Beauty

Jangan Ulangi 5 Kesalahan Makeup Ini Lagi

  by: Redaksi       24/1/2015
  • Akhir pekan telah tiba, Anda akan hang out with the girls. Eits, cek dulu dandanan. Siapa tahu ini akan menjadi hari di mana Anda bertemu “The One”. Levina Bastian, makeup artist/makeup trainer, mengingatkan kesalahan umum ber-makeup yang kerap kali diulang-ulang wanita plus solusinya. (Fira Basuki/Image: cokacoka/Thinkstock)


    Drama Foundation dan Bedak

    Mengapa Cosmo sebut drama? Karena terkadang wanita tidak lega sebelum mengoleskan foundation dan bedak yang nyata di wajahnya. Nyata di sini sering kali berarti warnanya terlalu putih. Alih-alih terlihat memiliki kulit putih, Anda justru akan seperti memakai topeng. Selain warna yang tidak sesuai, pengaplikasian yang tidak merata juga membuat wajah terlihat belepotan.

    Solusi: Pilih foundation yang mendekati warna kulit wajah Anda, caranya aplikasikan foundation ke kulit wajah di bagian rahang dan pilih yang paling mendekati warna leher. Saat ber-makeup jangan lupa untuk mengaplikasikan foundation hingga bagian leher agar tidak belang, terutama saat selfie nanti.


    Alis Tidak Sesuai Bentuk Wajah

    Alis membentuk wajah keseluruhan, jangan heran salah “melukis” alis justru buat wajah Anda berubah karakter. Kesalahan yang paling sering adalah alis menjadi sangat tebal dan bak tempelan.

    Solusi: Mulailah membentuk dari dalam pangkal alis. Agar alis tidak terlihat kepanjangan, tarik garis diagonal dari hidung menuju alis bagian luar dengan perbandingan dari arah dalam, tengah, luar alis adalah 3:2:1. Makin ke luar makin tipis.
     




    Komposisi Makeup

    Mata smoky, bibir merah, pipi merah, bulu mata tingkat tiga….Semua item makeup kesayangan Anda itu belum tentu indah jika dijadikan satu! Tidak mau kan saat hang out Anda disangka penyanyi atau orang yang akan show malam itu gara-gara makeup Anda adalah makeup panggung?

    Solusi: Ingat aturan makeup cantik, jika mata sudah smoky maka bibir harus berwarna lembut/nude. Sebaliknya jika Anda mengoleskan lipstik warna merah, maka mata harus natural.


    Salah Memasang Bulu Mata Palsu

    Setiap kali berkedip Anda merasakan ada yang mengganjal. Pikir Anda, tidak apa-apalah asal mata “eksis” dengan bulu mata palsu. Sampai akhirnya ada teman yang menanyakan, “Kamu kurang tidur ya?” Ooops! Ini semua gara-gara si bulu mata yang salah cara penempelannya.

    Solusi: Bulu mata akan menambah penampilan Anda menjadi menawan jika rapi pengaplikasiannya dan seakan menyatu dengan bulu asli Anda, lalu ujung bulu matanya naik. Jadi saat menempelkan bulu mata pastikan si bulu mata ujungnya tidak turun yang mengakibatkan mata menjadi sayu.


    Hidung Over Shading

    Ya ya ya, Anda tahu ini kesalahan umum yang disebut berulang kali. Alih-alih ingin terlihat mancung, Anda jadi fokus ke hidung Anda yang seperti tempelan dan terkesan kotor gara-gara di masing-masing sisi terlihat shading yang berlebihan.

    Solusi: Levina memberikan tip, gunakan warna blush on cokelat yang diaplikasikan dengan kuas shading yang bulu-bulunya miring. Mulai dari pangkal atas hidung membentuk garis ke arah lubang hidung bagian dalam, lalu dilanjutkan memberikan shading untuk cuping dan untuk masing-masing hidung.