5 Brand Mewah Termahal di Dunia
Salah satu faktor yang membuat publik menyukai barang mewah adalah citra eksklusif yang dimilikinya. Dan eksklusivitas berkorelasi dengan harga produk yang mahal. Sederhananya membeli barang mewah sama dengan menunjukkan status sosial seseorang.
Hal tersebut juga tampaknya juga menjadi alasan meski sedang resesi ekonomi dan harga barang mewah terus naik setiap tahunnya namun penjualan justru terus meningkat.
Contohnya ketika pandemi COVID-19 pada tahun 2020. LVMH grup bisnis yang menaungi jenamaan kenamaan seperti diantaranya Louis Vuitton, Dior, dan Fendi menyatakan meski penjualan turun sempat di kuartal awal namun kembali meningkat menjelang akhir tahun hingga dua kali lipat.
Lantas jika kita melihat dari harga, siapa brand yang berhak menyandang status sebagai brand termahal? Tergantung dari parameter yang menjadi acuan. Semisal kreasi paling mahal yang pernah dilansir atau value bisnis dan prestise yang dimiliki.
Merangkum dari berbagai sumber, berikut daftar brand termahal di dunia.
1. Louis Vuitton
Dalam daftar yang dirilis oleh Kantar dan Brand Finance, Louis Vuitton didaulat menjadi jenama mode dengan brand value paling tinggi.
Brand yang identik dengan monogramnya ini juga disebut Luxury Columnist sebagai brand yang mengeluarkan kreasi termahal.
Salah duanya adalah boneka teddy bear Steiff yang mengenakan baju monogram Louis Vuitton yang mana laku terjual dalam sebuah lelang seharga 2,1 juta USD. Serta tas minaudiere hasil kolaborasi dengan seniman Yayoi Kusama seharga 133.430 USD yang hanya dibuat 5 buah saja.
2. Hermes
Dalam daftar yang dirilis oleh Kantar, Hermes menjadi brand mewah dengan value tertinggi kedua. Menariknya, kepopuleran dan value Hermes masih bergantung kepada dua kreasi tas andalannya yakni Birkin dan Kelly.
Berbeda dengan brand lain yang giat mendaulat selebriti sebagai brand ambassador atau merilis koleksi kolaborasi.
Harus diakui juga bahwa publik juga sudah cukup menyadari akan value dan prestise yang dimiliki oleh Hermes. Selain karena butuh kesabaran agar bisa membeli Birkin dan Kelly, kedua tas tersebut juga ramai digaungkan sebagai instrumen investasi yang menguntungkan.
Rekor kreasi tas termahal lansirannya sejauh ini masih dipegang oleh seri Kelly mini yang terbuat dari rose gold. Tas yang bertatahkan 1160 berlian dan tekstur menyerupai kulit aligator tersebut merupakan kreasi Pierre Hardy dan diperkirakan harganya mencapai 2 juta USD.
3. Chanel
Chanel menduduki peringkat ketiga sebagai brand dengan value tertinggi. Terlepas sebagai salah satu rumah mode historis, kepopuleran dan citra eksklusif dari tas ikonis Chanel Flap kian menaikkan value dari Chanel.
Saking tingginya akan minat publik, pada tahun 2021 lalu Chanel sampai membatasi pembelian tas tersebut di Korea Selatan. Di mana pembeli hanya boleh membeli maksimal satu saja.
Salah dua kreasi termahalnya adalah sebuah gaun haute couture lansiran tahun 1996 yang berhiaskan bordir yang kala itu harganya mencapai 200 ribu USD. Dan tas Chanel Diamond Forever yang laku terjual 261 ribu USD dalam sebuah lelang amal.
4. Gucci
Gucci menjadi brand dengan value tinggi selanjutnya. Baru berganti creative director yakni Sabato de Sarno, dalam koleksi perdananya sang desainer menampilkan gaya yang lebih kasual, minimalis, dan effortless dibandingkan dengan era Alessandro Michele yang bernuansa quirky dan ekspresif.
Berbicara kreasi termahal yang pernah dirilis, bukan tas atau baju. Melainkan sebuah ikat pinggang hasil kerja samanya dengan Stuart Hughes. Berhiaskan 30 berlian pada buckles, ikat pinggang ini harganya mencapai 250 ribu USD.
5. Dior
Kantar dalam laporannya menuliskan bahwa bersama Chanel dan Louis Vuitton, Dior merupakan tiga label yang mengalami kenaikan dalam hal brand value pada tahun 2023.
Begitu juga berdasarkan laporan dari laman Brand Finance, meski berbeda dalam urutan peringkat, value dari rumah mode yang identik dengan gaya New Look ini meningkat.
Jika melihat dari aspek marketing, popularitas Dior juga tak lepas dari kerjasamanya dengan selebriti Korea Selatan seperti Jisoo BLACKPINK, Jimin BTS, dan Nam Joo Hyuk.