Better You

6 Lagu Penyanyi Perempuan Indonesia yang Women Empowering!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       10/3/2020
  • Lagu barat dengan lirik yang menyemangati perempuan ada banyak, tapi lagu Indonesia yang women empowering pun juga ada, kok! Inilah pilihan lagu oleh penyanyi perempuan Indonesia yang inspiratif, bisa menyemangati kamu yang terkadang merasa kurang percaya diri. Mulai dari lagu tahun 2000-an hingga yang belum lama dirilis, bersiaplah untuk merasa empowered setelah mendengar lagu-lagu berikut ini.


    Anganku Anganmu - Raisa feat. Isyana Sarasvati




    Dua penyanyi Indonesia ternama, Raisa dan Isyana Sarasvati, berkolaborasi untuk menghadirkan lagu yang bertema girl power. Ditulis oleh Raisa dan Isyana sendiri, “Anganku Anganmu” bertujuan untuk para perempuan agar bisa mendukung sesama perempuan. 


    Siapa Bilang Gak Bisa - Anggun


    Pernahkah kamu diremehkan hanya karena kamu seorang perempuan? Well, jangan dengarkan mereka! Justru Cosmo sarankan kamu dengarkan lagu Anggun yang satu ini. “Siapa bilang gak bisa, kuraih semua mimpi. Siapa bilang gak bisa, aku wanita yang berani.” Liriknya cocok untuk menyemangati kamu yang kerap merasa insecure.


    You’re Still Her - Agatha Pricilla


    Agatha Pricilla mencurahkan perasaannya tentang tumbuh dewasa, menjadi percaya diri, dan menerima diri kita yang asli. Eks personel girl group Blink ini memberi tahu Provoke! Online bahwa menjadi dewasa berarti diberikan tanggung jawab yang besar, yang bisa membuat kita lupa untuk menjadi diri kita yang dahulu yang lebih ceria.


    Kejar Mimpi - Maudy Ayunda




    “Terkadang kita lupa, dunia ini tak akan selamanya menunggu kita.” Hmm… terdengar relatable? Ketika kamu merasa ragu untuk mengejar impian, atau sedang merasa jenuh dengan hidup, pakai earphone dan dengarkan lagu inspiratif ini. 


    Lelaki Buaya Darat - Ratu


    Tentu saja Cosmo harus memasukkan lagu ini, girls! Selain asyik sebagai lagu karaoke, lagu hit yang dirilis pada tahun 2006 ini pun mengingatkan perempuan akan harga diri mereka—tak usah membuang-buang waktu dengan si dia yang gemar memainkan perasaan, karena kamu cantik dan menarik, and he’s not worth it!


    lowkey - NIKI


    Sebelum kamu berkata, “Hmm… Memangnya lagu ini empowering?”, Niki pernah menjelaskan bahwa single pertama dari EP keduanya ini bertujuan untuk melawan stereotip bahwa perempuan selalu menjadi yang pertama untuk jatuh cinta, menjadi obsesif, dan tak bisa lepas dari pasangannya. “Yang saya suka dari lagu ini adalah [lagu ini] secara halus menyangkal [stereotip tersebut] dengan cara yang agak centil tapi empowering, secara bersamaan” katanya dalam wawancara dengan Genius


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dyah Puspasari / Images: Dok. Instagram)