Better You

Itchy Breast

  by: Redaksi       10/1/2013
  • Gatal di sekitar payudara bisa jadi hanya ketidaknyamanan yang sementara atau malah jadi pertanda ada masalah besar pada payudara Anda. Jadi apa sebenarnya yang menjadi penyebab gangguan pada bukit kembar Anda? Take note, ladies!

    Candida Bacteria
    Beberapa bakteri memang punya efek yang baik untuk tubuh, tapi, untuk yang satu ini, Anda harus mengingat namanya baik-baik. Jamur candida punya andil besar dalam mengakibatkan rasa gatal pada nipple. Untuk menghindarinya, jaga kebersihan payudara dengan sering mengganti bra, terutama saat tubuh sedang berkeringat.

    Alergi
    Double check what you have, dear. Coba cek kembali produk-produk perawatan tubuh Anda jika rasa gatal mulai kerap mengganggu daerah sekitar puting. Semisal bedak, body lotion atau bahkan bra yang sedang Anda pakai. Bisa jadi payudara Anda alergi terhadap salah satu kandungan zat dari produk ataupun bahan bra tersebut.





    Paget Disease
    Paget adalah penyakit kelainan pada nipple yang paling jarang ditemukan namun sangat berbahaya. Perubahan yang terjadi pada puting biasanya mengindikasikan adanya penyakit di saluran kelenjar payudara. Seringkali penyakit tersebut terletak tepat di bawah puting yang meluas ke permukaan nipple. Pada beberapa kasus, tanda–tanda tersebut mengindikasikan adanya Ductal Carcinoma In Situ (DCIS), yang merupakan tanda dini kanker payudara. (Muhtar Rais/SL/Image: iStockphoto/Thinkstock)