Beauty

5 Fakta Lipstik Merah Yang Tidak Anda Ketahui

  by: Redaksi       19/1/2015
  • Malas dandan tapi ingin tampil seksi? Memulaskan lipstik warna merah adalah solusinya. Kadang Anda mungkin bertanya-tanya terbuat dari apa sih, atau mengapa sih, item beauty “penyelamat” yang satu ini warnanya benar-benar nyata dan bertahan di bibir Anda? Siap-siap untuk kaget!

    1. Sebenarnya lipstik merah Anda rata-rata hanya memiliki 5% pigmen perwarna. Sebagian besar bahannya (65%) adalah castor oil, disusul dengan beeswax (15%), lilin natural lainnya seperti carnauba wax, dan candelila wax (10%), dan lanolin (5%).

    2. Nah, menurut www.dailymail.co.uk, warna intens merah biasanya adalah Carmine Red, yang terbuat dari serangga. Ya, serangga yang disebut cochineal bugs dan hidup di pohon kaktus.  

    3. Serangga itu dicampur dengan Eosin, yang juga dikenal sebagai D&C Red No.22, pewarna yang jika bereaksi dengan grup amino di protein kulit Anda akan menghasilkan warna merah menyala dan tahan lama.

    4. Warna lipstik yang lebih muda (ke arah pink) dicapai dengan mencampurkan titanium dioxide.

    5. Capsaicin, komponen yang diketemukan di cabai, ditambahkan di bahan pembuatan lipstik agar menimbulkan reaksi yang sama seperti saat Anda merasakan sensasi pedas, yaitu bibir akan sedikit mengembang dan seksi! (Fira Basuki / TA / Image: dok. www.iwantyourstyle.files.wordpress.com)