Better You

Hindari Konsumsi Ini Sebelum Tidur

  by: Redaksi       10/1/2014
  • Saat Anda butuh tidur cukup dan lelap untuk bangun dengan kondisi segar bugar, Anda malah tidak mendapatkannya malam tadi. Apa yang salah? Mungkin Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat menjelang waktu istirahat. Berikut Cosmo uraikan beberapa asupan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur, supaya Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

    Minuman Beralkohol
    Hmm, kalau Anda berasumsi bahwa alkohol bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak, singkirkan segera anggapan tersebut dear. Alkohol bukannya membuat Anda tidur nyenyak, tetapi malah membuat otak mengalami tekanan dan membuat sistem kerja saraf terhambat. Akibatnya, saat bangun tidur Anda akan mengalami sakit kepala, bukannya segar.

    Minuman Bersoda
    Nah, Anda pasti mengetahui bahwa minuman bersoda mengandung gula dan kafein dalam tingkat tinggi. Minum minuman bersoda sebelum tidur bisa membuat Anda sugar rush dan tetap terjaga, padahal mungkin tubuh sudah lelah. Saat tidur pun tidak akan lelap karena kandungan minuman bersoda yang tidak bernutrisi membuat cairan tersebut akan langsung terbuang lewat urin, sehingga Anda akan sering terjaga untuk ke kamar mandi.



    Makanan Pedas
    Makanan pedas bisa menyebabkan asam lambung semakin meningkat, akibatnya perut, dada dan tenggorokan akan merasa terbakar. Terbayang kan, bagaimana rasanya bila Anda harus tidur dalam kondisi seperti itu? Karenanya, sebelum tidur beri waktu dua sampai tiga jam setelah makan makanan pedas.



    Protein Hewani
    Daging, terutama yang berwarna merah, membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna karena banyaknya lemak dan protein yang terkandung dalam daging hewan. Tubuh Anda akan sibuk mencerna selagi Anda tidur, bahkan bisa menyebabkan kram perut. Biarkan tubuh Anda relaks sepenuhnya, termasuk dengan mengistirahatkan lambung dan usus dari tugas berat.  (Amanda Utari/IR/Image: Wavebreak Media/ThinkStock)