Cara Mengembangkan Diri di Lingkungan Kerja
Memperoleh pekerjaan dan menjalani hari-hari baru di lingkungan kerja menjadi hal yang diimpikan hampir sebagian besar orang.
Terlebih, jika pekerjaan tersebut sesuai dengan hobi atau passion. Namun, ada kalanya bagi orang yang sudah bekerja cukup lama, mereka bisa merasa stuck di situasi yang sama, atau sulit untuk keluar dari zona nyaman.
Oleh karena itu, mengembangkan diri di lingkungan kerja penting untuk dilakukan agar kamu mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru, serta mendapatkan pengakuan atas kerja kerasmu selama ini.
Tidak perlu terburu-buru, kamu bisa mulai mengembangkan diri di lingkungan kerja secara perlahan-lahan, namun tetap konsisten, Dear~
Ini Cara Mengembangkan Diri di Lingkungan Kerja
Well, berikut ini Cosmo telah merangkum beberapa cara mengembangkan diri di lingkungan kerja. Let’s level up together, Babes!
Jangan Berhenti Belajar
Pertama-tama, jangan pernah berhenti belajar, bahkan di lingkungan kerja sekalipun.
Terbukalah untuk belajar secara berkelanjutan mengenai hal-hal yang sesuai dengan peran dan beban kerjamu. Di sisi lain, kamu juga bisa mempelajari skill baru yang masih relevan dengan tugasmu sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang baru atau membuat pekerjaan menjadi lebih optimal.
Evaluasi Feedback Atas Kinerjamu
Well, kita semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, tidak perlu khawatir karena mengakui kelemahan bisa membuatmu mengidentifikasi peluang untuk berkembang, terutama di lingkungan kerja, Babes.
Oleh karena itu, kamu bisa meminta feedback dari atasan mengenai kinerjamu dan melakukan evaluasi.
Kamu bisa mengetahui hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan, hal-hal apa saja yang sudah dilakukan dengan baik, atau hal-hal lain yang bisa membuat dirimu bisa lebih bereksplorasi dan melakukan pekerjaan lebih baik lagi.
Tentukan Prioritas dengan Tepat
Cosmo sangat mengerti bahwa pekerjaan setiap orang akan selalu menumpuk setiap harinya. Namun, agar tidak burnout, kamu perlu menentukan prioritas dengan tepat.
Buat jadwal mengenai tugas-tugas yang perlu diselesaikan beserta tenggat waktu agar kamu bisa menghindari risiko pekerjaan tertunda dan melewati deadline. Dengan menentukan prioritas dengan tepat, kamu bisa mengembangkan skill manajemen waktu dan mewujudkan sikap disiplin.
Adjusting Your Tech & Tools
Setiap hari kamu tentu akan berkutat dengan tools hingga teknologi untuk menyelesaikan pekerjaan. Mulai dari email, rekaman panggilan, spreadsheet, dan masih banyak lagi.
Well, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, kini sudah ada berbagai teknologi canggih yang dapat membantu pekerjaanmu.
Alih-alih berkutat pada tools dan teknologi yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba menyesuaikan kembali tools dan teknologi apa saja yang kamu butuhkan sekaligus bisa membantumu mempelajari hal baru dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik.
Ubah Mindset
Ambil langkah-langkah untuk menyesuaikan cara berpikirmu. Ketika kamu mengubah pola pikir, kamu mungkin menyadari bahwa kamu memiliki kendali lebih besar atas keadaan daripada yang diduga sebelumnya.
Mengetahui apa yang bisa dan tidak bisa kamu kendalikan dapat memberdayakanmu untuk meningkatkan kualitas hidup, termasuk di lingkungan kerja.