Better You

5 Trik Buat Hot Chocolate Lebih Sehat

  by: RedaksiCosmopolitan       14/1/2015
  • Coba bayangkan menyesap secangkir cokelat panas di kala hujan. Hmm.. it's always a good idea, right? Tapi lalu Anda berpikir ulang akan jumlah kalori yang terdapat dalam segelas cokelat panas pada umumnya. Well, Cosmo punya trik jitu untuk buat secangkir cokelat panas Anda jadi lebih sehat.

    Ganti dengan Susu Kacang
    Terdapat unsur protein lebih rendah pada susu kacang dibandingkan susu sapi asli, hanya 30-60 kalori per gelas. Selain itu kekentalannya pun lebih alami daripada susu sapi biasa. Apalagi sekarang ini susu kacang, seperti susu almond, sedang marak diburu. Nah, untuk memberikan manfaat lebih, pakailah susu kacang tanpa pemanis. Jadi tidak perlu merasa bersalah lagi menyesap cokelat panas dengan susu.

    Pilih Cokelat Bubuk Asli
    Cokelat panas pada umumnya terbuat dari cokelat bubuk yang telah diproses dengan kandungan kimia. Hal ini tentu saja dapat memberikan Anda efek samping seperti mengurangi kandungan antioksidan di dalam cokelat itu sendiri. Oleh sebab itu, saran Cosmo gunakan cokelat bubuk asli yang tidak melalui proses pengemasan pabrik untuk tetap menjadikan minuman lezat ini lebih sehat.

    Gunakan Pemanis Organik
    Okay, mungkin Anda merasa susu cokelat itu harus manis. Tapi gunakan pemanis organik agar esensi sehat dalam secangkir cokelat panas Anda tetap terjaga. Tinggalkan gula pasir atau corn syrup dan beralihlah ke madu organik atau sirup mapple organik. Selain membuat manis, madu organik juga mengandung antioksidan, anti bakteri, anti-viral, dan anti-inflammatory. Tetap manis dan sehat, kan?

    Tambahkan Perasa Alami
    Kelonggaran lain yang dapat Cosmo berikan dalam komposisi cokelat panas Anda adalah penambahan perasa. Tetapi cara kerjanya sama seperti penambahan pemanis yaitu dengan memasukkan perasa alami seperti parutan kayu manis atau vanila asli.

    Komposisikan dengan Tepat
    Last but not least, cokelat panas yang sehat bisa didapat dengan membuat komposisi tepat. Pertama, taruh cokelat di dasar gelas, lalu larutkan dengan sedikit air panas, baru tuangkan susu hangat dan perasa. Cicipi dulu sebelum menambahkan pemanis. Cosmo tahu,  pasti Anda merasa whipped cream bisa jadi pelengkap sempurna untuk cokelat panas Anda. But, umm... kesehatan jauh lebih penting, kan? (Aulia Meidiska / VP / Image: LuminaStock / iStock / Thinkstock)