Better You

Cara Singkat Mengurangi Stres

  by: Redaksi       31/1/2012
  • Tekanan dari pekerjaan yang menumpuk saat mendekati deadline, atau hutang kartu kredit yang sudah berlebih seringkali membuat Anda tak bisa menghindari stres. Namun berbagai masalah yang menimpa Anda tidak selamanya buruk lho. “Masalah akan membuat Anda mampu berpikir dan bertindak lebih maju,” jelas Roslina Verauli, Psikolog.

    Roslina menjelaskan pertolongan pertama ketika stres menyerang adalah dengan menenangkan tubuh. Namun untuk mendapatkan kondisi rileks ini tidak sama bagi setiap orang. “Butuh pendekatan yang berbeda-beda,” jelas Roslina. So ladies, berikut beberapa kegiatan apa saja yang bisa Anda pilih untuk merilekskan pikiran dan tubuh. Simak!

    Do Mental Vacation



    Ingin lari dari stres dalam waktu yang cukup singkat? Imajinasikan tempat yang Anda sukai. Menemukan tempat yang Anda sukai bisa berupa destinasi liburan impian hingga memori manis di masa lalu. Biarkan otak Anda membayangkan tempat itu dengan jelas, mulai dari perasaan Anda hingga detail terkecil seperti aroma. Lakukanlah visualisasi ini sampai pikiran menjadi lebih tenang dan Anda pun bisa tersenyum kembali.

    Turn on The Music

    Musik dapat membantu Anda untuk lebih rileks. Pilihlah musik yang membangkitkan semangat Anda, dan yang menjelaskan masalah yang Anda lalui saat ini. Atau bisa juga musik yang membuat Anda tersenyum karena mengingatkan Anda tentang kenangan-kenangan indah masa lalu. Dengan memilih lagu yang tepat, Anda dapat meningkatkan mood dalam waktu yang relatif singkat.

    Deep Breathing Meditation

    Ketika mulai stres, biasanya Anda akan bernapas dengan lebih cepat. Untuk menenangkan diri, coba deh untuk menarik napas yang panjang dan dalam. Tariklah napas secara berulang melalui perut, bukan dari dada. Melakukan meditasi akan mengurangi ketegangan otot-otot Anda, dan menyediakan oksigen yang sangat berguna untuk menjernihkan pikiran.



    Write Out Your Thought

    Dengan kertas dan pena, Anda bisa melawan stres dengan mudah. Caranya? Pergilah ke tempat yang tenang dan mulailah tuliskan hal-hal positif yang pernah Anda alami dalam hidup. Merubah fokus Anda dari pikiran negatif menuju pikiran yang positif dapat membuat feeling Anda menjadi lebih baik dengan seketika.

    Make a Relaxing Tea

    Ketika beban kerja sudah berlebihan, ada baiknya Anda memilih minuman yang bisa menenangkan. Secangkir teh hangat yang harum bisa membantu menenangkan Anda. Bahkan dalam salah satu studi ditemukan bahwa orang yang meminum teh lebih bahagia dibandingkan yang tidak. Selain itu, dengan membuat teh berarti Anda mendapatkan waktu sejenak untuk menenangkan diri, dan juga memberikan Anda kesempatan berkonsentrasi kembali untuk memecahkan masalah yang ada.

    Namun harus diingat ya ladies... beberapa cara di atas hanya merupakan pertolongan pertama ketika menghadapi stres. “Untuk melepaskan diri dari stres, yang harus Anda lakukan adalah menyelesaikan masalah secara tuntas,” jelas Roslina. So, don't run from your problems—face them! (Calvin Hidayat/SL/Image: doc. Roslina Verauli, doc. Google)