Exclusive: ENHYPEN Membahas Lebih Dalam soal Mini Album 'DARK BLOOD', Teamwork & Cinta untuk Fans Indonesia
Semenjak memulai debut di tahun 2020 silam, ENHYPEN telah mencatat begitu banyak prestasi yang membanggakan. Kalian mungkin telah hafal dengan lagu hits mereka yang begitu mendunia seperti 'Polaroid Love' dan 'Fever' yang bahkan masih kerap muncul di sejumlah platform media sosial (terutama Tiktok!) hingga saat ini. Atau bagaimana ENHYPEN yang selalu menjadi trending topic tersendiri setiap merilis sebuah karya dan hadir sejumlah acara tertentu.
Namun grup besutan BELIFT LAB tersebut tidak hanya sekadar memiliki lagu hits semata, mereka jelas punya semua faktor yang membuatnya layak menjadi salah satu grup K-Pop paling dinantikan saat ini: para personilnya yang karismatik, penampilan sinkron dan matang di atas panggung, konsep comeback yang artistik juga selalu terasa baru. Jangan lupakan pula tentang teamwork yang kuat serta semangat atas masa muda yang memberikan kekuatan tersendiri bagi para pendengarnya.
Kini di tiga tahun karier yang mereka tapaki, JUNGWON, HEESEUNG, JAY, JAKE, SUNGHOON, SUNOO and NI-KI perlahan tapi pasti berhasil membawa ENHYPEN menjadi grup K-Pop generasi ke-empat yang paling populer dan diminati. Terbukti dari mini album ke-empat sekaligus terbaru mereka yang berjudul 'DARK BLOOD' sukses terjual hingga 1,3 juta copy dalam seminggu sejak dirilis! Grup million-seller ini juga berhasil duduk di posisi ke-4 dalam chart Billboard 200 dan kesuksesan lainnya dalam bentuk tur dunia perdana mereka 'MANIFESTO' yang memiliki 22 pertunjukan di 12 kota. Seakan tak ada habisnya, para pelantun Bite Me tersebut juga kembali memberi alasan bahwa mereka adalah salah satu masa depan K-Pop dengan terpilih sebagai brand ambassador terbaru untuk label fashion Prada berkat gaya distingtif dari masing-masing personilnya.
Di tengah persiapan untuk tur dunia kedua mereka ENHYPEN WORLD TOUR 'FATE' di akhir Juli mendatang, guess what?! Cosmo berkesempatan untuk melakukan e-mail interview bersama ENHYPEN tentang album baru mereka 'DARK BLOOD', apa yang menjadi kekuatan terbesar dari grup ini, sedikit bocoran tentang apa yang akan mereka hadirkan di tur 'FATE', hingga pesan terhadap para ENGENE di Indonesia.
Waktunya mengenal lebih dalam lagi tentang ENHYPEN melalui interview berikut ini serta mari sedikit berharap bahwa mungkin... kita akan segera bertemu dengan mereka! #fingerscrossed
SCROLL DOWN FOR ENGLISH TRANSLATION
Setiap comeback ENHYPEN pasti membawa sesuatu yang baru dan berbeda dari sebelumnya. Seperti pada mini album DARK BLOOD, kalian kembali dengan vibes yang lebih seksi dan dark. Bagaimana cara kalian beradaptasi dengan setiap konsep comeback yang ada serta apa tantangan terbesar saat mempersiapkan album ini?
JAY: Sebenarnya saya tidak menemui kesulitan yang cukup berarti dalam album ini. Saya memiliki mindset untuk menjadi sosok yang baru dan lebih baik lagi setiap kali kami berada di atas panggung, jadi ketika masuk ke dalam sebuah konsep baru itu bukan menjadi hal terlalu yang sulit bagi saya.

Cosmopolitan begitu excited dengan lead single 'Bite Me'. Dan baru-baru ini kalian ikut merilis MV 'Sacrifice (Eat Me Up)' yang memiliki nuansa berbeda dari 'Bite Me'. Bagi ENHYPEN apa yang paling membedakan dua lagu ini?
NI-KI: Musik dan video yang menyertai untuk lagu 'Bite Me' terbilang begitu konseptual dan dipersiapkan dengan sangat matang agar bisa menyampaikan sisi gelap dan keseluruhan pesan di balik album DARK BLOOD. Di sisi lain, 'Sacrifice (Eat Me Up)' akan mengingatkan pendengar pada lagu 'FEVER' serta merefleksikan sisi versatile dan kontras yang tidak Anda lihat di 'Bite Me'.
Dengan kesuksesan mini album yang telah terjual bahkan 1,3 juta kopi di minggu pertama sejak perilisan, kalian menjadi salah satu 4th gen K-Pop idol yang paling dinantikan saat ini. Apakah ini membuat kalian merasa terbebani atau sebaliknya justru kalian semakin bersemangat menyambut hal tersebut?
HEESEUNG: Pertama dan yang terpenting, saya begitu bersyukur dengan segala cinta dan dukungan yang ENHYPEN terima sejak awal perjalanan karier kami. Saya ikut bersemangat untuk menantikan apa yang akan kami bawa di masa depan. Ini membuat saya bertekad untuk selalu berusaha menciptakan musik yang mampu menyebarkan dan terus memberikan energi positif kepada para pendengar secara lebih luas lagi.

Jika membahas tentang ENHYPEN, menurut kalian apa kekuatan terbesar dari grup ini?
SUNOO: Kekuatan terbesar ENHYPEN, saya pikir adalah setiap member memiliki karakter dan pesonanya tersendiri yang distingtif. Dan saat semua kepribadian tersebut berkumpul di atas panggung, penampilan kami menjadi begitu bersinar. Jangan lupakan juga soal visual kami :)
Para member ENHYPEN memiliki kepribadian dan usia yang berbeda-beda, bagaimana cara ENHYPEN menyatukan filosofi sebagai sebuah grup? Serta seperti apa cara kalian menjaga keakraban satu sama lain?
SUNGHOON: Kami adalah teman dekat dan menganggap diri kami sebagai sebuah keluarga. Prinsip inilah yang membuat kami saling mengerti satu sama lain. Karena itu kami mencoba melakukan yang terbaik untuk tetap saling menghargai ruang pribadi masing-masing saat dibutuhkan. Pertimbangan serta rasa kepedulian tersebutlah yang membuat teamwork kami menjadi lebih kuat.

Congratulations, kalian baru saja terpilih sebagai brand ambassador terbaru dari Prada. Bisakah ENHYPEN mendeskripsikan style kalian masing-masing?
JUNGWON: Terima kasih banyak! Style saya tidak banyak berubah sejak debut. Outfit ENHYPEN di atas panggung terbilang cukup rumit, jadi sehari-hari saya lebih memilih tampilan yang basic dan rileks. Pakaian dengan style oversized selalu menjadi pilihan utama saya.
HEESEUNG: Saya senang mencari serta mencoba pakaian yang unik dan cool di luar sana. Menghadiri fashion show Prada di bulan Januari silam merupakan pengalaman yang menginspirasi gaya fashion saya. Saya tertarik pada gaya yang dipengaruhi oleh unsur rock seperti funk, grunge dan gaya kasual Amerika.
JAY: Akhir-akhir ini saya sangat jatuh cinta dengan rock dan sebisa mungkin untuk menerapkannya pada pilihan fashion saya.
JAKE: Well... selera busana dan style saya mengalami perubahan dari waktu ke waktu, tapi untuk sekarang saya pikir lebih menyukai gaya formal.
SUNGHOON: Saya senang mencoba berbagai gaya yang berbeda tetapi saya mencoba untuk berpakaian sesuai dengan waktu, tempat, dan acara yang akan dituju.
SUNOO: Saya biasanya menyukai gaya kasual dan nyaman dengan tambahan detail tertentu atau dua hal yang bisa menjadi highlight dari keseluruhan busana yang saya gunakan.
NI-KI: Saya suka mencoba gaya baru dan pakaian yang berbeda kapan pun saya bisa. Tetapi saya sangat menyukai pakaian Prada yang kami kenakan untuk pemotretan kami dan show Prada di Milan Fashion Week tahun ini. Hal tersebut sungguh meningkatkan kepercayaan diri saya!

Kami juga begitu semangat menyambut second world tour ENHYPEN 'FATE' di bulan Juli mendatang. Apa hal yang bisa kita nantikan dari ENHYPEN di tur ini? Serta apa saja persiapan yang kalian lakukan demi tur ini?
JAKE: Kami begitu bekerja keras untuk mempersiapkan tur ini, terutama dengan jadwal yang cukup padat pulang-pergi untuk konser dome di Jepang dan debut stadium pertama di Amerika. Kami sungguh bahagia dan bersemangat bisa terhubung dengan lebih banyak ENGENE kali ini, serta bisa menciptakan pengalaman yang luar biasa dari tur dunia kami sebelumnya. Mengetahui para penggemar begitu menantikan ENHYPEN, kami semua bekerja keras untuk memberikan pertunjukkan terbaik bagi mereka.

Memulai debut di tahun 2020 silam, hal apa yang menurut kalian paling berkembang dari ENHYPEN sebagai sebuah grup?
JUNGWON: Kami sungguh sudah banyak berubah dari segi perfomance. Jika melihat kembali awal mula karier kami, saya dapat melihat betapa besar perkembangan dari penampilan kami di atas panggung. Gerakan kami di atas panggung menjadi lebih beragam dan alami, hal tersebut memungkinkan kami untuk menikmati waktu di atas panggung secara utuh dan terhubung dengan penonton kami.

Cosmopolitan telah mengikuti ENHYPEN sejak debut. Ada banyak konsep yang telah kalian coba. Namun apa konsep yang ingin kalian coba di masa depan serta apa konsep comeback favorit kalian sejauh ini?
JUNGWON: Konsep favorit saya adalah “Blessed-Cursed” karena saya rasa vibes Y2K yang ada di lagu ini sungguh melengkapi gaya kami. Saya ingin mencoba konsep high-teen di masa depan.
JAY: Saya adalah penggemar berat rock, jadi saya sungguh menyukai konsep lagu “Blessed-Cursed” kami.
JAKE: Sebagai sebuah grup ENHYPEN telah mencoba begitu banyak konsep dan gaya dan saya rasa kami tidak akan berhenti untuk mencoba konsep baru.
SUNGHOON: Saya ingin mencoba sesuatu dengan sentuhan retro seperti lagu “Dynamite” milik BTS.
NI-KI: Saya sangat menyukai konsep lagu “Bite Me” kami karena saya percaya bahwa konsep tersebut sungguh cocok dengan ENHYPEN dan kami bisa menampilkannya dengan baik. Saya bertekad untuk mengeksplor lebih jauh dan memikirkan apa yang akan membuat ENHYPEN semakin serta menunjukkan banyak sisi baru kami kepada ENGENE.

Terakhir, adakah pesan yang ingin kalian sampaikan kepada para ENGENE di Indonesia yang selalu mendukung dan menantikan kehadiran ENHYPEN di sini?
JUNGWON: Kami berjanji akan segera mengunjungi para ENGENE di seluruh dunia, jadi mohon bersabar dan nantikan kehadiran kami. Terima kasih banyak atas cinta dan dukungan yang tiada henti dari Indonesia.
HEESEUNG: Sungguh disayangkan kami belum berkesempatan untuk mengunjungi Indonesia, tetapi kami sangat menyadari ada begitu banyak ENGENEs di sana. Kami benar-benar ingin segera berkunjung ke sana dan bersenang-senang bersama kalian di konser.
JAKE: Hello untuk ENGENEs Indonesia!!! Saya tahu ada begitu banyak fans yang menantikan kami dan saya ingin berkata, ENHYPEN akan segera.... datang :)
SUNOO: Untuk seluruh ENGENE di Indonesia, kami bisa merasakan cinta dan dukungan kalian untuk kami bahkan meski dari kejauhan. Kami menantikan hari di mana kita semua bisa bertemu satu sama lain. Kami sangat menhargai dukungan kalian yang tiada henti dan akan bekerja keras untuk membalas cinta tersebut.
NI-KI: Dengan kondisi yang perlahan mulai pulih dari pandemi dan kesempatan yang lebih besar untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, mohon jangan bersedih. Kami akan berusaha untuk bisa mengunjungi kalian dan bisa segera bertemu satu sama lain.
ENGLISH TRANSLATION
Since making their debut in 2020, ENHYPEN has achieved numerous remarkable accomplishments. You may already be familiar with their globally popular hit songs like "Polaroid Love" and "Fever," which continue to be widely shared on various social media platforms (especially TikTok!) even to this day. Or how about ENHYPEN always being a trending topic whenever they release new music or appear on some shows.
However, the group produced by BELIFT LAB is not just about having hit songs; they clearly possess all the factors that make them worthy of being one of the most anticipated K-pop groups today: their charismatic members, synchronized and mature performances on stage, and artistically refreshing comeback concepts. Never forget about their strong teamwork and the youthful spirit that gives strength to their listeners.
Now, in their three-year career journey, JUNGWON, HEESEUNG, JAY, JAKE, SUNGHOON, SUNOO, and NI-KI have successfully made ENHYPEN the most popular fourth-generation K-pop group. Their fourth and latest mini album, DARK BLOOD, has achieved tremendous success by selling 1.3 million copies within just the first week of release! This million-seller group also achieved an impressive position of number four on the Billboard 200 chart. They have also experienced success through their debut world tour, 'MANIFESTO,' which consisted of 22 shows across 12 cities. he singers of "Bite Me" have once again proven themselves as the future of K-pop by being chosen as the latest brand ambassadors for the fashion label Prada, thanks to the distinctive style of each member!
In the middle of their preparations for their second world tour ENHYPEN WORLD TOUR 'FATE,' which is set to take place at the end of July 2023, guess what?! Cosmo had the opportunity to interview ENHYPEN by email about their new album 'DARK BLOOD', their greatest strengths as a group, a little sneak peek into what they will bring to their upcoming world tour, and a special message for their fans, ENGENE in Indonesia.
Scroll down to get to know more about ENHYPEN through the following interview and let's hope we can meet them soon! #fingerscrossed
Every ENHYPEN comeback brings something new and different from before. Like in the mini album ‘DARK BLOOD’, you are back with something sexier and darker vibes. How did you adjust to each existing comeback concept and what were the biggest challenges in preparing this album?
JAY: There weren’t a lot of difficulties in immersing myself in this album. I have the mindset to be a new, better version of myself every time we go up on stage, so putting myself into the concepts has never been too hard for me.

Cosmopolitan is so excited about the lead single ‘Bite Me’. And recently ENHYPEN just released the MV ‘Sacrifice (Eat Me Up)’ which has different vibes from ‘Bite Me’. For ENHYPEN, what is most different about these two songs?
NI-KI: The music and the accompanying video for “Bite Me” are quite conceptual and well made to portray the dark charms and overall message behind DARK BLOOD. On the other hand, “Sacrifice (Eat Me Up)” is reminiscent of “FEVER” and reflects our versatility revealing a contrasting side to us that you don’t see in “Bite Me”.

With the success of the mini album ‘DARK BLOOD’ which has sold even 1.3 M copies in the first week, you are one of the most anticipated 4th gen K-Pop idols at this time. Does this make you feel burdened or it just makes you more enthusiastic about the future?
HEESEUNG: First and foremost, I’m grateful for all the love and support ENHYPEN have received ever since the very beginning of our journey and excited to see what’s in store for us in the future. I’m determined to strive to create music that resonates with and delivers positive energy to an even wider audience.
When it comes to ENHYPEN, what do you think is the greatest strength of this group?
SUNOO: ENHYPEN’s greatest strength, I think, is that each member has his own distinctive character and charm. And when all our individualities come together on stage, our performances truly shine. Let’s not forget about all our visuals :)

ENHYPEN members have different personalities and ages, how does ENHYPEN unify the philosophy as a group? And how do you maintain relationships and connections with each other?
SUNGHOON: We’re close friends and consider ourselves as a family, so we have a solid mutual understanding of one another. With that said, we do our best to respect each other’s spaces when needed, and that consideration and care are what make our team work stronger.

Congratulations, you have just been selected as the newest brand ambassador for Prada. Can ENHYPEN describe each of your styles?
JUNGWON: Thank you so much! My style hasn’t changed much since our debut. Our outfits on stage tend to be very elaborate, so I prefer more basic and relaxed looks in my daily life. Oversized clothes have also always been a staple for me.
HEESEUNG: I love discovering and trying the endless array of unique and cool clothes out there. Attending the Prada fashion show in January was a particularly inspiring experience.
JAY: Lately, I’m deeply in love with rock, and that has extended into my fashion choices as well. I’m drawn to styles that are heavily influenced by rock, such as funk, grunge, and American casual.
JAKE: Well.. my taste in clothes and style changes from time to time, but as of now, I think I’m really into formal styles.
SUNGHOON: I like exploring different styles, but I’m drawn to dress myself based on TPO.
SUNOO: I usually like casual, comfortable styles with a particular detail or two that highlight the overall look.
NI-KI: I’m fond of trying out new styles and different pieces of clothing whenever I can, but I really loved the Prada garments we wore for our photoshoots and the Prada show at Milan Fashion Week this year. They truly boosted my confidence!

We are also very excited to welcome ENHYPEN’s second world tour ‘FATE’ this July. What can we look forward to from ENHYPEN on this tour? And what preparations did you make for this tour?
JAKE: We’re preparing really hard for this tour, especially with back-to-back dome concerts in Japan and our first stadium debut in the U.S. We’re so thrilled to connect with even more ENGENEs this time around, building on the amazing experiences we had during our last world tour. Knowing that many fans are waiting for us, we’re all working hard to put on a good show for them.
Having debuted back in 2020, what do you think ENHYPEN has improved the most as a group?
JUNGWON: We’ve definitely come a long way in terms of our performance. Looking back to early on in our career, I can see how much our stage presence has evolved. Our gestures on stage have become more diverse and natural, allowing us to fully enjoy the stage and connect with our audience.

Cosmopolitan has been following ENHYPEN since its debut. There are many concepts that you guys have tried. What kind of concepts do you want to try in the future and what is your favorite comeback concept so far?
JUNGWON: My personal favorite is “Blessed-Cursed” because I think the Y2K vibes in this song truly complement our style. I would love to try a high-teen concept in the future.
JAY: I’m a huge fan of rock, so I really enjoyed our concept for “Blessed-Cursed.”
JAKE: ENHYPEN as a group has tried so many different concepts and styles, and I don’t think we’re going to stop exploring new concepts.
SUNGHOON: I’d love to try our hand at something with a retro feel like BTS’ “Dynamite.”
NI-KI: I like our concept for “Bite Me” most because I personally believe that it’s a concept that’s a perfect fit for ENHYPEN and meant for us to pull off. I’m determined to explore further and think about what makes ENHYPEN unique to show ENGENEs many new sides to us.

Finally, is there a message you would like to share with Indonesian ENGENEs who always support ENHYPEN?
JUNGWON: We promise that we will soon visit ENGENEs in all corners of the world, so please hang in there. Thank you so much for your never-ending love and support from Indonesia.
HEESEUNG: It’s a bummer we haven’t visited Indonesia yet, but we’re well aware that there are so many ENGENEs there. We’d absolutely love to visit soon and have an incredible time together in concert.
JAKE: Hello to all our Indonesian ENGENEs!!! I know there are a lot of fans waiting for us and I just wanna say, ENHYPEN is coming… soon :)
SUNOO: To all our ENGENEs in Indonesia, we feel your love and support even from a distance. We’re looking forward to the day when we can finally meet in person. We would be so appreciative of your continued support and we’ll do our part to reciprocate the love.
NI-KI: As we are slowly recovering from the pandemic and expanding our travels abroad, please don’t be sad. We promise to make every effort to visit you in person soon.
Check-out the latest official MV 'Sacrifice (Eat Me Up)' by ENHYPEN: