Better You

Asupan Energi Bebas Kafein

  by: Redaksi       9/1/2014
  • Kalau Anda masih berpikir bahwa kafein hanya satu-satunya zat yang bisa meningkatkan energi, well, Anda salah. Masih banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk menambah energi dengan instan, tanpa banyak mengonsumsi kafein. Apa saja?

    Minum Air Putih
    Minumlah segelas air putih di saat Anda merasa susah berkonsentrasi. Rupanya, dehidrasi juga bisa menurunkan kinerja otak. Dengan demikian, minum air putih bisa membantu menstimulasi sistem saraf Anda sehingga membuat Anda kembali berenergi dan tetap alert.

    Mengunyah Permen Karet
    Yes, pergerakan rahang saat mengunyah permen karet selama 10-15 menit akan merangsang aliran darah ke seluruh tubuh - termasuk ke otak dan sistem saraf - sehingga menjadikan kerja otak lebih cepat. Selain membuat Anda menjadi lebih fokus, kandungan gula dalam permen karet juga bisa menimbulkan rasa senang dan semangat.



    Bermain Games
    Bermain games selama 10-15 menit bisa “mengaktifkan” kembali otak dan tubuh Anda yang terjebak dalam fase malas. Kenapa bisa begitu? Karena selain menyenangkan, bermain games juga bisa meningkatkan energi supaya otak bisa berpikir lebih keras. Coba games sederhana, seperti puzzle, sudoku, atau mungkin Candy Crush. Fun!



    Tambah Penerangan
    Mungkin, penerangan yang sedikit redup menjadi salah satu faktor Anda mengantuk di tengah-tengah pekerjaan. Coba nyalakan lampu meja untuk menunjang penglihatan saat bekerja. Selain itu, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah keluar dari ruangan sebentar ke bawah sinar matahari. Sinar terang bisa “membangunkan” otak Anda, sehingga menstimulasi semangat ke seluruh tubuh.

    Dengarkan Musik
    Terlalu lama bekerja bisa menguras energi. Supaya Anda tidak kehabisan energi di tengah pekerjaan, dengarkan musik selama beberapa saat. Musik bisa memacu detak jantung sehingga aliran darah terpompa lebih cepat ke seluruh tubuh. Anda pun akan kembali berenergi! (Amanda Utari/IR/Image: iStockphoto/ThinkStock)