Better You

Relax Your Pregnancy with Yoga

  by: Hagi       3/1/2013
  • Amankah Yoga bagi wanita hamil? The answer is yes Moms, asalkan Anda melakukannya dengan tepat dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

    Perut dan tubuh Anda pasti membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan Anda. Sudah pasti, Anda akan lebih sulit untuk bergerak termasuk berolahraga, seperti sebelum hamil. Tapi ada olahraga tertentu yang baik untuk kehamilan Anda dan bisa dilakukan dengan gerakan yang sederhana, yaitu yoga. Selain berfungsi untuk relaksasi, yoga saat hamil atau prenatal yoga juga bermanfaat untuk mempererat ikatan batin sang ibu dengan bayinya lho. Let's do it Moms!

    1.Easy Pose
    Awali prenatal yoga dengan duduk bersila di atas matras yoga atau bantal kecil. Duduklah senyaman mungkin dan tegakkan punggung Anda. Lalu, tariklah napas panjang dan hembuskan perlahan sambil mengeluarkan suara. Lakukan 2- 3 kali.



    2. Arm Raise
    Selanjutnya, buka lengan ke arah samping sejajar dengan pundak. Posisi telapak tangan menghadap ke atas. Regangkan otot-otot lengan Anda sampai ke jari-jari tangan. Tarik napas perlahan melalui hidung dan angkat perlahan tangan Anda ke atas kepala dan telapak tangan berhadapan. Kemudian buanglah napas sambil menurunkan tangan ke bawah. Lakukan gerakan ini 5-8 kali.

    3.Malasana
    Duduk jongkok di atas bantal, atur posisi punggung agar tegak. Tempelkan telapak tangan (prayer’s position) di depan dada Anda dan posisi siku berada di samping lutut. Lakukan gerakan kegel atau gerakan kontraksi otot dasar panggul. Bayangkan hal yang membuat Anda bahagia dan rileks. Tarik napas perlahan melalui hidung dan lakukan kontraksi pada otot dasar panggul dan buang napas perlahan sambil  melemaskan otot tersebut. Lakukan 10-15 kali.



    4.Baddha Konasana
    Duduk dan tekuk kaki Anda sehingga telapak kaki menyatu dan lutut tertekuk ke samping. Pegang kaki Anda dan arahkan jari-jari kaki ke tubuh Anda. Biarkan lutut mendekati lantai. Tarik napas dan panjangkan tulang punggung dan arahkan tulang ekor mengarah ke lantai. Selanjutkan gerakkan lutut Anda naik dan turun perlahan.

    5.Cow's Pose
    Letakkan tangan dengan lutut bertumpu di lantai. Atur jarak lengan selebar bahu dan posisikan lutut selebar pinggul. Arahkan dada menjauh dari lantai dan pundak. Dalam posisi ini otot perut Anda dalam kondisi rileks. Panjangkan tulang punggung. Tarik napas dan angkat dada, perlahan turunkan bagian perut ke bawah dan tulang ekor menghadap ke atas, posisi tulang punggung melengkung ke bawah. (Karmenita Ridwan/ Image: Dok. Cosmo Pregnancy)