Better You

Siapkan Obat-obatan Berikut dalam Keadaan Darurat

  by: Adya Azka       6/1/2015
  • Daripada selalu kelabakan saat sakit, ada baiknya Anda memikirkan antisipasinya. Beberapa obat-obatan berikut adalah obat-obatan paling umum yang harus Anda sediakan di kotak obat dan mobil untuk mengatasi keadaan darurat. Simak!

    Mengatasi Alergi
    Jenis obat: Anthihistamin, contohnya: Chlorpheniramin maleat (CTM)
    Anjuran: Obat ini termasuk obat keras. Untuk itu, konsumsi hanya saat dibutuhkan saja dan jangan berlebihan dosisnya. Jika alergi Anda tak segera membaik, segera konsultasi ke dokter.

    Mengatasi Luka
    Jenis obat: Sediakan selalu antiseptik yang mengandung iodium di kotak obat. Sertakan beberapa perlengkapan pertolongan pertama untuk luka, seperti kapas bulat, perban dalam beberapa ukuran, hand sanitizer, juga sarung tangan plastik sekali pakai.
    Anjuran: Usahakan meminimalkan darah yang keluar pada bagian luka. Selain itu, tangan Anda harus bersih atau steril saat memberihkan dan melakukan perawatan pertama pada luka.



    Mengatasi Nyeri dan Demam
    Jenis obat:
    Obat yang mengandung paracetamol, acetaminophen. Di pasaran, Anda bisa menemukannya dalam berbagai merek, salah satunya adalah Aspirin. Namun sebaiknya jangan berikan obat tersebut pada anak-anak.
    Anjuran: Baca aturan pakai dan jangan terlalu sering mengonsumsi obat-obat tersebut. Lakukan pemeriksaan ke dokter jika demam tidak segera sembuh.



    Mengatasi Asam Lambung / Maag
    Jenis obat:
    Obat jenis antacid (antasida) yang banyak dijual bebas bisa jadi pilihan. Selain itu ada juga obat jenis antasida plus famotidin yang berfungsi menetralkan asam juga menghambat asam.
    Anjuran: Jangan biarkan perut kosong dan hindari stres karena asam lambung berlebih juga dipicu karena stres. Perlu diperhatikan, nyeri pada lambung tidak selamanya maag. Misalnya jika Anda nyeri lambung disertai keringat dingin dan sesak napas atau muntah darah, segera datang ke dokter.

    Mengatasi Asma
    Jenis Obat:
    Bawa selalu inhaler yang mengandung obat untuk meredakan sesak napas saat asma kambuh. Inhaler sangat efektif karena langsung bekerja pada saluran pernapasan.
    Anjuran: Disarankan tidak melakukan olahraga berat, stres berkepanjangan dan memakai penutup hidung saat berada di area berdebu dan berasap. (Salli Sabarrang/VP/Image: Chepko Danil/iStock/thinkstock)