Career

5 Skill Dasar untuk Calon Entrepreneur

  by: Redaksi       26/1/2015
  • Sudah lama bekerja dan mulai merasa bosan? Di pikiran Anda mulai terlintas ide untuk membangun bisnis sendiri? Hmm, tenang dear jangan terlalu terburu-buru karena untuk menjadi seorang entrepeneur, setidaknya Anda harus menguasai lima kemampuan dasar berikut.

    Time Management
    Membangun bisnis dari nol, berarti akan ada banyak hal yang Anda urus. Sangat penting untuk Anda memiliki kemampuan dalam mengatur waktu agar semuanya bisa terselesaikan dengan baik. Mulailah  dengan mematuhi deadline pekerjaan yang sedang Anda selesaikan saat ini.

    Memotivasi Diri Sendiri
    Fase awal biasanya menjadi fase terberat saat Anda memulai bisnis. Semangat yang tertanam dalam diri menjadi kunci utama untuk keberlangsungan bisnis yang baru dibangun. Oleh karena itu, mulai sekarang Anda harus mencari tahu cara yang ampuh untuk memotivasi diri sendiri dalam menjalankan bisnis baru ini.



    Komunikasi dan Promosi
    Bisnis Anda sudah terbentuk, kini saatnya menunjukan kemampuan dalam menjalin komunikasi dengan orang lain. Kumpulkan partner yang Anda kenal yang diyakini bisa membuat bisnis ini semakin lancar. Nah, di sini kemampuan Anda untuk mempromosikan sebuah bisnis sangat dibutuhkan. Jika Anda merasa skill yang dimiliki belum terlalu mumpuni, saat ini ada banyak lembaga yang menyediakan pelatihan dalam bidang marketing.



    Fokus dan Gigih
    Jangan membayangkan jika membangun sebuah bisnis akan berjalan mulus tanpa hambatan. Rasa bosan bahkan nyaris putus asa bisa saja menghampiri Anda. Fokuslah pada impian awal untuk memiliki sebuah bisnis yang sukses. Dan dengan kegigihan Anda untuk terus berusaha, hasilnya tentu tidak akan mengecewakan.

    Negosiasi
    Menjalin kerjasama dengan orang lain, memaksa Anda untuk bisa berbegosiasi. Oleh karena itu, sebelum bertemu dengan klien atau partner bisnis, Anda wajib mempelajari latar belakang mereka terlebih dulu dan memikirkan beberapa kemungkinan kerjasama yang akan dijalin. Setelah itu, Cosmo yakin Anda akan lebih leluasa dalam bernegosiasi. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)