Love & Sex

Ibu Tidak Menyetujui Hubungan Saya dan Kekasih

  by: RedaksiCosmopolitan       23/1/2013
  • Dear Cosmo,

    Beberapa bulan lalu tanpa sengaja saya bertemu kembali dengan mantan kekasih waktu SMP yang sudah 10 tahun tidak bertemu. Well, semenjak pertemuan itu, kami menjadi intens berhubungan dan beberapa bulan kemudian kami pun resmi kembali menjalin hubungan. Tapi saat saya memberitahukan hal ini kepada ibu, dia menunjukkan sikap yang kurang suka. Ibu mengatakan kalau saya harus mencari yang lebih baik dan harus memikirkan masa depan. Cosmo, tolong beritahu saya bagaimana cara meyakinkan ibu agar setuju dengan hubungan saya ini. Kalau boleh jujur, saya sudah sangat nyaman menjalani hubungan ini. Bahkan kami sudah merencanakan untuk melangsungkan pernikahan.

    Thank you.
    Lily, 25 Tahun



    Answer: 

     


    Dear Lily,



    Terkadang Anda harus membiarkan waktu untuk “bicara”. Maksudnya, Anda harus membuktikan pada ibu Anda bahwa si dia adalah yang terbaik bagi Anda dan membuat Anda bahagia. Pertanyaan untuk Anda adalah: Kenapa dulu si dia bisa jadi mantan? Tanya pada diri Anda sendiri. Jika si dia kini telah menjadi pribadi yang Anda inginkan, tentu saja Anda dan si dia harus berusaha agar hubungan kalian maju ke depan. Dalam arti, ada komitmen dan target bersama yang harus dijalankan. Sebagai wanita dewasa, Anda bisa berkeputusan yang terbaik untuk diri Anda sendiri dengan segala risikonya.

    Jika Anda gigih memertahankan cinta, sudah pasti orangtua lama-lama akan luluh juga. Apalagi jika Anda bisa berdialog dengan ibu dari hati ke hati mengenai kesiapan Anda dan si dia menyongsong masa depan. Teman saya bilang, “Jika Anda merasa bahagia, berarti Anda memang bahagia.” Artinya, kebahagiaan itu hanya Anda sendiri yang bisa merasakannya. Orangtua mana yang tidak ingin anaknya bahagia?

    Sabar ya, dan selamat berjuang! Cosmo doakan.

    Fira Basuki