10 Brand Paling Viral di Kuartal Ketiga 2024! Ada Favoritmu?
Miu Miu menjadi brand paling viral di kuartal ketiga tahun 2024. Situs Lyst yang secara berkala merilis data pencarian brand para penggunanya, melaporkan bahwa jenama bentukan Miuccia Prada tersebut berhasil meraih kembali posisi teratas setelah di kuartal sebelumnya menjadi milik Loewe. Lyst sendiri menerapkan metode pengukuran dengan cara melihat dari aktivitas pencarian dan engagement di media sosial.
Keberhasilan Miu Miu seolah kian mengukuhkan dominasinya di industri mode. Baru-baru ini, Prada Group selaku pemilik Miu Miu, melaporkan bahwa brand tersebut mengalami kenaikan penjualan hingga 105 persen. Lantas apa sebenarnya yang memotori kesuksesan Miu Miu?
Dari segi estetis, dapat dikatakan Miu Miu merupakan trendsetter. Disaat brand lain terbawa arus tren quiet luxury, Miu Miu menampilkan gaya tennis core di runway lewat padanan polo shirt dan rok lipit pendek serta ballet flats. Di musim selanjutnya, Miu Miu menawarkan gaya preppy menjadi lebih sporty dan seksi lewat padanan blazer dengan swim trunk.
Busana yang dihadirkan Miu Miu sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Namun Miuccia Prada berhasil mengemasnya menjadi lebih fresh, kontemporer, dan energetic. Semisal di koleksi fall winter 2024, ia membuat setelan rok dengan jaket berpotongan crop dan pulasan warna neon. Very demure but very brat!
Miuccia juga membuat Miu Miu lebih inklusif. Kita mungkin menganggap bahwa Miu Miu memiliki citra yang lebih muda dibanding Prada. Namun Miuccia seolah menegaskan bahwa menjadi muda adalah tentang mindset. Selain merekrut model baru, ia juga sering menampilkan model senior di runway. Seperti Dr Qin Huilan, perempuan berusia 70 tahun yang merupakan seorang dokter asal China dan juga merupakan kolektor Prada dan Miu Miu, lalu aktris Hilary Swank dan bahkan aktor Willem Dafoe tampil menutup peragaan Miu Miu spring summer 2025.
Miuccia Prada pernah berujar bahwa perbedaan mendasar antara Prada dengan Miu Miu adalah aspirasional. “Prada menggambarkan diri saya sementara Miu Miu menjadi refleksi akan sosok yang saya dambakan,” terangnya.
Dominasi Miu Miu tentunya memicu iklim persaingan yang makin kompetitif. Dior bahkan sampai merekrut Benedetta Petruzzo, CEO Miu Miu untuk bergabung dengan timnya sebagai Managing Director. Tak hanya Dior, sembilan brand yang masuk daftar Lyst berikut juga siap untuk menyaingi Miu Miu. Berikut 10 brand paling viral di kuartal ketiga 2024 versi Lyst.
1. Miu Miu
Situs Lyst menilai ada tiga momen yang berkontribusi pada kepopuleran Miu Miu di kuartal ketiga 2024. Yakni, pembukaan pop up store Miu Miu Balmoral di Asia dan situsnya, lalu perilisan ad campaign yang dibintangi oleh Cara Delevingne, dan pembukaan pameran seni Miu Miu Women’s Tales di Venice.
2. Loewe
Turun ke posisi kedua, Loewe berhasil menarik atensi para pencinta mode lewat foto ad campaign yang dibintangi Greta Lee dan Daniel Craig.
3. Prada
Penunjukan Karina aespa berhasil membuat Prada bertahan di posisi tiga besar. Di kuartal ini, Prada juga kembali menunjukan eksistensinya di dunia film dan seni serta olahraga dengan berkolaborasi bersama sineas Miranda July dan acara berpartisipasi di lomba layar bergengsi America’s Cup.
4. Saint Laurent
Selebriti berkontribusi besar dalam kesuksesan Saint Laurent. Yakni lewat aksi Rose dan Bella Hadid yang tampil di foto ad campaign koleksi musim gugur 2024.
5. Alaïa
Alaïa menjadi brand yang paling menjadi sorotan selama kuartal ketiga 2024. Berhasil naik 12 peringkat ke posisi lima, Lyst mencatat terjadi kenaikan signifikan akan pencarian brand asal Prancis ini. Tak hanya sepatu flats dan tasnya yang semakin digandrungi, Alaia juga semakin eksis di red carpet.
6. Bottega Veneta
Pada kuartal ketiga 2024, Bottega Veneta turun peringkat enam. Namun bukan berarti jenama yang identik dengan detail anyaman ini kehilangan momentum. Salah dua momen viralnya adalah kehadiran selebriti di fashion show koleksi spring summer 2025 seperti Jacob Elordi, A$AP Rocky, Julianne Moore, dan I.N. Serta peluncuran koleksi parfum terbaru.
7. Jacquemus
Sebagai brand yang selalu memiliki ide unik dalam hal kampanye media sosial, tentunya Jacquemus berhasil masuk ke sepuluh besar. Perilisan kreasi terbaru dari kolaborasinya bersama Nike menjadi momen viral dari brand ini.
8. Gucci
Perlahan tapi pasti, Gucci mulai populer kembali semenjak disupervisi Sabato de Sarno. Pada kuartal ketiga ini, Gucci berhasil naik dua peringkat ke posisi delapan. Salah satu yang paling berkontribusi adalah dengan mendaulat Jin BTS sebagai brand ambassador terbarunya.
9. The Row
Selain Alaia, brand lain yang mengalami kenaikan signifikan adalah The Row. Berhasil naik 7 peringkat ke posisi sembilan, The Row membuktikan bahwa sekalipun tren quiet luxury mulai turun namun ia masih memiliki penggemar yang loyal. Brand bentukan si kembar Ashley dan Mary-Kate Olsen ini baru saja menerima suntikan investasi dana dari keluarga Wertheimer yang juga merupakan pemilik Chanel.
10. Valentino
It’s a new era for Valentino. Alessandro Michele selaku creative director akhirnya melakukan debut di Paris Fashion Week. Mantan desainer Gucci tersebut kembali menampilkan ciri khas gaya retro dan quirky dalam busana klasik khas Valentino.