Lifestyle

Jack Ryan: Shadow Recruit

  by: Redaksi       16/1/2014
  • Alasan patriotisme mendorong Jack Ryan, seorang cendekiawan ekonomi, untuk bergabung dengan angkatan bersenjata Amerika. Namun sayang, cidera yang diperoleh di Afghanistan seketika mematikan karier militernya. Melihat potensi intelektual yang dimilikinya, CIA – melalui William Harper (Kevin Costner) – secara diam-diam merekrutnya sebagai analis ekonomi CIA untuk ditempatkan di bank-bank swasta. Ketika menemukan kejanggalan aliran dana milik perusahaan Rusia, Cheravin, Jack yakin bahwa ada sebuah plot untuk menghancurkan Amerika melalui teror ekonomi yang bisa memicu tragedi Great Depression kedua. Untuk mencegah kekacauan lebih besar, dari sekadar analis di belakang meja, Jack lantas ditugaskan menjadi agen lapangan di Moskow untuk menyusup dan menghentikan serangan. Masalahnya, ternyata tak hanya keamanan negara yang harus ia selamatkan, melainkan juga hubungannya dengan sang tunangan, Cathy (Keira Knightley).

    Penggemar novel-novel intrik politik dan spionase karya Tom Clancy tentu sangat familiar dengan nama Jack Ryan. Tak kalah dengan James Bond, karakter analis ekonomi CIA bernama lengkap John Patrick “Jack” Ryan ini juga sudah beberapa kali muncul di layar lebar dan diperankan oleh beberapa aktor papan atas yang berbeda, antara lain: Alec Baldwin (The Hunt for The Red October), Harrison Ford (Patriot Games dan Clear and Present Danger), serta Ben Affleck (The Sum of All Fears). Nah, tahun ini aktor muda yang namanya melejit lewat Star Trek, Chris Pine, dipilih untuk melanjutkan “tongkat estafet” dan memerankan tokoh Jack Ryan di periode awal ia bergabung dengan badan intelijen CIA. Hmmm... Bisakah ia melampaui kesuksesan para pendahulunya?

    Film besutan Kenneth Branagh (sekaligus memerankan tokoh Cheravin) ini menghadirkan beberapa momen yang cukup mendebarkan, seperti saat Jack menyelinap ke kantor Cheravin, atau adegan perkelahian di kamar hotel. Quite tense and exciting. Chris Pine sendiri tampak meyakinkan sebagai tokoh yang pandai, karismatik, sekaligus mahir dalam adu fisik. Kehadiran Keira Knightley pun bukan hanya sebagai pemanis saja, karena tokoh Cathy memegang peranan cukup penting dalam memancing kerapuhan Cheravin. Empat pemeran utama yang cukup klik, didukung dengan jalan cerita yang tak biasa (teror ekonomi? That's new!) menjanjikan film ini jalan yang mulus di tangga box office. Bahkan bukan tak mungkin kontrak Chris Pine akan diperpanjang untuk sekuel selanjutnya. Jack Ryan: Shadow Recruit mulai tayang di bioskop-bioskop tanah air pada 16 Januari 2014. (Imron Ramadhan/FT/Image: Dok. Cosmopolitan)