Celebrity

Dekat, Wajah Lama dengan Identitas Baru

  by: Adya Azka       9/1/2015
  • Jika selama ini Anda melihat Kamga, Chevrina, dan Tata berada dalam grup vokal berjumlah empat orang dengan lagu-lagu yang terdengar mendayu, kini mereka memutuskan untuk melakukan perubahan drastis dan membuat karya baru. Inovatif, dinamis, dan lebih berani adalah karakter musik mereka kini yang terbentuk dalam identitas baru, Dekat.

    Cosmo (C): Sebenarnya sudah berapa lama Dekat terbentuk?
    Dekat (D): Baru sekitar 4 bulan dengan formasi baru ini.

    C: Apa alasannya di balik terbentuknya grup ini? Dan kenapa hanya bertiga?
    D: Kami memang merasa butuh sesuatu yang baru dalam grup kami dan grup yang sebelumnya dirasa kurang dapat merepresentasikan karakter kami sebenarnya. Kebetulan juga hanya kami bertiga yang ingin membuat perubahan itu.



    C: Selain jumlah anggota dan nama yang berbeda, apa lagi perbedaannya?
    D:
    Kami sekarang lebih independent dengan manajemen yang ditangani sendiri. Selain itu, yang jelas akan membuat kami sangat terlihat berbeda adalah jenis musiknya. Tapi kalau ingin tahu seberapa jauh perbedaan musik Dekat memang harus didengar dulu sih, hahaha!

    C: Jadi sekarang kalian tidak masuk label mana pun? Kenapa?
    D: Hmmm.. Kami sudah merasakan 9 tahun diurus label, dan sekarang sepertinya sudah waktunya saja untuk lebih mandiri. Tidak tahu sih akan seperti apa. Apakah akan berhasil atau tidak, yang penting kami coba dulu saja.

    C: Yakin nih tidak akan merasa kesulitan, apalagi dalam hal memasarkan musik baru kalian?
    D: Tidak juga kok. Awalnya kami memasukkan single pertama di SoundCloud sebagai teaser. Dan ternyata respon dari pendengar cukup baik hingga akhirnya kami masukkan semua lagu di album baru ini. Dilanjutkan dengan pembuatan video clip yang diunggah ke YouTube, merilis CD yang disebar ke toko-toko musik, dan terakhir rilis album di iTunes.

    C: Sepertinya kalian terlihat lebih enjoy ya sekarang...
    D:
    Iya, benar sekali. Kami cinta dengan album buatan sendiri dengan segala hal yang kami lakukan sendiri. Semuanya terasa lebih santai dan lebih memerlihatkan diri kami sebenarnya. Sekarang ini kami merasakan hal yang berbeda – rasa yang tidak pernah kami dapatkan selama 9 tahun kemarin.



    C: Punya target atau resolusi untuk tahun ini?
    D:
    Kami tidak ada target apa pun. Yang jelas Dekat hanya berharap promo bisa berjalan untuk album pertama ini. Itu dulu. Kami ingin menjalani semuanya lebih santai dan tidak buru-buru.

    C: 9 tahun bersama bukan waktu yang sebentar. Ada tip untuk menjaga kedekatan agar tetap solid?
    D:
    Menurut kami kuncinya adalah komunikasi. Semua hal, baik atau buruk, yang kami sedang pikirkan tentang satu sama lain harus dibicarakan. Dan yang penting harus menghargai walaupun salah satu dari kami merasa pendapat itu salah.

    C: Kalau di luar urusan pekerjaan apakah kalian juga sedekat ini?
    D: Iya, rasanya memang sudah lebih dari sekadar rekan kerja. Apalagi karena sekarang semua hal ditangani sendiri sehingga waktu untuk dihabiskan bersama pun jadi lebih banyak.

    Fotografer: Hanafi
    Stylist: Vidi Prima
    Penulis: Aulia Meidiska/VP
    MUA: Annisa Caca
    Wardrobe: DVF, ETRO, Massimo Dutti, Zara Man, H&M, Linea.
    Lokasi: Da Vinci, Jakarta.