Lifestyle

12 Istilah yang Wajib Diketahui oleh Para Fans BTS, ARMY!

  by: Giovani Untari       9/6/2019
  • Kepopuleran BTS sebagai grup papan atas dunia memang tidak perlu diragukan lagi. Lewat karya serta bakat yang outstanding (juga pesona mereka!), RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook pun sukses mencuri hati para penggemarnya yaitu ARMY. Setiap harinya pula, fans dari grup pelantun Boy with Luv ini bertambah di seluruh dunia.






    Nah, sebagai penggemar setia BTS, jangan sampai ketinggalan untuk mengetahui 12 istilah yang wajib diketahui oleh para ARMY ini ya, dear. Wah, apa saja ya 12 Istilah yang wajib diketahui oleh para fans BTS yaitu ARMY tersebut? Here the list:


    1. A.R.M.Y/ 아미


    Yes, it’s you guys! Istilah A.R.M.Y berangkat dari singkatan Adorable Representative M.C for Youth. Nama ini pun dipilih BTS untuk menjadi sebutan resmi bagi para penggemarnya. Selain singkatan tersebut, ARMY dalam bahasa Inggris juga berarti tentara. Di mana BTS alias Bangtan Sonyeondan jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris berarti Bulletproof Boy Scouts. Di sini BTS menganggap bahwa para tentara (ARMY) dan bulletproof (yang menjadi bagian dari nama mereka) memiliki kedekatan satu sama lain dan sulit terpisahkan. Para ARMY dan Bangtan Boys sendiri diibaratkan bagai sebuah kesatuan yang akan selalu bersama. So sweet!




    2. I Purple You! / Borahae


    Istilah satu ini wajib banget diketahui oleh para ARMY. I Purple You! atau dalam bahasa Korea Borahae ini pertama kali diperkenalkan oleh V BTS. I purple you memiliki arti yang tidak kalah meaningful yaitu “I'll trust you, love you, support you, and be loyal to you.”


    Menurut V BTS, ungu merupakan warna terakhir dari jajaran warna pelangi. Dan warna ini pun menggambarkan tentang rasa setia dan cinta yang long-lasting. Borahae!


    3. Our President



    Memiliki kemampuan leadership yang baik, fasih berbahasa Inggris, karismatik, dan jago membuat lagu adalah sejumlah faktor yang membuat RM BTS dinobatkan sebagai presiden bagi para penggemar BTS, ARMY. Belum lagi, pria bernama asli Kim Nam-joon ini juga dikenal cerdas dengan IQ 148 dan memiliki pemikiran yang mendalam seputar hidup, sehingga membuatnya layak menjadi seorang presiden. Nggak percaya? Tonton pidato penuh karisma dari RM saat berbicara di sidang PBB September silam berikut:




    4. Worldwide Handsome



    Jin BTS sendiri memang dikenal dengan julukan sebagai Mr. Worldwide Handsome lantaran wajahnya yang tampan. Pujian atas wajahnya yang tampan sendiri telah sering ia dengar sejak masih kecil lho, girls! Oleh karena itu, Jin pun secara kreatif membuat julukan untuk dirinya sebagai Worldwide Handsome. Julukan yang unik tersebut pertama Jin kenalkan pada acara press conference Wings Tour Finale pada Desember 2017 silam. Tapi siapa sangka, ternyata sebutan Worldwide Handsome tersebut kian menjadi viral dan terus melekat dalam diri pria kelahiran 4 Desember 1992 tersebut.



    5. International Playboy

    Tenang, istilah ini bukan memiliki makna sesungguhnya kok, babes! Istilah International Playboy berawal dari momen backstage antara RM dan Jungkook pada event KCON di tahun 2014 silam. Sang leader RM dengan kasual menanyakan pada Jungkook untuk menerjemahkan bagiannya pada lagu Bulletproof pt. 2. Alih-alih menerjemahkan ke part yang sebenarnya, Jungkook justru mengartikannya liriknya menjadi: My name is Jungkook, International Playboy!


    Meski sudah beberapa tahun berlalu istilah ini tetap sering digunakan untuk menyebut sang golden maknae. Berbanding dengan julukannya, Jungkook sendiri termasuk yang sering malu-malu lho saat berhadapan dengan lawan jenis.



    6. Jimin, U Got No Jams!


    One of the most iconic terms from BTS! Pada saat penerbangan menuju ke L.A tahun 2014 silam, J-Hope mengajak beberapa personil BTS untuk menguji kemampuan bahasa Inggris mereka dengan berbicara menggunakan bahasa Inggris. Saat itu RM yang duduk di sebelah J-Hope pun secara spontan mengucapkan kalimat “Jimin, u got no jams!” Ini semacam kalimat slang yang berarti “Jimin, you are no fun!” Kata ini sebenarnya diambil dari bahasa Korea yaitu 재미 (jaemi)" yang berarti "fun". Tapi ketimbang Jaemi, RM justru menggantinya menjadi jams. Ada-ada saja ya!



    7. BST


    No, kamu nggak sedang salah baca atau merasa Cosmo typo dari penulisan BTS. BST merupakan singkatan dari Blood Sweat & Tears. Ini merupakan salah satu lagu hits BTS dari album kedua mereka berjudul Wings dan dirilis tahun 2016 silam. Nae pi ttam nunmul nae majimak chumeul. 





    8. Hobi / Hoshiki





    Istilah berikutnya yang wajib diketahui oleh para ARMY adalah Hobi atau juga Hoshiki. Ini merupakan salah satu panggilan kesayangan untuk sang main dancer dan rapper BTS, J-Hope. Pria bernama asli Jung Ho-seok ini pun selalu dikenal dengan sifatnya yang ceria dan menyenangkan. Para personil BTS pun juga kerap memanggil J-Hope dengan sebutan Hobi hyung!



    9. Lil Meow Meow




    Jika J-Hope memiliki nickname Hobi atau Hoshiki, lain halnya dengan Suga BTS. Pria yang dikenal jenius dan memiliki gummy smile ini punya panggilan tak kalah unik yaitu: Lil Meow Meow. Panggilan ini bermula dari para fans internasional yang kerap gemas ketika melihat Suga mengeluarkan tingkah aegyo-nya. Suga diibaratkan sebagai anak kucing yang menggemaskan di balik wajahnya yang cool. Kata Lil sendiri berangkat dari ukuran tubuh Suga yang paling mungil di BTS. Uwu!




    10. Jin Hit Entertainment



    Salah satu dari 8 fakta unik Jin BTS adalah ia punya sisi rebel yang dicintai oleh para ARMY. Tingkah laku pria bernama asli Kim Seok-jin ini memang cukup unik dan tidak biasa. Misalnya di tahun 2015 lalu, Jin pernah mengunggah fotonya di depan tulisan Big Hit Entertainment dengan caption sassy: “Hello, because I’m handsome today, please change this BigHit promotion sign.”


    Unggahan foto Jin tersebut lantas direspon balik oleh pihak Big Hit Entertainment yang langsung mengubah halaman official Facebook-nya menjadi Jin Hit Entertainment. Tak ketinggalan Big Hit pun turut memasang wajah Jin di depannya. Dari sana istilah Jin Hit Entertainment pun semakin populer. Para fans bercanda agar suatu hari Jin benar-benar bisa membeli Big Hit Entertaiment atau mendirikan agensi musiknya sendiri yang ia beri nama Jin Hit Entertainment. LeJINdary!


    11. HYYH



    HYYH merupakan sebuah singkatan dari Hwa Yang Yeon Hwa, yang berarti The Most Beautiful Moment in Life. Yes, ini juga menjadi nama dari mini album ketiga dan keempat BTS yaitu The Most Beautiful Moment in Life, Pt.1 dan The Most Beautiful Moment in Life Pt.2. Dua mini album BTS ini sukses menghasilkan lagu-lagu populer BTS seperti: I Need U, Run, serta Butterfly. Hingga mengisi storyline dari webtoon BTS Save Me. Sudah baca webtoon-nya belum, Cosmo babes?



    12. Jungshook




    Para Jungkook's stan wajib tahu istilah satu ini! Jungshook merupakan istilah yang muncul untuk mendeskripsikan ekspresi khas Jungkook BTS saat tengah terkejut dan speechless dalam beberapa hal. Jika sudah dalam kondisi Jungshook, biasanya Jungkook akan melebarkan matanya dan terlihat bingung. Uniknya lagi, istilah Jungshook ini bahkan masuk dalam kamus Urban Dictionary lho! Meski dalam kondisi #Jungshook, pria yang akrab disapa Kookie ini tetap terlihat menggemaskan bukan?


    (Giovani Untari / Images: Dok. Big Hit Entertainment @ibighit Facebook, Tenor.com, Amazon.com.Pinterest.com)