Better You

Trik Menghadapi Langsung Si Tukang Bully

  by: Redaksi       23/1/2015
  • Mulai dari perkataan, ledekan, hingga intimidasi karena bentuk fisik Anda, cara berpakaian, hingga SARA jangan dibiarkan begitu saja. Tim Field, psikolog dan penulis Bully In Sight, punya cara untuk mengatasi Si Tukang Bully yang menyebalkan!

    Berbicaralah Dengan Orang Lain
    Ketika mengalami masalah ini, bicaralah dengan orang lain dan beritahukan pada orang terdekat Anda. Lebih baik lagi apabila Anda meminta pendapat dari beberapa orang sehingga mereka bisa membantu Anda menilai apakah Anda perlu memberikan perlawanan atau tidak. Pastikan juga mereka mendengarkan Anda dengan baik.

    Jangan Tunjukkan Rasa Takut
    Satu cara jitu yang bisa dilakukan terhadap para pengganggu itu adalah dengan menunjukkan bahwa Anda tidak takut terhadap gangguan yang ia timbulkan. Semakin Anda menunjukkan rasa takut, ia akan semakin mempermainkan Anda. Dan beranikan diri untuk membela diri sendiri. 



    Bicarakan Baik-Baik
    Bisa saja orang yang melontarkan bahan ledekan kepada Anda tidak sadar kalau Anda keberatan dengan ledekannya. Coba bicarakan baik-baik dan tunjukkan bahwa Anda kurang suka dengan tindakannya tersebut. Jika mengalami kesulitan untuk menghadapinya secara langsung, bisa minta bantuan teman Anda untuk menyampaikannya.



    Lihat Sekeliling
    Cara awal dengan memberikan teguran langsung belum mempan juga? Mari bermain seperti layaknya detektif, dear! Cari tahu apakah teman Anda yang lain juga mengalami perlakuan yang serupa dari orang tersebut. Catat kejadian-kejadian saat orang tersebut beraksi dan dekati siapa saja yang melihat kejadian tersebut agar bisa dijadikan saksi. Jika ada ancaman dalam bentuk tulisan, pastikan Anda simpan sebagai bukti.


    Bertindak Tegas
    Jika semua usaha tetap gagal, saatnya melapor! Coba bersikap tenang dan deksripsikan keberatan Anda. Atau jika kasus sudah parah misal pelecehan seksual, bisa Anda adukan langsung pada pihak yang berwajib. (Muhtar Rais/SW/Image: omgimages/Thinkstock)