Better You

5 Mitos Diet yang Harus Anda Ketahui

  by: Redaksi       11/1/2012
  • Banyak sekali kesalahpahaman yang terjadi seputar pola diet. Makanya banyak orang yang walaupun sudah berusaha keras untuk menurunkan berat badan, masih saja gagal mendapatkan body shape idaman. Well, jika Anda mengalami hal tersebut, Zoe Hellman, pakar diet dari Weight Watchers, akan mengungkap kebenaran di balik 5 mitos diet yang pada umumnya diketahui masyarakat.

    Dilarang Makan Setelah jam 7 Malam

    Mengonsumsi makanan di atas jam 7 malam memang tidak dianjurkan, namun bukan berarti tidak makan malam berat badan Anda akan turun lho. Sebenarnya, bukan waktu Anda makan yang berhubungan erat dengan penurunan berat badan, tetapi berapa banyak kalori yang masuk. Percuma saja bila Anda tidak makan malam tapi asupan kalori yang masuk di siang hari lebih besar daripada kalori yang digunakan.

    Karbohidrat Adalah Musuh Terbesar



    Banyak wanita menganggap karbohidrat sebagai sesuatu yang dihindari pada saat makan. Padahal, kunci dalam menjaga tubuh usai penurunan berat badan adalah dengan mengatur agar asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh tetap seimbang. Asupan karbohidrat dari gandum seperti produk pasta, roti atau cereal bisa menjadi alternatif pilihan karbohidrat sehat.

    Berat Badan Bisa Berkurang Cepat Dengan Tidak Makan

    Tidak makan demi menurunkan berat badan dengan cepat merupakan cara yang sangat tidak sehat dan tidak efektif. Karena setelah diet selesai, Anda akan kembali ke kebiasaan makan Anda yang sebelumnya, yang berarti ukuran tubuh Anda akan kembali seperti semula. Bahkan mereka yang kerap melakukan extreme diet seperti ini akan mengalami kenaikan berat badan yang drastis, bahkan melampaui berat awal mereka.

    Gemuk Adalah Faktor Keturunan yang Tidak Dapat Diubah



    Memang bentuk tubuh dan struktur tulang kita dipengaruhi oleh gen, namun faktor seperti diet dan aktivitas memegang peranan penting terhadap lingkar perut. Gen boleh saja menentukan kegemukan tubuh Anda, namun keputusan untuk tetap kurus sepenuhnya milik Anda ladies. Jadi, walaupun orangtua Anda gemuk, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki tubuh idaman lho.

    Olahraga Bisa Membuat Langsing

    Berolahraga bukanlah cara yang efektif untuk mengurangi berat badan. Acapkali setelah lelah berolahraga Anda akan merasa bebas melahap apa saja. Anda juga membutuhkan kombinasi gizi yang tepat—tidak berlebihan kalori dan lemak—dan gaya hidup yang penuh aktivitas. Yang penting, asupan kalori harus sesuai dengan kalori yang dikeluarkan.

    (Calvin Hidayat/SL/Sumber:Cosmopolitan.com/Gambar:Dok.Google)