Better You

4 Langkah Memilih Karier yang Tepat

  by: Redaksi       17/1/2012
  • Memilih karier yang tepat memang tidak pernah mudah. Banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan, sebut saja mulai dari skill yang dimiliki, passion, pengalaman, hingga ekspektasi dari pekerjaan tersebut. Well, jika sampai saat ini Anda masih tidak yakin dengan pilihan karier yang akan diambil, berikut beberapa tip yang bisa menjadi acuan untuk menentukan karier.

    Uji Kemampuan Anda



    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan brainstorming dan tulis semua kelebihan dan kekurangan Anda. Jika Anda sulit untuk menilai diri sendiri, Anda juga bisa lho menanyakan kepada konsultan karier atau keluarga dan orang-orang terdekat untuk mengetahui kualitas yang Anda miliki. Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan faktor eksternal seperti dengan siapa Anda ingin bekerja. Dengan begitu, pemilihan profesi pun bisa menjadi lebih spesifik.

    Tentukan Prioritas Anda


    Jika Anda sudah tahu segala kelebihan yang dimiliki, sekarang saatnya mencari tahu hal apa saja yang menjadi prioritas. Apakah hal tersebut merupakan relationship, keluarga, uang, jabatan, hingga ketenangan dalam bekerja. Dengan mendefinisikan prioritas tersebut, akan lebih mudah untuk menentukan di bidang apa Anda ingin bekerja. Hal ini penting agar pekerjaan yang Anda ambil tidak membebankan diri dengan stres akibat harus mengorbankan prioritas utama Anda.

    Cari Tahu Profesi yang Ingin Anda Ambil



    Setelah Anda menemukan bidang pekerjaan yang Anda minati, mulailah untuk mencari posisi yang sesuai dengan kemampuan Anda. Seperti jika Anda menyukai bidang fashion, Anda tidak harus selalu menjadi fashion stylist atau designer—masih banyak pekerjaan yang berkaitan dengan dunia fashion. Semisal bekerja sebagai marketing communication atau di bagian purchasing. Selain itu, tidak ada salahnya juga bila Anda membayangkan berada di dalam posisi tersebut. Hal ini akan mempermudah untuk mengetahui apakah pekerjaan tersebut benar-benar sesuai untuk Anda atau tidak.

    Saatnya mencari pekerjaan

    Setelah Anda mempunyai gambaran jelas mengenai di mana Anda akan berkarier, mulailah untuk aktif mencari tahu spesifikasi yang dibutuhkan dalam posisi tersebut, seperti pendidikan yang diperlukan, gaji yang akan didapat, lokasi bekerja, dan perusahaan apa saja yang tersedia. Akan jauh lebih baik bila Anda bertanya kepada orang yang sudah terjun berkarier ke dalam bidang tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang jelas, dibandingkan hanya mencarinya di internet saja. So what are you waiting for? Go get your dream job, ladies.

    (Calvin Hidayat/SL/Sumber:Wikihow, ehow/Gambar:Dok.Google)