Deretan Label Fashion yang Punya Produk Kecantikan
Semakin masifnya perkembangan industri kecantikan turut membuat para label fashion untuk berekspansi. Meski beberapa juga sudah terlebih dahulu memiliki produk kecantikan. Umumnya ketika sebuah label fashion menjajal industri kecantikan, parfum menjadi produk pertama atau sebagai bentuk uji coba pasar.
Alasannya parfum terbilang mudah dipasarkan. Dalam hal konsep, brand dapat mengambil ilham dari ciri khas estetisnya. Apalagi jika brand bersangkutan sudah puluhan tahun eksis atau setidaknya memiliki karakteristik yang kuat.
Untuk langsung meluncurkan produk makeup terbilang cukup riskan. Mengingat makeup memerlukan skala produksi yang lebih masif begitu juga dalam hal pemasaran. Brand perlu jeli dalam menerjemahkan ciri khas sebagai label fashion menjadi sebuah produk kecantikan yang tak hanya merefleksikan karakter mereka tapi juga berkualitas, inovatif, dan punya value lain. Dalam hal ini bisa menyangkut aspek sustainability dan diversity.
Lantas siapa saja label fashion yang sudah berekspansi ke industri kecantikan? Berikut hasil rangkuman Cosmo.
Chanel Beauty
Rumah mode Chanel pertama kali merilis parfum legendarisnya No.5 pada tahun 1921. Selanjutnya pada tahun 1924, sang pendiri Coco Chanel menawarkan koleksi makeup seperti bedak dan lipstik. Sekarang ini kamu sudah membeli produk kecantikan dan parfum Chanel secara online di situs resminya.
Dior Beauty
Melansir dari situs Women’s Wear Daily, Dior pertama kali merilis produk makeup pada tahun 1953. Yakni lipstik Rouge Dior yang terdiri dari delapan warna. Sebelumnya pada tahun 1947, Dior telah sukses lewat parfum perdananya yakni Miss Dior.
Pada tahun 2014, Dior mendaulat makeup artist kenamaan Peter Phillips untuk mengembangkan produk makeup sekaligus bertindak sebagai image director. Sementara itu untuk lini parfum Dior mempercayakannya kepada Francis Kurkdjian.
YSL Beauty
Tahukah kamu bahwa di antara sederet rumah mode legendaris asal Prancis, Yves Saint Laurent (YSL) menjadi salah satu yang terhitung “baru”?! Jika yang lain sudah eksis hampir atau lebih dari satu abad, rumah mode ini baru berdiri pada tahun 1962. Sebelumnya sang desainer sudah terlebih dahulu menarik atensi ketika didaulat menjadi creative director Dior setelah sang pendiri meninggal akibat serangan jantung.
Sama seperti rumah mode lain, YSL berekspansi dengan merilis parfum seri Y pada tahun 1964, lalu Saint Laurent Rive Gauche pada 1971, dan Opium pada tahun 1977.
Setahun setelah perilisan Opium barulah YSL merilis produk makeup berupa lipstik dalam warna merah menyala dan fuchsia.
Gucci Beauty
Gucci pertama kali merilis koleksi makeup pada tahun 2014 dan langsung menghadirkan tak kurang 200 produk. Pada tahun 2019, Gucci memutuskan untuk melakukan relaunched.
Kala itu di bawah supervisi Alessandro Michele yang masih menjabat sebagai creative director, Gucci Beauty mulai memiliki karakter yang khas. Tak jauh berbeda dengan karya sang desainer yang penuh warna dan bernuansa retro chic.
Prada Beauty
Prada menjadi salah satu pemain baru di industri makeup. Rumah mode asal Italia ini merilis produk makeup pertamanya pada Agustus 2023. Sebelumnya Prada memang lebih berfokus pada kreasi parfum.
Tampil sebagai wajah dari produk kecantikannya adalah aktris Emma Watson. Dalam pengembangan produk kecantikannya, Prada menerapkan konsep sustainable di mana kemasannya refillable.
Armani Beauty
Desainer Giorgio Armani pertama kali mendirikan lini kecantikannya, Armani Beauty pada tahun 2000. Citra elegan glamor dari karya Armani di runway terlihat pada konsep produk makeup sang desainer. Pada tahun 2023, Armani Beauty menunjuk Sydney Sweeney sebagai brand ambassador terbarunya.
Tom Ford Beauty
Berbeda dengan label fashion lain, Tom Ford justru mengawali bisnisnya dengan merilis produk kecantikan terlebih dahulu. Tepatnya pada tahun 2006, dua tahun sesudah ia mundur sebagai creative director Gucci.
Setelah sukses dengan parfum dan makeup, baru pada tahun 2010 Tom Ford kembali merilis koleksi busana perempuan. Tahun lalu ia mengumumkan keputusan mengejutkan dengan memilih pensiun dari label pribadinya. Ia menjual bisnis kecantikannya kepada Estée Lauder, yang juga merupakan rekanan bisnisnya. Sementara bisnis modenya kini ditangani oleh Zegna Group.
Celine Beauté
Celine segera merilis produk lini kecantikannya, Celine Beauté. Jenama ini pertama kali merilis teaser dari produknya pada video presentasi koleksi busana fall/winter 2024. Pada video tersebut model memakai lipstik seri La Peau Nue yang akan baru diluncurkan tahun 2025.
Namun tak perlu menunggu lama untuk mencoba makeup dari jenama ini. Karena Celine akan merilis produk pertamanya yakni lipstik Rouge Triomphe pada musim gugur tahun ini.
Rabanne Beauty
Selain Prada dan Celine, pemain baru di ranah makeup adalah Rabanne. Sebelumnya kamu mungkin lebih familier dengan Paco Rabanne, yup jenama ini resmi mengganti namanya menjadi Rabanne saja.
Bekerja sama dengan makeup artist kenamaan Diane Kendall, Rabanne Beauty merilis produk makeup pertamanya pada tahun 2023 lalu. Warna cerah dengan kemasan yang bergaya quirky dan glamor menjadi ciri khasnya.
Givenchy Beauty
Tak hanya parfum, Givenchy juga punya produk makeup. Joshua SEVENTEEN bahkan menjadi brand ambassador. Rumah mode legendaris ini mulai menjajal industri kecantikan sejak tahun 1989.
Burberry Beauty
Produk makeup Burberry memang masih terbilang underrated. Padahal jenama asal Inggris ini sebenarnya sudah memiliki lini kecantikan sejak tahun 2010. Awalnya bekerja sama dengan Inter Parfums, tiga tahun setelah rilis Burberry memutuskan untuk mengembangkan lini kecantikannya secara mandiri.
Namun pada tahun 2017, Burberry resmi menjalin kerja sama dengan Coty, salah satu perusahaan dan manufaktur kecantikan terbesar, untuk mengembangkan kembali lini ini. Tentunya motif check ikonis Burberry turut tampil pada kemasan dan sejumlah produknya.
Dolce & Gabbana Beauty
Dolce & Gabbana siap untuk mengembangkan lini kecantikannya. Setelah sebelumnya bekerja sama dengan Shiseido sejak 2016, pada tahun 2022 label Italia ini memutuskan untuk menjalankan bisnis lini kecantikannya secara independen.