Better You

3 Langkah Ampuh Mencegah Bau Mulut

  by: Redaksi       20/1/2012
  • Bau mulut kerap menjadi masalah besar bagi banyak orang. Percuma saja bila Anda memiliki penampilan yang fabulous dan gorgeous, bila nafas Anda masih beraroma kurang sedap. Pergaulan Anda pun akan terganggu. Well, sebenarnya dengan penanganan yang tepat, Anda bisa menjaga agar mulut tetap fresh. Berikut langkah-langkah praktis yang bisa dilakukan, untuk menghilangkan aroma kurang sedap dari mulut Anda, ladies.

    Bersihkan Mulut Dengan Lengkap

    It's important to keep your mouth clean, healthy and feeling good. So, sikat gigi dan lidah Anda secara reguler dua kali sehari, dan berkumur dengan menggunakan cairan antiseptik untuk membunuh bakteri yang tidak terjangkau ketika menyikat gigi.



    Selain itu, pastikan ya agar sisa-sisa makanan yang terperangkap di sela-sela gigi segera dibersihkan. Hal ini penting, ladies... Alasannya? karena makanan dan bakteri yang terperangkap di dalamnya dapat berpotensi menyebabkan bau mulut. Selain menggunakan tusuk gigi, Anda juga bisa lho menggunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan ruang antar gigi.

    Mengonsumsi Makanan Pencegah Bau Mulut

    You are what you eat. Pasti Anda sering kan mendengar idiom tersebut. Makanan ternyata sangat berpengaruh terhadap aroma nafas Anda. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang tepat bisa menjadi salah satu pencegahan bau mulut yang efektif.

    Salah satu makanan yang deliciousss... dan sangat berguna untuk memerangi bau mulut adalah yoghurt. Selain itu Anda juga bisa membuat sendiri teh yang terbuat dari ketumbar, daun mint, kayu putih, rosemary, dan kapulaga sangat baik untuk memerangi bau mulut. Asupan vitamin C yang berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan juga sangat membantu lho dalam menciptakan kondisi yang tidak ramah untuk bakteri bertumbuh.



    Pastikan Agar Mulut Anda Tidak Kering

    Anda harus tahu bahwa air liur secara alami merupakan anti-bakteri yang sangat baik. Makanya, mulut yang kering dapat menyebabkan penumpukan plak yang membantu pertumbuhan bakteri sehingga menyebabkan bau mulut.

    So, salah satu cara efektif untuk merangsang air liur adalah dengan mengunyah permen karet. Permen karet yang memiliki kandungan xylitol dan mint dapat menjadi pilihan paling tepat untuk membuat nafas Anda tetap fresh.

    Pastikan juga untuk secara berkala minum air putih. Hal ini penting untuk menghilangkan partikel makanan yang tersisa dalam mulut setelah makan.

    (Calvin Hidayat/IR/Gambar:Dok.Google)