Fandom Juga Terjadi di Industri Fashion, Ini 5 Akun Penggemar Desainer Paling Populer

Redaksi 28 Apr 2023

Fandom tak hanya terjadi di dunia hiburan tapi juga industri fashion. Sekilas mengenai definisi ‘fandom’. Melansir dari laman Urban Dictionary, fandom diartikan sebagai sikap berlebihan dalam menyukai seorang selebriti, atau sederhananya sebagai komunitas penggemar. 

Perkembangan media sosial jadi alasan mengapa luxury brand kini juga memiliki fandom. Menariknya hampir sebagian besar komunitas ini tidak berafiliasi dengan brand bersangkutan. Mereka murni dibentuk oleh para penggemar atau pelanggan loyalnya. Meski begitu pada akhirnya beberapa komunitas ini pun mulai diakui keberadaanya hingga diajak berkolaborasi oleh brand bersangkutan. Biasanya dalam bentuk marketing campaign atau content production. 

Berikut sejumlah akun fandom para label fashion kenamaan. 


New Bottega

'..'

Akun @demnagram jadi satu dari sedikit akun fandom yang akhirnya berafiliasi dengan brand bersangkutan. Per Maret 2022, akun yang dibuat Saba Bakhia ini resmi digandeng oleh Balenciaga.

Jika diamati akun DemnaGram menjadi platform marketing dan komunikasi dari brand ini. Apalagi akun Instagram Balenciaga hanya berfokus mengunggah foto koleksi dan kampanye dan hampir tak pernah menuliskan caption serta kemudian menghapus seluruh kontennya secara tiba-tiba.

Menarikanya awal perkenalan Saba dengan Demna terjadi lewat Facebook dan jauh sebelum ia membuat akun ini. Dilansir dari laman Vice, pada tahun 2016 Saba menuliskan pesan “You are simply the best”. Dan kemudian ia pun mendapat balasan dari Demna sekaligus pesan yang inspiratif yakni “"Believe in yourself and follow your dreams, they will always bring you to good places."

 

Teks: Malcolm R, Foto cover: Juergen Teller for Celine