Lifestyle

Tradisi Imlek 4 Selebriti

  by: Adya Azka       30/1/2014
  • Hari Raya Imlek yang tahun ini dirayakan tanggal 31 Januari disambut antusias oleh para selebriti yang merayakan, seperti Sandra Dewi, Dion Wiyoko, Edward Gunawan, dan finalis FFF 2013 Cindy Valery. Ingin tahu bagaimana serunya kegiatan mereka saat menyambut Imlek? Simak wawancara seru Cosmo bersama mereka!

    Bagaimana persiapan Anda menyambut Imlek tahun ini?
    Sandra Dewi (SD): Saya sudah menyiapkan baju baru tentunya dan mengosongkan jadwal syuting agar bisa ikut kumpul keluarga.
    Dion Wiyoko (DW): Bersiap berat badan naik, soalnya makanan yang disajikan saat Imlek biasanya beragam dan sangat menarik, hahaha!
    Edward Gunawan (EG): Saya sih bersih-bersih rumah, ruangan kerja, dan mendekor ruangan dengan nuansa warna merah. Menurut kepercayaan, mulai dari hari pertama Imlek hingga hari ke-15 kita tidak boleh bersih-bersih – takut menghilangkan hoki.
    Cindy Valery (CV): Mmmh, tahun ini tidak ada yang spesial, soalnya saudara-saudara yang lain juga sibuk, jadi saya hanya merayakan bersama keluarga di rumah.

    Imlek identik dengan agenda makan-makan bersama keluarga. Makanan apa yang paling Anda tunggu-tunggu?
    SD: Kebiasaan keluarga kami selalu menyediakan tekwan dan ketupat di rumah untuk di makan bersama keluarga. Tekwan selalu menjadi makanan favorit saya.
    DW: Semuanya! Biasanya makanan yang disajikan saat Imlek begitu beragam, mulai dari chinese food, babi panggang, beragam menu seafood, mee sua, kue keranjang (pastinya!), dan kue-kue kecil.
    EG: Nastar! Bahkan saya bisa menghabiskan satu toples sendirian, haha! Jadi harus diamankan paling pertama. Saat Imlek juga biasanya kami menyantap yu sheng – sejenis sashimi yang dipercaya dapat menambah hoki.
    CV: Mi panjang umur dan ayam rebus utuh yang didalamnya sudah diisi adonan tertentu. Aku kurang tahu apa namanya, tapi pastinya enak.





    Boleh donk share pengalaman Imlek yang paling berkesan bersama Cosmo?
    SD: Yang paling berkesan selama 18 tahun merayakan Imlek di Bangka. Suasananya lebih terasa. Saya ingat pernah mengumpulkan angpao sampai Rp2 juta dan langsung traktir teman-teman makan di kantin, plus beli komik Candy Candy dan Sailor Moon, haha!
    DW: Waktu kecil, sebelum pembagian angpao saat Imlek, biasanya saya sudah memikirkan mainan apa yang ingin saya beli.
    EG: Saat kumpul keluarga pasti berkesan karena bisa sampai 50 orang yang datang. Apalagi saat berkumpul dengan sepupu yang dulu tumbuh bareng tapi sekarang sudah jarang kumpul karena mereka juga sudah punya anak dan kesibukan masing-masing. Jadi biasanya, saat Imlek, anak-anak kecil dititipkan bersama orang tua, lalu kami membuat pesta sendiri.
    CV: Perayaan Imlek dua tahun lalu yang paling berkesan, karena semua saudara-saudara berkumpul lalu kita makan besar di sebuah restoran sambil karokean. Seru! (Adhia Azka/VP/Image: doc.Cosmopolitan)