Sedang Viral, Ini Alasan Mengapa Kita Terobsesi dengan Kompetisi Mirip Selebriti

Rayoga Akbar 20 Nov 2024

Semua berawal dari ratusan pamflet bergambar Timothée Chalamet yang bertebaran di sejumlah dinding bangunan di kota New York. Dan kemudian keriuhan terjadi pada sore 27 Oktober di mana ratusan orang memadati Washington Square Park untuk menonton kompetisi mirip Timothée Chalamet, banyak dari mereka bahkan datang dari tempat yang sangat jauh. Para kontestan menunjukan jiwa kompetitif mereka dengan berdandan ala Willy Wonka dan Paul Atreides (Dune) sementara para penonton bersorak memberi dukungan dan memutuskan pemenang, yang mana akan membawa pulang uang sebesar 50 dolar. Namun bintang utama dari kompetisi ini adalah sang aktor sendiri yang memberi kejutan datang menghadiri acara ini dan kalah dari pemuda 21 tahun bernama Miles Mitchell.

Ini bukan kali pertama masyarakat kota New York berkumpul dan menyaksikan kegiatan unik seperti ini. Anthony Po berhasil mengumpulkan 1,8 juta pengikut di Youtube berkat acara nyeleneh seperti ini—ia dijuluki “Cheeseball Man”, setelah memakan setoples Cheseball di lokasi yang sama sembari ditonton oleh ribuan orang. 

'..'

Kompetisi mirip yang diadakan setelah yang diadakan di New York adalah hasil organisir para penggemar dan tampaknya memang muncul begitu saja. Semakin banyaknya aktor yang punya wajah dengan “ketampanan yang tak biasa” semakin membuat tren ini viral tak terelakkan. Deretan kontes pencarian mereka yang mirip dengan para selebriti ini, muncul sekitar enam bulan usai internet terobsesi dengan tren “rat boyfriend” —istilah untuk pria menggemaskan yang mirip hewan pengerat, berbeda dengan Henry Cavill atau Brad Pitt yang menarik secara konvensional. Chalamet sendiri menjadi yang terdepan yang mengisi tren ini bersama para pemain film Challengers yakni Mike Faist dan Josh O'Connor.

Sementara itu, di dunia kecantikan, adanya tren kontes mirip selebriti ini membuat orang-orang mencoba mencari tahu siapa kembaran selebriti mereka. Konsepnya sederhana: merias wajah seperti kembaran selebriti dapat membantu Anda menemukan gaya dan teknik yang benar-benar cocok untuk Anda. Bahkan Po mengakui dalam sebuah video behind the scene bahwa ide di balik kontes mirip selebriti ini muncul karena ia kerap dijuluki sebagai “less-hot Timothée Chalamet”.

Namun, terlepas dari teori kecantikan, meme, dan penampilan yang tidak biasa, kontes-kontes ini pada akhirnya menjadi ajang yang ditujukan untuk menyenangkan para penggemar. Dan di era penuh gimik, konser dan acara fan meeting yang harga tiketnya bisa fantastis, kontes menjadi pembuktian akan kecintaan mereka kepada idola secara lebih tulus.

Sementara itu, Anthony Po sedang sibuk mempersiapkan kontes mirip selebriti lainnya. Kali ini sang Youtuber akan membuat kontes mirip Kai Nat.  

Artikel ini sudah tayang di Cosmopolitan India