Career

Cara Mudah Hadapi Ketakutan di Kantor Baru

  by: Adya Azka       7/1/2015
  • Tahun baru biasanya diwarnai dengan perpindahan banyak pekerja ke kantor baru. Mungkin Anda salah satunya. Tapi apakah Anda selalu memiliki ketakutan ketika masuk ke lingkungan kerja yang baru? Kalau begitu, berarti Anda butuh saran Cosmo untuk menghadapi ketakutan tersebut.

    Berangkat Lebih Pagi
    Kesan pertama masuk kantor baru pastinya harus positif dong. Nah, salah satu caranya adalah dengan datang tepat waktu atau bahkan lebih pagi. Dengan begitu, label “rajin” akan melekat pada Anda. Ditambah lagi, berangkat kantor lebih pagi dapat menghindarkan Anda dari kondisi jalanan yang tak terduga (baca: macet!) sehingga Anda lebih tenang saat sampai di kantor.

    Ajak Rekan Kerja Makan Siang Bersama
    Ingin memecahkan suasana tegang saat pertama kali masuk kerja? Cara terbaik untuk mencairkan ketegangan adalah dengan mengenal rekan kerja Anda saat makan siang. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengenal lingkungan kantor lebih jauh. Tak kenal maka tak sayang, kan?



    Selalu Berpikir Positif
    Saat-saat pertama masuk kerja di tempat baru, pikiran seringkali berkecamuk dengan berbagai macam kemungkinan. Mulai dari pertanyaan bagaimana lingkungan kerja hingga mempertanyakan kinerja diri sendiri di mata atasan baru. Kurangi memikirkan berbagai hal yang dapat menimbulkan ketakukan tak beralasan, dear. Tetaplah berpikir positif dan ulang mantra ini berulang-ulang: “I'll do a great job!” Cosmo jamin Anda pasti akan lebih percaya diri.



    Buat Meja Kerja Senyaman Mungkin
    Anggap meja kerja seperti kamar pribadi Anda sendiri. Semisal letakkan foto-foto liburan seru waktu ke Belanda bulan lalu atau foto Husky kesayangan Anda. Ketika barang-barang pribadi diletakkan, Anda akan merasa lebih kerasan dan tidak lagi seolah-olah berada di tempat asing. (Aulia Meidiska/VP/Image: littlebee80/iStock/thinkstock)