan anggota keluarga. Lakukan pengobatan apabila memang ada gangguan pada jantung. Semoga bisa membantu.
write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email