Beauty

Bagaimana Cara Beralih ke Perawatan Tubuh yang Less Waste?

  by: Shamira Priyanka Natanagara       18/4/2019
  • Menjelang Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April mendatang, ada baiknya jika kita mulai mengevaluasi gaya hidup yang sedang kita anut. Apakah kamu masih suka membuang sampah sembarangan? Atau mungkin penggunaan listrikmu terkadang masih berlebih? Memulai gaya hidup yang eco-friendly bukanlah hal yang mudah, jadi jangan malu untuk mengambil langkah-langkah kecil agar bisa menjadi lebih ramah lingkungan.

    Nah, jika kamu bingung ingin mulai dari mana, mungkin kamu bisa memulai rutinitas perawatan tubuh yang sampahnya lebih mudah dikelola alias less waste. Perawatan tubuh itu menghasilkan cukup banyak sampah, lho, tapi kamu bisa menguranginya dengan lima langkah berikut. Simak, ya!




    1. Pilih Sikat Gigi yang Terbuat dari Bambu

    sikat gigi bambu: cara memulai perawatan tubuh yang less waste

    Sikat gigi adalah produk perawatan yang disarankan untuk diganti setiap tiga hingga empat bulan sekali. Dalam setahun, kira-kira satu orang mengganti sikat giginya sebanyak tiga atau empat kali. Jumlah penduduk di Bumi sekarang ada sekitar 7,5 miliar, jadi bayangkan saja betapa banyak sampah sikat gigi yang dihasilkan setiap tahunnya. Kalau kamu ingin beralih ke sikat gigi yang lebih ramah lingkungan, pilihlah sikat gigi yang terbuat dari bambu. Sikat gigi jenis ini adalah produk yang sampahnya dapat terurai alias biodegradable.


    2. Gunakan Reusable Cotton Pads

    reusable cotton pads: cara memulai perawatan tubuh yang less waste

    Daripada menggunakan kapas wajah sekali pakai, kamu bisa mengurangi produksi sampah dengan menggunakan reusable cotton pads. 'Kapas' yang terbuat dari bahan kain ini bisa digunakan untuk membersihkan wajah dan mengaplikasikan toner, serta teksturnya pun aman untuk wajah. Kamu juga bisa membersihkan produk ini dengan air dan sabun jika sudah mulai kotor. 


    3. Beralih ke Sabun dan Sampo Batangan

    sabun dan sampo batangan: bagaimana-cara-memulai-rutinitas-kecantikan-less-waste

    Sabun dan sampo biasanya dikemas dalam botol plastik yang baru bisa terurai setelah beratus-ratus tahun. Agar mengurangi sampah plastik, kamu bisa mulai beralih ke sabun dan sampo batangan yang kemasannya minim. Cara pemakaiannya memang tidak semudah produk cair, namun jika bisa mengurangi sampah plastik, mengapa tidak?




    4. Buat Masker Sendiri di Rumah

    diy masker alami: bagaimana-cara-memulai-rutinitas-kecantikan-less-waste

    Apakah kamu hobi menggunakan masker? Untuk mengurangi sampah dari pemakaian sheet mask maupun clay mask, kamu bisa mulai menggunakan masker alami buatan sendiri. Berbagai resep DIY face mask yang dapat kamu contek sudah ada banyak di Internet. Tinggal beli bahan-bahan yang dibutuhkan, ikuti resepnya, dan jadi, deh! Selain lebih ramah lingkungan, masker alami juga memiliki kandungan yang lebih aman. Jika ada sisa lebih, pindahkan ke kotak makan lalu simpan di dalam lemari es. Easy!


    5. Pilih Brand dengan Program Daur Ulang

    recycle kemasan: bagaimana-cara-memulai-rutinitas-kecantikan-less-waste

    Mengingat banyaknya produk kecantikan yang telah diproduksi, ada baiknya kamu mulai memilih brand yang menawarkan program daur ulang untuk mengurangi sampah. Sekarang, sudah ada beberapa brand yang mengajak para konsumen untuk mengumpulkan kemasan kosong bekas pakai dan membawanya ke toko, diantaranya L'Occitane, The Body Shop, Kiehl's, Innisfree, dan Sensatia Botanicals. Kemasan kosong yang terkumpul dapat ditukarkan dengan produk baru atau reward point, tergantung kebijakan program yang ditawarkan. Yuk, beralih ke brand yang mendukung gerakan daur ulang kemasan! 


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Boo Boo Brush, Evening Co., LUSH, The Global Beauty, Innisfree)