Beauty

7 Kesalahan Atasi Jerawat

  by: Redaksi       21/1/2015
  • Geram setiap kali bercermin masih saja ada si jerawat pengganggu itu di wajah Anda? Rasa-rasanya setiap kali orang merekomendasikan Anda untuk menjumpai dokter kulit ternama, Anda selalu mencoba, namun mengapa gagal juga? Telusuri jawaban beberapa dokter dari www.webmd.com berikut ini.

    1. Berhenti dari Pengobatan

    Sabar! Jangan harapkan pulang dari dokter dalam waktu sehari dua hari jerawat Anda hilang. Kulit membutuhkan 6-12 minggu untuk bereaksi maksimal terhadap pengobatan, ujar Dokter Barbara R. Reed dari University of Colorado Hospital di Denver, USA. Jangan panik juga ketika kulit wajah bengkak, karena bukan tidak mungkin itu sekadar reaksi untuk memperbaiki jaringan kulit.

    2. Mencoba Terlalu Banyak Produk Secara Bersamaan



    “Mencoba terlalu banyak produk secara bersamaan membuat kulit stres, pun jika sembuh menjadi berbekas,” ujar dokter Diane S. Berson dari Weill Medical College of Cornell University, Ithaca, USA.

    3. Mencuci Muka Terlalu Sering

    Apa yang membuat Anda berpikir jerawat merupakan kotoran kulit? “Begini ya, jika jerawat itu kotoran, mengapa Anda tidak berjerawat di kaki?” kata dokter Diane gemas. “Bersihkan wajah dengan pH-balanced cleanser untuk meminimalisir bengkak. Yang penting sekali bersih, bukan berkali-kali.”

    4. Menggunakan Produk yang Salah

    Coret sabun alkalin dan produk-produk kecantikan yang memiliki kandungan alkohol. Gunakan produk yang mencantumkan tulisan noncomedogenic atau acne-prone skin.

    5. Memencet Jerawat



    Memang jerawat yang berisi nanah membuat Anda ingin segera memencetnya karena tampak menonjol dan sangat mengganggu penampilan. Tapi tahukah Anda hal tersebut bisa membuat kulit infeksi dan bahkan jerawat yang terkesan kempes tersebut malah “balas dendam” sehingga muncul lebih besar? Seram kan?

    6. Menunggu Terlalu Lama untuk Berobat

    Stop untuk mencoba satu produk ke produk yang lain gara-gara malas ke dokter kulit. Apalagi jika kulit sudah bolong-bolong. Saatnya tiba untuk menemui dokter kulit. Bisa jadi jerawat Anda berada di tahap yang sudah harus membutuhkan antibiotik. Untuk bekasnya Anda mungkin direkomendasikan untuk terapi laser dan chemical peeling.

    7. Berhenti Treatmen dan Pengobatan Begitu Kulit Sembuh

    Dear, walaupun wajah Anda sudah mulus kembali bukan berarti jerawat pergi selamanya. Beberapa tipe kulit memang mudah berjerawat, dan seringkali  jerawat yang sudah hilang bisa kembali dalam waktu 4-6 minggu. “Untuk selalu mendapatkan kulit mulus bagi Anda yang mudah berjerawat, selalu oleskan setidaknya satu produk jerawat yang direkomendasikan dokter,” ujar dokter Barbara.  (Fira Basuki / TA / Image: doc. www.worldmagacy.com)