Sambut Gaya dan Instagram Baru, Kenalan Dulu dengan NewJeans!
Cosmo babes, siapa yang tidak mengenal NewJeans? Grup K-pop generasi ke-4 yang paling terkenal saat ini telah berhasil membuat heboh para pecinta K-Pop sejak debutnya.
Mulai dari bakat dan energi muda yang mereka miliki, hingga konsep musik, art, dan fashion yang mengangkat tema segar Y2K di dunia K-Pop.
Who doesn’t love them? Makanya banyak sekali fans K-Pop secara umum yang sedih ketika NewJeans dikabarkan terlibat masalah belakangan bulan ini.
Nah, tapi setelah berbulan-bulan berselisih dengan pihak manajemennya, NewJeans akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kontraknya dengan ADOR, anak perusahaan HYBE.
Banyak penggemar yang senang karena akhirnya NewJeans dapat bebas berkarya sesuai dengan mimpi mereka, tetapi banyak juga yang khawatir akan nasib mereka ke depannya.
Kabar baik pun hadir ketika NewJeans telah mengumumkan bahwa mereka membuka akun Instagram baru dengan nama @jeanzforfree.
Eits, tapi sebelum kita sama-sama menyelami akun Instagram barunya, kenalan dulu dengan NewJeans, yuk!
1. Member dengan background yang beragam
NewJeans terdiri dari lima anggota yang penuh talenta loh, Cosmo babes. Dimulai dari anggota tertua yang lahir di tahun 2004, Minji, lalu Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein.
Uniknya lagi, girl group ini memiliki tiga kewarganegaraan yang berbeda loh. Minji, Hyein dan Haerin berasal dari Korea Selatan, Hanni memiliki darah Vietnam dan Australia, serta Danielle merupakan campuran Korea dan Australia.
Saking bertalentanya, para member NewJeans berkontribusi langsung secara individual maupun grup dalam berbagai aspek yakni membuat lagu, bernyanyi, rapping, menari, dan menciptakan visual.
2. Membawakan konsep Y2K yang fresh
Lahir di tahun 2000-an, anggota NewJeans dengan mudah merangkul era nostalgia dari masa kecil mereka. NewJeans dikenal dengan gaya Y2K baik dalam fashion, sinematografi, dan art visualnya, membedakannya dari citra girl group K-Pop biasanya.
Dengan konsep ini, NewJeans memprioritaskan musik mereka daripada gaya rambut yang penuh warna dan pakaian yang eksentrik dan unik. Mulai dari musik, konsep, gaya, dan promosi, semuanya tentang grup ini benar-benar dikurasi dengan hati-hati dengan terlihat natural, sederhana, tetapi tetap fresh.
NewJeans adalah versi ‘no makeup, makeup look’ dari K-Pop, yang mungkin menjadi alasan mengapa mereka bisa relate dengan sangat baik kepada target audiens internasional.
3. Makna di balik nama NewJeans yang unik
NewJeans debut pada 22 Juli 2022 dengan single ‘Attention’ yang dirilis tanpa adanya promosi sebelumnya. Namun, mereka langsung menjadi megahit instan dan terus mendominasi platform streaming musik bahkan setelah setahun.
Di balik kesuksesannya itu, NewJeans juga menonjol berkat namanya yang unik. Filosofi grup ini sederhana, yaitu menjadi seperti celana jeans yang dapat dikenakan orang setiap hari dan tidak pernah membosankan.
Selain memiliki arti tersebut, NewJeans juga memainkan istilah 'new genes', mengisyaratkan peran mereka dalam mengantarkan generasi baru K-Pop.
NewJeans juga sudah meresmikan nama fandom dan lightstick yang diumumkan tepat 100 hari setelah debut pertamanya! Identik dengan paras imut dan menggemaskan bak kelinci, NewJeans mengumumkan nama fandom resmi dengan sebutan ‘Bunnies’ dalam bahasa Inggris, dan ‘Tokki’ dalam bahasa Korea. Gemas sekali, bukan?
4. Lagu-lagu yang selalu populer berkat genre dan melodi yang easy listening
Lagu-lagu NewJeans tidak hanya digemari oleh fans K-Pop, tetapi juga seseorang yang tidak mendengarkan K-Pop sama sekali! Apakah kamu adalah salah satunya, Cosmo babes?
NewJeans memiliki musik yang fresh, catchy, young, serta mudah sekali didengar. Coba, siapa sekarang yang belum pernah dengar ‘Hype Boy’, ‘OMG’, atau ‘Super Shy’?
Berbeda dengan grup K-Pop lainnya yang seringkali memasukkan unsur EDM ke dalam musiknya, NewJeans memiliki lagu-lagu pop dan R&B yang diproduksi dengan sangat menarik.
Melodinya penuh dengan synth retro dan mengingatkan akan musik di tahun 90-an. Their songs are just easy to listen to and will stay in your head all day!
Fakta menariknya, anggota NewJeans yang sangat muda tersebut juga turut berpartisipasi dalam produksi musik. Danielle ikut dalam penulisan lagu ‘Attention’ dan Hanni menulis untuk ‘Hype Boy’. Pernah dengar lagu ‘Ditto’? Minji juga turut berpartisipasi dalam penulisannya!
5. Koreografi dan musik video yang enerjik
Satu hal yang pasti kamu sadari ketika melihat koreografi NewJeans adalah tarian seperti satu geng remaja yang sedang bersenang-senang dan menari dengan natural.
Dari ‘OMG’ hingga ‘Super Shy’, koreografi mereka telah menjadi viral dan banyak muncul di media sosial untuk dijadikan dance challenge. Selain itu, music video mereka juga selalu ditunggu-tunggu para penggemarnya dengan segar dan unik, mulai dari menari di sekolah hingga bus.
6. Prestasi yang gemilang dari masa debut
Tidak hanya lagu-lagunya yang populer di seluruh dunia, NewJeans juga merupakan girl group dengan segudang prestasi.
NewJeans berhasil mencetak rekor sebagai grup perempuan kedua asal Korea setelah BLACKPINK yang punya #1 Billboard 200. Rekor gemilang dari NewJeans itu didapat atas keberhasilan album ‘Get Up’ yang berisikan single ‘Super Shy’ dan ‘Cool With You’, mengungguli album soundtrack ‘Barbie’ dengan selisih 500 unit.
Dalam waktu setahun saja, NewJeans telah mendapatkan popularitas yang luar biasa, mendominasi tangga lagu Billboard Hot 100, memenangkan hati para penggemar maupun non penggemar K-pop, memenangkan berbagai awards, dan menjadi brand ambassador dari brands ternama seperti Chanel, Dior, Gucci, Louis Vuitton, Burberry, Coca Cola dan Levi’s.
What’s more? Pada MAMA 2023, NewJeans juga berhasil meraih Artist of the Year, Song of the Year, Best Female Group, sampai Best Dance Performance Female Group!
Nah, setelah membaca fakta-fakta tentang NewJeans di atas, pasti akan semakin ada banyak Bunnies yang mendukung NewJeans.
Don’t forget to check out @jeanzforfree to get their updates~
(Fishya Elvin/Images: @HYBELABELS on Youtube, @newjeans_official on Instagram)