Better You

The Dark Chocolate Effect

  by: Redaksi       25/1/2012
  • Cokelat hitam memang sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Menurut beberapa penelitian, kandungan flavonoid-nya yang tinggi bisa melindungi tubuh dari serangan stroke serta mencegah penyakit jantung. Namun tidak terbatas hanya itu saja lho. Berikut beberapa fakta menarik yang harus Anda ketahui seputar makanan yang mesti memiliki kandungan minimum 35% cocoa untuk dapat didefinisikan sebagai dark chocolate.

    Meningkatkan Gairah Seks

    Ingin mendapatkan sensasi seks yang lebih spektakuler bersama pasangan? Dark chocolate bisa menjadi aphrodisiac yang tepat untuk Anda dan pasangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cokelat hitam dengan kandungan 70% cocoa mampu meningkatkan tingkat dopamin—hormon yang memunculkan rasa senang dalam tubuh—secara signifikan Ditambah lagi kandungan bioflavonoid yang ampuh melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk area genital. Efeknya? Sudah pasti aksi ranjang yang lebih sensasional!



    Memacu Performa Saat Berolahraga

    Tahukah Anda kalau kombinasi konsumsi dark chocolate dan olahraga rutin dapat menaikkan performa Anda hingga 50%? Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Physiology ditemukan bahwa dark chocolate memiliki kandungan epicatechin dalam jumlah besar. Kandungan epicatechin tersebut dapat menstimulasi pertumbuhan otot dengan lebih baik dan memacu semangat Anda, sehingga menjadi salah satu energy booster paling ideal saat berolahraga.

    Menajamkan Pandangan Mata



    Merasa mata mudah lelah setelah melakukan DVD marathon? Tenang saja ladies, karena menurut penelitian di University of Reading, Inggris, mengonsumsi cokelat hitam bisa mengembalikan ketajaman pandangan mata. Sebabnya? Kandungan flavanol berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke retina. Khasiatnya bahkan dipercaya lebih baik dibandingkan wortel! Hmm, definitely a more delicious alternative, right?

    Menurunkan Tingkat Stres

    Ingin mengurangi stres dengan cara mudah? Coba santap sekitar 40 gram cokelat hitam per hari selama dua minggu berturut-turut. Seperti dipublikasikan dalam situs Journal of Proteome Research (ACS Publication), dark chocolate mampu memperbaiki ketidakseimbangan zat biokimia yang terkait erat dengan hormon stres. Studi ini mengidentifikasi pengurangan hormon stres setelah para volunteer mengonsumsi cokelat selama dua pekan.

    (Calvin Hidayat/SL/Gambar:Dok.Google)