Beauty

Cara Memakai Ulang Sunscreen Setelah Menggunakan Makeup

  by: Fariza Rahmadinna       5/3/2020
  • Dear, kamu pasti sudah tahu betapa pentingnya memakai sunscreen setiap hari, termasuk ketika cuaca sedang berawan. Sunscreen penting untuk melindungi wajah dari sinar UV yang menjadi salah satu penyebab munculnya tanda-tanda penuaan seperti bintik-bintik hitam, kerutan dan garis-garis halus pada wajah. Namun, tahukah kamu kalau lapisan sunscreen pada wajah bisa saja hilang akibat terkena sentuhan tangan, keringat atau air? Akibatnya, sinar UVA dan UVB dapat dengan mudah masuk ke dalam lapisan kulit kamu. Oleh karena itu, sangat penting untuk memakai ulang sunscreen setiap dua hingga tiga jam sekali untuk memberi perlindungan maksimal.


    Baca juga : Cara Tepat Menggunakan Sunscreen yang Tidak Banyak Diketahui




    Pertanyaannya, bagaimana cara memakai ulang sunscreen jika sudah memakai riasan wajah? Tenang dear, Cosmo akan menjawab kegalauan kamu! Berikut ini tiga tips memakai ulang sunscreen tanpa merusak riasan wajah kamu.


    Sebelum mengetahui cara memakai ulang sunscreen di atas riasan wajah, kamu perlu memilih jenis sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Jika memiliki jenis kulit sensitif, berminyak, dan berjerawat, pilih produk mineral sunscreen yang cenderung lebih aman dan ringan untuk kulit. Sedangkan untuk kulit normal, kamu dapat menggunakan physical sunscreen.


    Baca juga : Ketahui Perbedaan Physical Sunscreen dan Chemical Sunscreen


    Tip #1 Memakai ulang sunscreen ketika kamu tidak menggunakan makeup tentu tidak akan sulit. Tetapi sebaliknya, jika kamu memakai ulang sunscreen di atas riasan wajah, itu bisa sedikit rumit. Tipnya, pilihlah produk foundation, cushion, atau bedak yang memiliki kandungan SPF agar kulit tetap terlindungi dari paparan sinar UV.




    Tip #2 Kamu bisa mengandalkan pemakaian sunscreen yang berbentuk spray, karena tidak akan merusak riasan kamu. Caranya, cukup semprotkan sunscreen spray secara merata ke area wajah yang terpapar sinar matahari. 


    Nah, itu dia dua tips untuk memakai ulang sunscreen tanpa merusak riasan kamu. Sangat penting untuk menggunakan sunscreen dengan jumlah yang tepat setiap harinya sebelum memulai aktivitas. Pada umumnya, takaran standar memakai sunscreen yaitu sekitar satu sendok makan untuk wajah hingga leher. Namun ini tidak wajib kok dear, karena banyak atau sedikitnya pemakaian sunscreen perlu disesuaikan berdasarkan ukuran wajah. Jadi gunakan secukupnya saja secara merata ya! 


    Perlu diingat ya dear, memakai sunscreen — dan memakai ulang sunscreen — bukan langkah utama untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Ingatlah untuk membatasi waktu kamu di bawah sinar matahari, mencari tempat teduh, dan bila perlu gunakan topi atau outer jika berada di luar ruangan.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Javiindy on Freepik)