Tren Yoga untuk Tubuh dan Kulit yang Sehat

Oleh Deera Dewi at 7 Apr 2017, 15:24:45   posting: 8, dilihat: 1.571


 


Di era modern yang makin sibuk ini, kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat. Terbukti dengan bermunculannya pusat kebugaran di berbagai tempat. Bukan hanya di perkotaan tetapi juga di daerah, dari anak remaja sampai dewasa memenuhi tempat olahraga.


Salah satu yang sedang digandrungi saat ini adalah latihan Yoga . 


Olah tubuh yang berasal dari India dan berkembang pesat di Amerika ini memang cepat sekali menarik perhatian. Tak kurang dari pemain bola dunia, selebritis, pejabat dan politikus gemar berlatih Yoga. Dan inilah yang menjadikan latihan Yoga semakin cepat menyebar di berbagai belahan bumi termasuk di Indonesia.


Dari Kota Jakarta sampai ke pelosok tanah air semua mau merasakan manfaat latihan ini. 



Namun, apa sih sebenarnya yang menarik dari latihan Yoga?


Sekilas Yoga terlihat seperti halnya olahraga lain berupa serangkaian latihan pose-pose saja, bahkan sebagian masih berpikir bahwa Yoga hanyalah duduk untuk bermeditasi. 


Sebenarnya, Yoga merupakan latihan yang menyeluruh, mengkombinasikan gerakan tubuh, nafas dan konsentrasi yang tujuan akhirnya adalah untuk mencapai kesehatan yang menyeluruh baik itu fisik, mental, emosional dan bahkan juga spiritual. Bisa menemukan diri sejatinya sehingga pada akhirnya bisa bersatu dengan sang Pencipta.


Awalnya Yoga merupakan 'a way of life' alias panduan untuk hidup. Tetapi seiring dengan modernisasi, saat ini Yoga sedikit bergeser menjadi 'Life Style' sehingga seakan-akan belum eksis kalo tidak mengikuti tren yang satu ini. 


Salah satu manfaat yang didapat apabila berlatih  Yoga secara teratur adalah tubuh yang indah dan sehat. Gerakan-gerakan Yoga yang terlihat lembut ternyata mampu membuat seluruh organ tubuh luar terbentuk dengan baik, dikombinasikan dengan tarikan dan hembusan nafas yang teratur serta memusatkan konsentrasi membantu menyehatkan seluruh organ tubuh bagian dalam dan mengalirkan oksigen dengan maksimal ke seluruh organ tubuh. 


Yoga juga melatih kita untuk selalu berpikiran positif, sehingga aura positif dari dalam diri terpancar keluar . 


Tak heran jika para praktisi yoga rata-rata memiliki tubuh yang  tegap, indah serta kulit yang sehat dan bersinar serta awet muda. Yup, ini karena lancarnya aliran darah dan oksigen di tubuh mereka.


Masih belum mencoba Yoga? Masih beginner? Atau tidak percaya diri karena obesitas? 


Anda tidak perlu khawatir, saat ini Yoga sudah semakin mudah untuk diikuti karena berbagi pilihan kelas yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan tiap orang yang bebeda.


Berikut beberapa contoh style yoga yang bisa dipilih :


1.Iyengar Yoga


   Style Yoga yang lebih kearah therapy, dengan sistem stop and go yang memfokuskan pada perbaikan postur tubuh dengan  melakukan alignment yang benar. Cocok untuk para pemula yang ingin belajar melakukan pose dengan benar.


2.Ashtanga


Kelas yang saat ini sedang digemari, merupakan satu rangkaian gerakan yang sudah di set sedemikian rupa dari awal sampai akhir, dan akan sama setiap kelas sehingga bisa dihapalkan dan berlatih sendiri. Para pemula sebaiknya mengikuti Led Class , yang artinya kelas dipandu oleh guru sementara yang sudah sering berlatih dan hagal gerakannya bisa mengikuti kelas Mysore atau latihan sendiri tanpa dipandu tetapi tetap dibawah pengawasan guru


3.Power Vinyasa


Yang satu ini lebih berbasiskan nafas (breathe base) dimana gerakan yang dilakukan  lebih cepat, mengikuti tarikan dan hembusan nafas. Biasanya satu gerakan satu nafas, sehingga lebih memacu kerja jantung dan hasilnya adalah latihan yang lebih berkeringat. Bagi para penggemar olahraga cardio, tipe yoga seperti ini pasti cocok.


4.Hatha Yoga


Style yoga paling populer bisa diikuti semua level dari beginner sampe advance.


Biasanya gerakan yang dilakukan lebih perlahan, dipadukan dengan tarikan dan hembusan nafas yang lembut dan dalam serta kesadaran penuh terhadap tubuh,  diiringi dengan musik membuat kelas ini semakin betah untuk diikuti.


Masih banyak lagi beberapa style yoga seperti Bikram, Yin Yoga, Tripsycore dll.


Bijaksanalah untuk memilih kelas, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh. Yoga bukanlah olahraga yang kompetitif, justru melatih kita untuk bersabar, ikhlas dan menerima diri kita apa adanya serta selalu bersyukur dan berpikir positif.


Nah masih penasaran informasi seputar Yoga? Yuk kirimkan  pertanyaan Anda disini 


 


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email