Kiehl’s Resmi Menghadirkan Sustainable Boutique di Indonesia

Giovani Untari 07 Oct 2022

Pengalaman berbelanja jelas menjadi sebuah hal yang wajib masuk ke dalam concern para brand agar customer tidak hanya mendapat produk terbaik, tetapi juga experience yang tidak terlupakan di dalamnya. Terlebih saat ini customer juga semakin peka atas banyak hal dan isu, termasuk isu tentang menciptakan ekosistem yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Berangkat dari sana Kiehl’s Indonesia resmi menghadirkan sustainable boutique pertamanya di Indonesia yang terletak di Central Park Mall, Jakarta. Cukup berbeda dengan store Kiehl's Indonesia yang sudah sering kita temui sebelumnya, store satu ini didesain dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip sustainability dari konsep awal, proses konstruksi hingga pengelolaan daur ulangnya atau end-of-life recycling.

 

 

“Di L’Oréal Luxe Division, kami memiliki visi untuk memimpin perubahan menuju mindful & sustainable luxury beauty di Indonesia. Selama bertahun-tahun, kami telah melakukan transformasi mendalam untuk lebih berkelanjutan dalam seluruh proses bisnis kami. Salah satunya dalam aspek ritel, kami menggabungkan keunggulan operasional ritel kami dengan tanggung jawab terhadap lingkungan,” jelas Caroline Foo, General Manager, L’Oréal Luxe Indonesia.

 

ADA BANYAK VALUE MENARIK DARI BOUTIQUE INI

Prinsip ritel berkelanjutan yang diterapkan oleh Kiehl's Indonesia sendiri bertujuan untuk memberikan pengalaman butik yang peduli akan keamanan, kenyamanan, dan tanggung jawab terhadap lingkungan.

Tahukah kamu, jika proses renovasi store ini menerapkan strategi yang berkelanjutan dan memastikan implementasi zero waste to landfill di antaranya 82% material yang digunakan di butik Kiehl’s Central Park Mall Jakarta menggunakan bahan yang disertifikasi ramah lingkungan, digunakan atau didaur ulang. Misalnya bata yang kamu lihat di store berasal dari  dari bekas bongkahan bangunan tua, sedangkan lantai butik dikonstruksi dari kayu bekas yang diolah kembali dan dilapisi dengan water-based wood coating.

 

Untuk menciptakan akses yang mudah bagi siapa saja, butik Kiehl’s tersebut juga ikut dirancang agar dapat diakses oleh semua customer termasuk pelanggan yang menggunakan kereta bayi dan kursi roda agar mampu bergerak di sekitar butik tanpa hambatan. Dekorasi butik dengan tema New York khas Kiehl’s dilukis tangan oleh seniman lokal dengan cat berbahan dasar air yang menggunakan bahan-bahan bersertifikasi ramah lingkungan sehingga tidak mengandung efek kimia yang berbahaya bagi kesehatan. 

 “Butik Central Park Mall Kiehl’s yang didesain lebih berkelanjutan, merupakan salah satu perwujudan kami untuk menjadi bisnis yang lebih bertanggung jawab dan untuk mencapai komitmen keberlanjutan Grup melalui L’Oréal for the Future. Kami memiliki ambisi kedepannya agar 100% dari butik kami yang baru maupun yang direnovasi untuk dirancang dan dibangun mengikuti prinsip-prinsip keberlanjutan Grup pada tahun 2025,” tambah Mohamad Fikri, Corporate Responsibility Director L’Oréal Indonesia.

 

 

Satu hal yang turut menjadi perhatian Cosmo adalah tersedianya layanan daur ulang di dalam butik melalui program Kiehl's Recycle and Be Rewarded. Di sini, para customer Kiehl’s bisa membawa produk kecantikan mereka yang sudah habis untuk didaur ulang. Kiehl’s juga memiliki sejumlah produk yang tersedia dalam bentuk isi ulang dan concentrated cleansing bars. Produk yang tersedia dalam bentuk isi ulang di antaranya: (Crème de Corps, Amino Acid Shampoo, Ultra Facial Cream, Ultra Facial Oil Free Gel Cream. Tujuannya untuk mengurangi limbah dan dampak lingkungan secara alami dan menghemat 80% plastik daripada produk sekali pakai.

 

Such a good movement, Kiehl’s!