Career

Aturan Meeting untuk Karyawan Baru

  by: Adya Azka       4/1/2015
  • Besok menjadi hari pertama Anda di kantor baru dan langsung harus ikut meeting besar? Agar Anda tidak merasa canggung, lebih baik pelajari dulu aturan meeting dari Cosmo untuk para karyawan baru.

    Selalu Bawa Notes
    Agar Anda terlihat siap mengikuti meeting kali ini, cobalah tanya kepada rekan kerja yang lebih senior mengenai tema meeting kali ini dan aturan selama meeting. Catatlah semua hal yang akan dibutuhkan saat meeting dan bawalah buku catatan atau notes yang Anda simpan di gadget tersebut ke dalam ruang meeting. Jika Anda memiliki ide brilian, tak ada salahnya lho untuk ikut berpartisipasi menyumbangkan hasil pemikiran Anda.

    Duduk di Tempat Berbeda
    Mungkin ini terdengar aneh, tapi duduk di sebelah orang yang berbeda saat meeting bisa menunjukan kalau Anda mampu beradaptasi dengan cepat. Sst, banyak bos suka dengan karyawan yang mudah beradaptasi lho.



    Jaga Body Language
    Cobalah menunjukkan sikap kalau Anda sangat antusias mengikuti meeting. Kalau pun Anda sudah mencapai titik jenuh, jangan sampai jari Anda mengetuk-ngetuk meja, memutar-mutar kursi, terlalu sering melihat ke arah jam, ataupun mengobrol dengan teman di samping Anda.



    Datang Lebih Awal
    Jangan telat! Bahkan sebisa mungkin pastikan diri Anda sudah hadir dan sudah siap mengikuti meeting 30 menit sebelum waktunya.

    Jangan Defensif
    Sebagai karyawan baru, pasti Anda menjadi pusat perhatian seisi ruangan rapat. Oleh karena itu, jangan bersikap defensif dan cobalah bersikap terbuka mendengarkan saran dari rekan kerja lainnya. Selain itu, penting untuk menjaga kontak mata dan tekanan suara saat sedang berhadapan dengan lawan bicara. (Adhia Azka/VP/Image: goodluz/iStock/thinkstock)