Better You

Relax Your Pregnancy with Yoga Part 2

  by: Hagi       4/1/2013
  • 6.Cat's Pose
    Bernapaslah perlahan sambil menaikkan tulang punggung dan perlahan arahkan kepala Anda menghadap ke perut atau lantai. Posisi tulang ekor masuk ke dalam sehingga posisi tulang punggung berbentuk cembung. Posisi ini aman dan bisa memberikan ruang gerak bagi bayi. Lakukan minimal 5 kali.

    7. Spinal Balance
    Masih di posisi tangan dan lutut bertumpu di lantai. Atur jarak lengan selebar bahu dan posisikan lutut selebar pinggul. Arahkan kepala sejajar dengan tulang punggung Anda. Pandangan mengarah ke lantai dan fokus. Tarik napas perlahan dan luruskan tangan kanan ke arah depan dan putar telapak tangan menghadap ke dalam. Setelah Anda merasa seimbang, perlahan angkat kaki kiri dan luruskan. Angkat dada Anda menjauh dari lantai. Kencangkan otot-otot kaki dan tangan, buat posisi badan sejajar. Tahan di posisi ini 2-3 tarikan napas. Lanjutkan dengan tangan kiri dan kaki kanan.

    8.Balasana / Postur Anak
    Duduk dengan posisi selebar matras dan ibu jari kaki bersentuhan. Tarik napas panjang, angkat tangan ke atas, sambil mengembuskan napas lalu letakkan tangan dan kening Anda di matras. Selanjutnya letakkan tangan di samping badan. Tahan pada posisi ini antara 3-5 tarikan napas.



    9.Goddess Pose
    Mulai dengan posisi berdiri, kuatkan otot-otot kaki dan buka kaki sedikit lebar dari pinggul, arahkan jari-jari kaki Anda kurang lebih 45 derajat. Buka tangan Anda ke arah samping. Temukan jari telunjuk dengan ibu jari membentuk Gyan Mudrayand atau dikenal dengan knowledge hand gestures. Arahkan tulang ekor ke lantai. Perlahan tarik napas panjang dan dalam, bawa tangan ke atas kepala, panjangkan tulang punggung Anda. Hembuskan napas perlahan sambil menurukan tangan ke arah samping tubuh dan tekuk lutut searah dengan jari kaki (semi-squat). Pertahankan postur tubuh tetap lurus.



    10.Savasana
    Sesi akan diakhiri dengan savasana atau relaksasi. Letakkan telapak kaki saling berhadapan, biarkan lutut mengarah ke lantai. Letakkan bantal kecil di area punggung dan di bawah lutut sebagai penyangga (Perhatian: bagi yang mengalami nyeri di bagian pubic, disarankan untuk meluruskan kaki dan letakkan bantal di bawah lutut). Letakkan tangan di samping tubuh dan telapak tangan menghadap ke atas. Perlahan pejamkan mata dan biarkan otot-otot wajah menjadi relaks. Relaksasi ini berlangsung antara 8-12 menit.
    Setelah selesai, bangunlah dengan posisi badan miring ke kiri.  Letakkan tangan kanan di bagian depan badan dan dorong tangan kanan ke arah lantai untuk menyangga tubuh Anda ke posisi duduk. Duduk sejenak dengan kaki bersilang, pejamkan mata Anda. Buka mata Anda perlahan dan Namaste! (Karmenita Ridwan/ Image: Dok. Cosmo Pregnancy)