Better You

Deteksi Penyakit dari Warna Keputihan

  by: Redaksi       15/1/2014
  • Tentu meresahkan ketika tiap bulan cairan saat keputihan berubah warna, berbau tak sedap, padahal sebelumnya semua hal terjadi baik-baik saja. Well dear, bisa jadi itu adalah tanda yang tidak baik. Worry not, karena Cosmo akan mengulas lebih jauh mengenai keputihan ini agar Anda bisa lebih cepat mengetahui penyakit yang terjadi.

    Kondisi Normal

    Umumnya saat keputihan, cairan yang keluar dari Miss Cheerful berwarna jernih dan berlendir banyak namun tidak berbau. Dan itu merupakan keadaan yang normal terjadi menjelang menstruasi, kelebihan hormon estrogen dan stres. Di saat seperti ini Anda tak perlu terlalu khawatir.

    Keputihan Berwarna Cokelat

    Pernahkah Anda tiba-tiba menemukan ternyata saat keputihan berwarna cokelat setelah menstruasi? Sebenarnya, ini merupakan hal yang biasa untuk membersihkan dan meluruhkan darah haid dan tidak menimbulkan gejala gatal, tidak berbau. Tapi saat berbagai gangguan lain mulai terjadi seperti cairan keputihan berwarna cokelat disertai nyeri di daerah Miss Cheerful, sakit saat Anda sedang bercinta, area Miss Cheerful kering hingga menimbulkan rasa gatal ini merupakan tanda awal bahwa Anda menggalami gangguan kewanitaan yang jika dibiarkan akan menimbulkan beberapa penyakit. Maka kemungkinan Anda menderita vaginitis, servisitis, gangguan pembuluh darah pada serviks, endometriosis. Warna cokelat timbul akibat perdarahan yang terjadi akibat kelainan tersebut.



    Keputihan Berwarna Merah Muda

    Jika cairan yang keluar berwarna merah muda, cair, sangat banyak tetapi tidak berbau, kemungkinan telah terjadi infeksi bakteri non spesifik. Gejala ini juga timbul saat tubuh Anda kelebihan hormon estrogen.



    Keputihan Putih

    Ada satu lagi jenis keputihan yang disebabkan oleh jamur candidiasis albicans. Jamur ini adalah jenis jamur yang sering hinggap di Miss Cheerful Anda. Dalam keadaan tertentu, jamur menyebar tak terkendali sehingga mengakibatkan infeksi dan terjadi keputihan. Saat inilah keputihan yang dialami biasanya berwarna putih seperti susu, menggumpal, disertai rasa gatal dan kemerahan pada area Miss Cheerful.

    Penyebab keputihan sangat beragam – tergantung kondisi fisik setiap orang, gejala yang muncul, maka dari itu disarankan setelah timbul gejala keputihan yang tidak normal harus diperiksakan ke rumah sakit spesialis ginekologi untuk melakukan diagnosa serta melakukan pengobatan di bawah arahan dokter. (Muhtar Rais/SW/Image: Stockbyte/Thinkstock)