Beauty

5 Masalah Kulit Akibat Telepon Seluler

  by: Redaksi       19/1/2015
  • Pasti tak pernah terbayangkan oleh Anda bahwa ponsel kesayangan Anda dapat memberi efek buruk bagi kulit. Apa saja yang bisa dilakukan si gadget favorit terhadap kulit mulus Anda? Simak 5 hal berikut!

    Keriput
    Terlalu sering atau berlama-lama menunduk menatap layar ponsel Anda dapat mempercepat jadwal kemunculan kerutan di leher dan sekitar dagu. Mata yang menyipit dan kening yang berkerut saat membaca teks yang berukuran terlalu kecil juga dapat menciptakan garis-garis halus di sudut mata dan kening.
    Solusinya: Anda harus rutin mengenakan produk anti-aging sampai dengan area leher dan decolletage. Jangan abaikan kedua area ini karena tanda-tanda penuaan paling terlihat jelas di sana.

    Jerawat
    Tahukah Anda bahwa ponsel dapat meimiliki lebih banyak bakteri daripada seat-handle di toilet? Uh, gross! Hal itu disebabkan oleh jemari tangan yang kotor saat mengetik dan kumpulan makeup, minyak serta keringat yang menempel setelah Anda melakukan percakapan panjang di telepon. Seluruh kotoran tersebut dapat bersatu menciptakan jerawat pada pipi Anda.
    Solusinya: Bersihkan layar ponsel Anda setiap hari menggunakan tisu basah antiseptik atau tisu yang telah dicelupkan pada alkohol 40%. Anda dapat juga menggunakan earphone sehingga layar tak perlu bersentuhan dengan wajah.



    Alergi Kulit
    Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa kandungan nikel dan chromium pada casing ponsel mampu menyebabkan reaksi kulit bernama allergic contact dermatitis.
    Solusinya: Jika kulit Anda tergolong sensitif, gunakan casing berbahan plastik atau gel yang lebih aman. Lapisi juga ponsel Anda dengan clear protector untuk mencegah iritasi.



    Kantung Mata dan Lingkaran Hitam
    Cahaya biru dari laya ponsel, komputer dan tablet ternyata dapat mengganggu pola tidur internal, sehingga Anda semakin sulit tidur dan hanya memiliki waktu tidur yang sedikit. Akibatnya, mata tampak lelah serta muncul kantung dan warna gelap di bagian bawahnya.
    Solusinya: Selalu gunakan eye cream atau eye serum setiap sebelum tidur. Kurangi berlama-lama menatap layar ponsel, atau simpan ponsel berjauhan dari Anda setiap selesai makan malam. Nyalakan alarm dari jam weker klasik sehingga saat bangun pagi Anda tak bergantung dari dering ponsel.


    Noda Gelap
    Sering berlama-lama berbincang dengan kekasih atau pria idaman baru di telepon? Hati-hati, kegiatan tersebut dapat membuat pipi Anda terasa panas dan menyisakan bekas berwarna merah. Panas itulah yang mampu memengaruhi produksi melanin sehingga muncul noda-noda gelap pada kulit atau discoloration.
    Solusinya: Jangan biarkan layar ponsel terlalu lama “menghangatkan” wajah Anda. Gunakan earphone atau nyalakan saja speakerphone jika Anda berada di tempat pribadi. (Poppy Septia/TA/Image: Various)