5 Alasan NewJeans Berhasil Menjadi K-Pop Group Terpopuler Dalam Waktu Singkat

Nina Natasya 03 Aug 2023

Cosmo rasa hanya sedikit saja dari kamu yang belum kenal dengan NewJeans. Yup, K-pop group yang terdiri dari Minji, Hanni, Haerin, Danielle dan Hyein ini tengah menjadi sensasi global. Apalagi, mereka baru saja mengeluarkan EP keduanya “Get Up” yang langsung viral berkat lagu-lagu catchy terbarunya seperti “Super Shy” atau “Cool With You”.

Didirikan oleh ADOR, sub-label HYBE, NewJeans memasuki dunia musik pada 22 Juli 2022, dengan pendekatan unik - merilis video musik tanpa promosi sebelumnya. Lagu-lagu mereka seperti “Attention”, “Hype Boy”, “dan Cookie” menjadi megahit instan dan terus mendominasi platform streaming musik bahkan setelah setahun. Filosofi grup ini sederhana - menjadi seperti celana jeans yang dapat dikenakan orang setiap hari dan tidak pernah bosan. Selain memiliki arti tersebut, NewJeans juga memainkan istilah 'New genes', mengisyaratkan peran mereka dalam mengantarkan generasi baru K-pop.

Dalam waktu setahun saja, K-pop group ini telah mendapatkan popularitas yang luar biasa, mendominasi tangga lagu Billboard Hot 100, memenangkan hati para penggemar maupun non penggemar K-pop, memenangkan berbagai awards, dan menjadi brand ambassador dari brands ternama seperti Chanel, Dior, Gucci, Louis Vuitton, Burberry, Coca Cola dan Levi’s. 

Jadi, mengapa NewJeans berhasil menjadi populer secara global hanya dalam waktu yang singkat? Simak alasannya!

 

1. Bernaung di bawah HYBE Labels dan didebutkan oleh Min Hee Jin

NewJeans didebutkan oleh ADOR (All Doors One Room), sub-label dari HYBE yang telah berhasil mempopulerkan BTS, Seventeen, TXT dan lain-lainnya. Selain itu, Min Hee-Jin berperan besar dalam kesuksesan NewJeans sebagai K-pop group. Siapakah dia?

Min Hee-Jin adalah Chief Brand Officer (CBO) HYBE dan CEO dari ADOR. Sebelumnya, Ia bekerja di SM Entertainment sebagai creative director dan menjadi otak kreatif di balik konsep album dan visual berbagai K-pop group ternama seperti Girls’ Generation, EXO, SHINee, Red Velvet dan F(x). Dengan seluruh pengalamannya, Ia terjun langsung mengarahkan visual, art, dan konsep dari NewJeans dan berhasil memberikan sesuatu yang orisinil dan berbeda!

 

2. Mendobrak Stereotip K-Pop Girl Group dengan Konsep Y2K yang Fresh 

'..'

Lahir di tahun 2000-an, anggota NewJeans dengan mudah merangkul era nostalgia dari masa kecil mereka. NewJeans dikenal dengan gaya Y2K baik dalam fashion, sinematografi dan art visualnya, membedakannya dari citra K-pop girl group yang normatif. Konsep keseluruhan mereka bertentangan dengan citra K-pop konvensional, memilih representasi yang sederhana namun menawan. Dengan melakukan itu, mereka memprioritaskan musik mereka daripada gaya rambut yang penuh warna dan pakaian yang eksentrik dan unik.

Mulai dari musik, konsep, gaya, dan promosi, semuanya tentang grup ini benar-benar dikurasi dengan hati-hati dengan terlihat natural dan fresh. NewJeans adalah versi "no makeup, makeup look" dari K-pop, yang mungkin menjadi alasan mengapa mereka bisa relate dengan target audience internasional dengan sangat baik.

 

3. Lagu yang Easy-Listening bahkan Untuk Non K-Pop Listeners

Lebih dari sekadar ‘packaging’, NewJeans memiliki musik yang fresh, ear-catchy, young, serta mudah sekali didengar bahkan untuk K-Pop virgin sekalipun. Dari “Ditto”, “OMG” hingga lagu-lagu terbarunya yaitu “Cool With You”, “Super Shy” dan “ETA” berhasil memberikan good feeling saat sedang mendengarnya.

Berbeda dengan K-Pop group lainnya yang seringkali memasukan unsur EDM ke dalam musiknya, NewJeans memiliki lagu-lagu pop dan R&B yang diproduksi dengan murni dan sangat menarik, penuh dengan synth retro dan mengingatkan akan musik di tahun 90-an. Their songs are just easy to listen to and will stay in your head all day!

 

4. Members dengan Background Beragam dan Turut Terlibat

NewJeans terdiri dari lima member yang penuh talenta, memiliki visual merata, serta background yang beragam. Minji, Hyein dan Haerin berasal dari Korea Selatan, Hanni memiliki darah Vietnam dan Australia, serta Danielle merupakan campuran Korea dan Australia. Para member NewJeans berkontribusi langsung secara individual maupun grup dalam berbagai aspek yakni membuat lagu, bernyanyi, rapping, menari, dan menciptakan visual.

 

5. Koreografi dan Musik Video yang Muda dan Enerjik

NewJeans juga dikenal dengan koreografi dance yang unik, muda, fresh dan enerjik. Langkah tarian mereka sederhana, terlihat seperti sekawanan remaja yang sedang bersenang-senang dan menari dengan natural. Dari “OMG” hingga “Super Shy”, koreografi tarian mereka bahkan telah menjadi viral dan banyak muncul di media sosial untuk dijadikan dance challenge. 

Selain itu, musik video mereka juga selalu ditunggu-tunggu para penggemarnya. Konsep musik video mereka selalu segar dan unik, mulai dari menari di sekolah, bus, hingga yang terbaru ialah “Cool With You” yang menampilkan aktris “Squid Game” Jung Ho-yeon dan aktor terkenal Hong Kong, Tony Leung.

NewJeans tidak hanya sekadar K-Pop group baru yang patut diperhitungkan, mereka telah berhasil memberikan arah baru dan angin segar di dunia musik. They’re really the new generation of pop music!