Career

5 Kesalahan Wanita Single dalam Keuangan

  by: Redaksi       21/1/2015
  • Siapa bilang hidup sebagai wanita lajang itu bebas tanggung jawab? Walaupun Anda belum berkeluarga, tidak ada salahnya lho untuk mulai fokus dan merencanakan dengan pasti keuangan Anda agar masa depan lebih terjamin. Mungkin di antara Anda masih banyak yang melakukan kesalahan dalam menata keuangan pribadi, seperti beberapa di bawah ini.

    Tidak Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

    Again and again, Cosmo tidak akan pernah lelah mengingatkan Anda untuk menyiapkan dana pensiun sejak dini. Semakin awal memulai dana pensiun, semakin besar juga tabungan Anda di hari tua nanti. Coba deh mulai cari tahu informasi mengenai investasi dan asuransi yang bisa memproteksi diri Anda. Mumpung Anda masih dalam usia produktif dan memiliki penghasilan, tidak ada salahnya kan menyisihkan sebagian uang Anda untuk masa tua?



    Membuka Rekening Bersama Saat Masih Berpacaran

    Well, untuk hal yang satu ini sebaiknya Anda harus lebih bijak lagi memikirkan apa tujuan dan dampaknya? Membuka rekening bersama dengan pasangan memang tidak salah. Sah-sah saja kok dilakukan apabila Anda dan dia sudah resmi menikah. Kalau belum, lebih baik pikir seribu kali, daripada nanti malah terjadi konflik yang tidak diinginkan apabila Anda dan pasangan mendadak putus di tengah jalan.

    Belum Memiliki Prioritas Keuangan

    Sekalipun Anda belum menikah, cobalah biasakan diri sejak dini untuk mulai membuat pos-pos keuangan. Misalnya, membuat pos utang untuk mengetahui tagihan yang masih belum Anda bayar, membuat pos pengeluaran bulanan, membuat pos tabungan untuk dana darurat, dan mungkin membuat pos tabungan untuk traveling. Dengan demikian, Anda bisa mengatur ke mana saja mengalirnya pendapatan Anda tanpa khawatir kebobolan.



    Menggabung Gaji dan Tabungan di Rekening yang Sama

    Kenapa? Karena ujung-ujungnya malah akan menyebabkan terjadinya pengeluaran yang tidak penting dengan “menyedot” uang tabungan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya bukalah satu rekening lagi yang dikhususkan untuk tabungan. Jangan disentuh dan kalau perlu, tak usah dibuatkan kartu debitnya. Biarkan tabungan Anda berbunga. Kalau kondisi benar-benar mendesak, maka rekening tabungan ini bisa jadi penolong Anda dari kesulitan.

    Menunda Membayar Tagihan

    Nah, ini dia penyakit para wanita pada umumnya. Apalagi jika melihat kata “sale” yang terpampang di department store favorit yang berujung pada penggunaan kartu kredit secara berlebihan. Semoga bukan Anda salah satunya ya, dear? Satu hal yang perlu diingat, begitu ada tagihan datang, segeralah melunasinya agar Anda beban keuangan Anda berkurang. (Rachelle Kandou / IR / Image: doc. bevangoldwain / iStock / Thinkstock)