Simak! Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menerima Tawaran Kerja

Ellena Azisia 13 Jun 2024

Bekerja menjadi suatu kewajiban bagi orang dewasa. Ada beberapa orang yang bekerja karena hanya untuk mencari uang semata. Namun, ada pula yang bekerja hanya sekadar mencari aktualisasi diri. Apa pun alasannya, sah-sah saja. Jika kamu sudah memasuki usia bekerja dan sedang mencari kerja, tentu kamu akan memilih mana pekerjaan yang cocok dengan kemampuanmu, kan? Selain itu, ada hal lain yang kerap menjadi patokan seseorang ketika mencari pekerjaan yaitu, gaji. Yes, we need money!

Ok, daripada berlama-lama, Cosmo sudah merangkum berbagai hal yang perlu kamu perhatikan ketika menerima tawaran kerja. Bagi para job seeker, keep scrolling this article, babes!

1. Cari tahu mengenai fasilitas kantor serta hak yang karyawan yang kamu terima selama bekerja

Ketika kamu bekerja di suatu perusahaan, perusahaan tersebut wajib memberi fasilitas seperti asuransi kesehatan, cuti, atau tunjangan-tunjangan lain yang disesuaikan dengan kebijakan kantor. So, sebelum kamu menerima pekerjaan, kamu wajib tanyakan apa saja fasilitas yang akan kamu dapatkan selama bekerja.

2. Gaji yang sesuai dengan scope of work

Ketahui apa saja pekerjaan yang akan kamu kerjakan di kantor baru. Jika kamu melihat angka yang besar, pastikan terlebih dahulu apakah angka tersebut cocok dengan apa saja yang akan kamu kerjakan, atau kurang. Karena, angka yang tinggi belum tentu pas dengan pekerjaan yang kamu lakukan di kantor.

3. Perhatikan kontrak kerja

Terkadang, surat kontrak kerja yang terlalu panjang membuat kamu malas untuk membacanya. Tapi, kamu wajib membaca kontrak kerja tersebut. Yup, ini untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan. Bacalah dengan cermat, dan jangan terburu-buru untuk menandatangani kontrak.

4. Cari tahu tentang lingkungan kerja

Environment kerja sangat menentukan apakah kamu akan betah di tempat kerjamu atau tidak. Jika gaji besar dan pekerjaan cocok dengan passion namun lingkungan kerja tak sehat, maka Cosmo rasa kamu belum tentu bisa bertahan lama di kantor tersebut.

5. Ketahui job description-mu

Ketika sedang interview dengan HR atau user, kamu perlu tanyakan apa saja job description-mu. Dengan mengetahui hal tersebut di awal, kamu bisa menentukan apakah pekerjaan-pekerjaan tersebut sesuai dengan skill dan passion yang kamu kuasai, atau tidak.