Love & Sex

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memeriksakan Organ Intim?

  by: Adya Azka       11/1/2014
  • Minggu lalu seorang sahabat meminta Cosmo menemaninya mengunjungi ginekolog. Ia bercerita jika dirinya ingin melakukan tes Pap Smear. Hmm, apakah wanita muda sudah harus melakukan tes tersebut? Kapan sebaiknya Anda mulai melakukan tes-tes penting yang berhubungan dengan organ intim? Berikut Cosmo akan beberkan semua untuk Anda!

    Pap Smear: 1-3 tahun sekali
    Tes pap smear adalah sebuah pemeriksaan leher rahim untuk mengetahui adanya HPV yang menyebabkan kanker leher rahim. Setiap wanita yang sudah pernah berhubungan intim ada baiknya melakukan tes pap smear secara rutin. Bagi Anda yang masih berusia berkisar 20, Anda dapat melakukannya tiga tahun sekali. Sementara bagi Anda yang telah berusia 30 tahun dapat melakukannya lima tahun sekali. Atau satu kali setahun untuk Anda dengan aktivitas seks yang aktif. Sebaiknya Anda melakukan tes setelah selesai haid dan belum melakukan aktivitas seks selama tiga hari berturut-turut.

    HPV Test: ± 5 tahun sekali
    HPV (Human papillomaviruses) test dapat dilakukan oleh seorang wanita yang telah berusia 20 tahun. Semua orang memang memiliki HPV, melalui tes ini akan terungkap beragam jenis HPV yang dimiliki seorang wanita. Itulah letak perbedaan tes HPV dengan pap smear yang lebih menitik beratkan pemeriksaan pada perubahan HPV di leher rahim yang dapat menyebabkan kanker serviks. Setelah menginjak usia 30 tahun, Anda dapat melakukannya lima tahun sekali.



    STD Test: ± 1 kali, kecuali berganti pasangan
    STD (Sexually Transmitted Disease) test dilakukan untuk mengetahui penyakit menular seks yang diderita seorang wanita. Biasanya ada empat jenis tes yang dilakukan, tergantung pada keluhan Anda. Namun yang paling umum adalah dengan mengambil sample darah yang kemudian diperiksa di laboratorium. Tes ini cukup dilakukan satu kali setelah Anda melakukan hubungan intim, kecuali jika Anda berganti pasangan. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)



     

    tags: ginekolog, tes, wanita